Demi menambah kenyamanan di dalam kendaraan, kita perlu memasang pengharum mobil. Tujuannya agar mobil tidak berbau apek, menghilangkan bau bekas makanan atau asap rokok. ini dia pilihan pengharum mobil dari berbagai jenis, varian, dan berbagai harga. Simak ulasan lengkapnya.

Pengharum Mobil Terbaik

Pilihan di bawah ini adalah pengharum mobil tahan lama dengan kualitas terbaik. Biasanya ada beberapa pengharum mobil yang malah bikin mabuk karena wanginya yang terlalu menyengat. Namun, pilihan di bawah ini bisa digunakan bagi kita yang sensitif terhadap aroma menyengat.

1. Glade pengharum mobil

Pengharum jenis gel ini memiliki banyak varian aroma. Salah satu yang menjadi favorit adalah Glade Ocean Escape Scented Gel. Produk ini bisa bikin santai dan nyaman karena wanginya yang lembut. Serasa sedang di pinggir pantai!

Desain kemasannya praktis. Tinggal menarik kemasannya ke arah atas. Saat tidak digunakan, kemasan bisa kembali ditutup agar wanginya tidak cepat hilang. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp18 ribuan saja. Selain Ocean Escape, ada juga varian Morning Freshness, Cool Air, Elegant Blossom and Oud, Fresh Lemon, Jasmine, Lavender, dan Floral Perfection.

2. Klikoto

Pengharum mobil ini memiliki bentuk yang unik. Tersedia dalam beragam bentuk, mulai dari kereta, banteng, sampai meriam. Tidak hanya bikin kabin wangi, tapi juga mempercantik tampilan interior mobil. Wanginya diklaim bisa tahan sampai 60 hari. Harganya Rp79 ribuan.

3. Little Trees

Bagi OtoFriends yang ingin memakai pengharum mobil model gantung, Little Trees bisa menjadi pilihan terbaik. Tersedia dalam beberapa varian wewangian, di antaranya adalah Vanilla Pride, Green Apple, dan Cotton Candy.

Selain model gantung, ada juga model semprot. Model spray ini sangat mudah digunakan. Cukup disemprot pada beberapa bagian di dalam kabin. Tersedia varian Royal Pine, Coconut, Strawberry, dan New Car. Harga untuk jenis gantung hanya Rp20 ribuan dan model spray Rp40 jutaan.

4. California Car Scents

Pengharum mobil tahan lama yang satu ini juga sangat mudah digunakan. Tipenya padat, bisa ditaruh di mana saja, di bawah jok mobil, dasbor, atau di sisi pintu. Terdapat aneka pilihan wewangian, di antaranya adalah Monterey Vanilla, Cinnamon Apple, Malibu Melon, dan Coronado Cherry. Harganya hanya Rp35 ribuan saja.

5. Cardia

Pengharum ini memiliki bentuk yang kecil dan bisa digantung di spion mobil. Desain botolnya unik dan wanginya tahan lama. Ada banyak varian aroma, yaitu fresh apple, lemon lime, blue ocean, cappuccino, dan red berry. Harganya Rp65 ribuan.

6. Pengharum mobil Ambipur Procter & Gamble

Ini adalah pengharum mobil yang bisa ditempelkan di AC mobil. Aromanya ringan dan bisa diatur tingkat kekuatan aromanya. Desainnya menarik dan kokoh. Harganya hanya Rp38 ribuan saja.

7. Nanum Car Humidifier II

Pengharum yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Selain digunakan sebagai pengharum mobil, bisa juga digunakan sebagai port USB. ada dua buah port USB untuk dipakai di perangkat elektronik. Selain itu, ada juga tabung untuk menampung air agar kelembapan udara di dalam kabin terjaga. Harga pengharum mobil ini sekitar Rp125 ribuan.

8. Carall Eldran Phantom Pour Homme

Terakhir, ada Carall Eldran Phantom Pour Homme. Parfum mobil ini memiliki desain yang elegan dan transparan. Menggunakan parfum mobil ini dapat memberi kesan mewah dan elegan di interior mobil. Botolnya juga bisa digunakan kembali, tinggal beli isi ulangnya saja. Harganya memang cukup mahal, yaitu Rp180 ribuan.

