Bagi anda pecinta mobil tua dan antik, saat ini sangat susah untuk mendapatkan mobil tua dengan kondisi yang benar-benar baik. Maka perlu dilakukan perbaikan dan pembangunan kembali di bengkel restorasi mobil.

Akan tetapi, tidak mudah untuk menemukan bengkel restorasi yang memiliki kualitas yang bagus. Tak hanya itu, merestorasi mobil juga memerlukan biaya yang cukup besar.

Di sisi lain restorasi bukan hanya untuk mobil lawas, jika punya mobil tahun muda pun, jika ingin membuat tampilan dan performanya jadi oke lagi, bisa melakukan restorasi. Beberapa bengkel malah menyanggupi untuk merestorasi secara keseluruhan, mulai dari eksterior, interior, mesin, hingga urusan kaki-kaki. 

Memang proses restorasi bodi ini bisa dibilang harus yang mempunyai mata dan feeling yang tajam, apalagi kalau yang direstorasi itu keluaran lawas. Tentunya tidak semua bengkel mampu melakukan restorasi mobil khususnya mobil tua.

Maklum saja, melakukan restorasi memang harus membuat mobil tua yang mungkin sudah tidak digunakan menjadi apik lagi. Tak hanya terlihat mulus dari sisi eksterior dan interior, tapi juga performanya pun harus mendekati saat mobil baru diluncurkan.

Meski pekerjaannya sulit, bengkel-bengkel mobil yang memberikan jasa restorasi kendaraan jumlahnya sedikit. Namun perlu diketahui bahwa restorasi mobil bukanlah sebuah kegiatan yang mudah, sehingga memilih bengkel harus melalui riset yang maksimal. 

Salah memilih bengkel justru akan membuat kendaraan tidak maksimal pengerjaannya. Oleh sebab itu Otoklix akan memberikan tujuh bengkel restorasi yang bisa menjadi referensi kalian yang ingin melakukan restorasi.

Djumadi Body Repair

Bengkel restorasi yang pertama adalah Djumadi Body Repair. Bengkel ini posisinya berada di Jl. H. Nawi Raya No.30, RT.10/RW.2, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Djumadi Body Repair sudah cukup dikenal luas di kalangan pecinta roda empat. Sebab, memiliki spesialisasi pada body repair, mereka pun cukup dipercaya oleh masyarakat yang ingin melakukan restorasi mobil.

Mobil-mobil tua yang mereka kerjakan pun jumlahnya cukup banyak, ini menunjukkan bahwa hasil pekerjaannya sangat bagus.

Bengkel Re-Garage

Bengkel spesialis restorasi mobil selanjutnya adalah Re-Garage. Bengkel yang berada di Jl. Kemang Sari 1 No.55 Jatibening Baru – Pondok Gede ini memiliki cukup banyak mobil tua untuk dikerjakan.

Mereka pun tidak segan untuk memperlihatkan mobil-mobil yang sedang dan telah dikerjakan. Tak hanya mobil klasik dan retro, mereka juga menerima restorasi kendaraan-kendaraan yang usianya terbilang masih agak muda.

Arland Garage

Bagi yang ingin memperbaiki mobil Land Cruiser maka Arland Garage bisa menjadi pilihan yang tepat. Bengkel yang beralamat di Jl. H. Pindah No.76, RT.002/RW.015, Jaka Mulya, Kecamatan Bekasi Selatan memang fokus untuk restorasi mobil Land Cruiser.

Selain itu, Arland Garage tidak membatasi tahun pembuatan mobil. Restorasi total sebuah kendaraan pun sering mereka lakukan guna memastikan hasil pekerjaan lebih maksimal.

Baca Juga: Deretan Bengkel Mobil Mewah, Servis Supercar dan Sports Car

Skinner Autowork

Skinner Autoworks adalah salah satu bengkel restorasi mobil terpercaya di Jogja dengan pengalaman penanganan restorasi mobil yang sudah tidak diragukan lagi, bisa menjadi rujukan bagi kalian untuk membangun kembali mobil tua yang dimiliki. Bengkel ini akan menjadikan kendaraan tua anda menjadi lebih layak jalan hampir seperti sedia kala tanpa menghilangkan kesan klasik dan kuno nya.

