Saat merasakan ada yang aneh pada ban mobil, kita harus segera mengeceknya. Bila perlu mengganti maka cari tempat jual ban mobil terdekat. Berikut ini adalah tempat ganti ban mobil di Jakarta Pusat.

Ban mobil merupakan salah satu komponen penting untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. 

Beberapa tan ban mobil sudah harus diganti adalah ketidakstabilan tekanan pada ban mobil, cengkraman ban terhadap medan jalan yang kurang maksimal sampai adanya robekan atau benjolan di dinding ban mobil.

Berikut ini merupakan tempat ganti ban mobil di Jakarta Pusat terpercaya dan tips untuk menjaga stamina ban mobil agar tahan lama.

Ciri-ciri Ban Mobil harus Diganti

Begini penjelasan dan detail ciri-ciri ban mobil yang sudah harus diganti.

Mengukur tebal tipisnya ban mobil

Ban yang alurnya sudah tipis sulit untuk mencengkram medan jalan, khususnya aspal, sehingga cukup berbahaya saat kita berkendara di medan yang licin dan terjal. Oleh karena itu, pastikan bahwa alur ban mobil masih tebal.

Caranya dengan mengukur melalui Tire Wear Indicator (TWI) dan perhatikan apakah ketebalan tapak atau alur ban mobil apakah sudah tipis atau masih tebal.

Periksa bagian dinding-dinding ban mobil

Benjolan pada dinding ban mobil akan terbentuk saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi saat melalui polisi tidur atau batu. 

Di saat seperti itu, zat pada ban mobil akan putus sehingga karet sulit untuk menahan tekanan udara di dalam ban mobil. Karenanya, bila menemukan benjolan pada dinding ban mobil segera ganti ban mobil.

Usia ban mobil yang sudah tua

Lakukan pengecekan usia ban mobil melalui angka yang ada di sisi ban. Misalnya saja di sana tertulis angka 02 dan 15, maka artinya adalah ban mobil tersebut dibuat minggu kedua (02) tahun 2015 (15).

Mengetahui usia mobil merupakan langkah yang tepat karena ban yang sudah berusia tua akan cepat mengeras dan membuat daya cengkram ban mobil kurang maksimal.

Baca juga: Ini Cara Baca Tabel Kode Ban Mobil, Jangan Asal!

Daftar Toko Ban Mobil Murah Terdekat di Jakarta Pusat

Berikut ini rekomendasi tempat ganti ban mobil di Jakarta Pusat.

1. Bengkel Lancar Jaya Ban

Alamat : Jalan Letjend Suprapto No. 78, Johar Baru, Jakarta Pusat

Nomor telepon : 089661722966

Layanan : Ganti oli mobil, aki, tune up, servis rem, wiper, ban mobil, kaki-kaki,

kopling, servis AC

2. Bengkel Lancar Jaya Ban 2

Alamat : Jalan Letjen Suprapto No11. RT 8/RW 3, Cempaka Putih, Jakarta

Pusat

Layanan : Ganti oli mobil, aki, tune up, servis rem, wiper, ban mobil, kaki-kaki,

kelistrikan, kopling, mesin umum, servis AC

3. Bengkel Anugrah Ban Velg

Alamat : Mall Glodok Kemayoran lantai 6 Blok e3 No. 2, Kemayoran, Jakarta

Pusat

Layanan : Ban mobil

4. Bengkel Berdika Ban

Alamat : MGK lantai 6 Blok C. 6 No. 1-2, Kemayoran, Jakarta Pusat

Layanan : Ban mobil

5. Bengkel New Mandiri Service Berjaya

Alamat : Pasar Mobil Kemayoran Blok. S No. 53-54, Kemayoran, Jakarta

Pusat

Layanan : Ganti oli mobil, aki, tune up, servis rem, wiper, ban mobil, kaki-kaki,

kelistrikan, kopling, turun mesin, mesin umum, servis AC, transmisi

otomatis dan manual

6. Bengkel Ww Autocarz

Alamat : Jalan Gunung sahari no. 2A, Sawah Besar, Jakarta Pusat

Layanan : Ban mobil

Gimana Cara Merawat Ban Mobil agar Tahan Lama?

Agar kita selalu aman dan nyaman saat berkendara, maka rutin melakukan pemeriksaan terhadap ban mobil diperlukan. 

Misalnya saja dengan memperhatikan alur ban mobil yang berfungsi untuk memperbesar gaya gesek dengan medan jalan. Bila sudah tipis maka risiko kecelakaan jadi tinggi apalagi saat berkendara di medan yang licin dan terjal.

Cara pertama untuk merawatnya adalah dengan rutin memeriksa tekanan ban mobil selama dua minggu sampai satu bulan sekali agar performa dan kualitas ban mobil tetap terjaga.

Cara kedua adalah dengan menggunakan jenis ban mobil yang tepat dengan mobil. Kita bisa mengetahui jenis ban mobil yang digunakan dengan melihat buku panduan manual atau melihat kode yang tertulis di dinding ban mobil.

Terakhir, rutin merotasi ban mobil dan membatasi kapasitas mobil. Pasalnya, kapasitas yang berlebih tersebut bisa meningkatkan penggunaan bahan bakar mobil jadi lebih boros dan ban mobil jadi bekerja lebih besar dibanding biasanya.

Baca juga: Jangan Lalai, Lakukan Rotasi Ban Mobil Secara Berkala

Tips terakhir yang sering diacuhkan adalah menghindari jalanan yang rusak. Bila ternyata kita terpaksa melalui medan jalanan yang rusak tersebut maka hindari memacu mobil dengan kecepatan yang tinggi. 

Sementara itu, menggunakan nitrogen saat mengisi ban mobil juga termasuk langkah penting untuk menjaga usia dan performa mobil agar tahan lama.

Mulai sekarang, jangan hanya fokus merawat eksterior dan interior mobil saja. Akan tetapi, penting untuk mencari tahu komponen-komponen mobil lainnya melalui blog otomotif. Dengan begitu, pengetahuan kita tentang kendaraan, khususnya mobil jadi lebih beragam dan lengkap.