Cara Memilih Pengharum Mobil

Selanjutnya, mari kita simak cara memilih pengharum mobil. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat akan membeli parfum mobil.

1. Memilih berdasarkan tipe

Ada beberapa tipe pengharum mobil, yaitu tipe padat, cair, gel, dan sebagainya. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Tipe padat

Pengharum mobil tipe padat dibuat dari bahan resin, plastik, keramik, atau bahan lain yang diberi pewangi. Kelebihan dari pengharum mobil dengan tipe padat adalah wanginya ringan, tidak mudah tumpah, dan bahannya tidak mudah menguap. Jadi, bisa lebih tahan lama.

  • Tipe cair

Bertolak belakang dengan tipe padat, tipe cair ini mudah menguap sehingga aromanya lebih kuat. Biasanya dibuat dengan desain yang mewah dan cantik, jadi bisa digunakan untuk mempercantik interior mobil. Namun, pastikan tempat pemasangannya aman dan rata agar tidak tumpah atau dijangkau anak kecil.

  • Tipe gel

Pengharum yang satu ini adalah perpaduan tipe padat dan cair. Selain sebagai pewangi, tipe ini juga punya deodoran. Jadi, bisa menghilangkan bau tidak sedap. Kalau jumlah gelnya sudah menyusut, wanginya akan melemah.

  • Tipe ditempel di grille AC

Pengharum tipe ini juga memiliki aroma yang kuat. Pada dasarnya ini adalah tipe cair, hanya saja bisa dipasang di grille AC, jadi aroma bisa menyebar lebih luas. Meskipun begitu, ada juga yang menggunakan bahan gel atau padat.

  • Tipe diffuser

Keuntungan menggunakan pengharum mobil tipe diffuser ini adalah bisa menggantinya sesuai mood. Karena, bisa memberikan essential oil sesuka hati di dalam diffuser. Hanya saja, biasanya wanginya tidak bertahan terlalu lama.

  • Tipe gantung

Pengharum mobil tipe gantung biasanya dijual dengan harga yang murah dan punya berbagai pilihan desain. Ada yang berbentuk botol kecil atau kertas tebal yang diberi aroma tertentu. Produk ini menggunakan tali untuk menggantung.

  • Tipe semprot

Tipe semprot cocok digunakan pada waktu-waktu tertentu. Aromanya mudah menyebar ke seluruh bagian dalam mobil. Akan tetapi, wanginya emmang mudah hilang. Jadi, cocok digunakan ketika ingin mengganti suasana.

2. Memilih yang ada efek deodoran

Cara memilih pengharum mobil berikutnya adalah yang ada efek deodoran. Fungsinya adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap akibat asap rokok, kuman penyebab bau, dan sebagainya.

3. Memilih berdasarkan aroma favorit

Ada sebagian orang yang menyukai wangi buah, ada yang suka wangi bunga, dan sebagainya. Jadi, pilih sesuai yang OtoFriends sukai. Selain itu, desain yang lucu biasanya disukai oleh wanita.

Tips Memasang Pengharum Mobil

Terakhir, mari kita bahas tentang tips memasang pengharum mobil. Pertama, untuk tipe gel, sebaiknya tidak dipasang di kisi-kisi AC karena bisa menimbulkan bercak kuning, kerak, atau bau apak karena silikonnya. 

Selain itu, kalau menggunakan tipe spray, sebaiknya disemprot pada bawah jok saja. Jangan sampai terkena dashboard karena bisa timbul flek putih. Terakhir, pasang pengharum tipe cair di kisi-kisi AC lebih baik daripada diletakkan di dashboard.

Sekian informasi tentang pengharum mobil, mulai dari pilihan yang direkomendasikan, cara memilihnya, dan juga tips pemasangannya. Selain menggunakan pengharum mobil, sebaiknya interior dan eksterior mobil pun dibersihkan secara berkala. Selain bersih, juga bisa lebih awet.

Temukan bengkel cuci mobil terdekat melalui aplikasi Otoklix untuk membersihkan interior dan eksterior mobil OtoFriends!