Untuk kalian yang ingin menggunakan jasa Skinner Autowork bisa datang ke alamat Skinner Autoworks & Detailing Jl. Gito Gati Penggung, Tridadi, Sleman 5551 Yogyakarta Indonesia atau bisa menghubungi nomor 0811 2525 086.

Oke Body Repair 

Oke body repair merupakan bengkel bodi repair mobil khususnya seputar bodi repair, cat panel, cat aksesoris, serta cat full bodi. Mereka mengklaim memiliki montir-montir yang telah terlatih.

Selain itu juga proses pengecatan menggunakan oven, jadi hasilnya lebih maksimal. Untuk biaya Rp 700 ribu per panel. Serta garansi dua bulan jika cat tidak menempel atau menggelembung

Otojack Nusantara

Bengkel bodi repair mobil ini tidak sembarangan, sebab selain mampu mengerjakan semua pekerjaan seperti bengkel bodi repair lainnya, keunggulan Otojack Nusantara adalah memiliki alat Rotari Hanging Car.

Di mana alat tersebut berfungsi untuk memperbaiki, mengecat serta merakit mobil agar lebih mudah dengan hasil optimal. Adapun untuk harga yang dipatok Otojack Nusantara untuk perbaikan body repair adalah Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta per panel.

Untuk lokasinya berada di Jl. Ciater Raya No.75, RT.5/RW.7, Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan atau bisa menghubungi di no 021 29179934.

The Niners

Restorasi atau perbaikan mobil tua memang bisa dibilang cukup susah. Akan tetapi, Bengkel bodi seperti The Niners di Bintaro sektor 9 dan A+ Auto Bodywork di Bintaro juga bisa jadi pilihan.

Untuk kalian yang ingin melakukan restorasi di bengkel The Niners bisa menghubungi nomor 021-745 2146

Nah itu dia bengkel restorasi rekomendasi dari Otoklix. Selain itu kalian bisa juga mempelajari biaya dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan restorasi.

Perbaikan Body

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merestorasi mobil adalah body. Body kendaraan yang sudah berusia tua dan hendak direstorasi memiliki kondisi kurang apik, maka perbaikan body sudah pasti harus dilakukan.

Umumnya bengkel restorasi mobil akan melakukan perbaikan mulai dari pengerokan cat agar seluruh karat dapat terlihat. Setelah itu masuk ke penghilangan karat. Setelah karat hilang, selanjutnya menghilangkan penyok bisa dilakukan.

Baca Juga: 10 Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia, Harganya di Bawah Rp200 Jutaan

Perbaikan Mesin

Selain perbaikan body, bagian mesin juga tidak boleh dilupakan saat restorasi mobil. Sayangnya untuk mobil tua, kondisi mesin belum tentu bisa langsung diperbaiki. Demikian pula sparepart yang digunakan pun belum tentu tersedia.

Solusinya, membeli sparepart bekas bisa dilakukan dengan mencarinya di beberapa pusat spare part kendaraan. Jika tidak ditemukan juga, maka pilihan akan jatuh ke spare part baru yang sesuai dengan kebutuhan.

Perbaikan Interior

Perbaikan interior umumnya terbilang sulit, karena bagian ini sangat ditentukan oleh kebiasaan pemilik sebelumnya.

Bila mendapatkan mobil yang digunakan oleh orang apik, maka kondisi interior umumnya masih baik. Namun sebaliknya, bila digunakan oleh orang yang jorok, bukan tidak mungkin interior mobil terkesan menjijikkan.

Umumnya jok kendaraan akan diperbaiki total mulai dari busa hingga pelapisnya, karena bagian ini biasanya sudah mengalami kerusakan parah.

Nah untuk kalian yang ingin melakukan perbaikan mobil tua kesayangan bisa langsung mencari bengkel yang ada. Salah satu platform untuk mencari bengkel terpercaya adalah melalui website Otoklix.