Ban mobil pecah bisa terjadi dimana saja dan siapa saja. Bahkan tak jarang, ban mobil pecah bisa menyebabkan korban jiwa.

Untuk meminimalisasi terjadinya ban pecah dijalan, sebaiknya kamu membaca informasi otomotif di bawah ini yang mungkin bisa membantu kamu memahami hal tentang ban mobil pecah.

Penyebab Utama Ban Mobil Pecah 

Hal utama yang menjadi penyebab ban mobil pecah adalah kurangnya perawatan pada kondisi kendaraan. Padahal kendaraan tersebut sering digunakan dan dipacu pada kecepatan yang tinggi. 

Berikut adalah penyebab lainnya dari ban mobil pecah:

1. Tekanan ban yang tidak sesuai 

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat memicu terjadinya pecah ban mobil. Walaupun masih banyak pemilik kendaran yang menganggap sepele masalah tekanan udara pada ban. Tekanan ban yang kurang dapat memikul bobot yang berlebihan pada kendaraan. Selalu melakukan pengecekan tekanan ban secara rutin sangat dianjurkan pada kendaraan yang sering dipakai. 

Tekanan ban yang tidak sesuai dengan anjuran pabrik akan membuat ban mobil kamu bekerja lebih keras dan bisa merusak strukturnya. Panas dari aspal jalanan juga membuat ban bekerja lebih keras. Itulah kenapa tekanan yang terlalu tinggi dan terlalu rendah bisa membuat ban mobil pecah.

2. Penggunaan velg dan ban yang tidak sesuai

Mengganti velg yang biasa dilakukan dengan tujuan membuat tampilan mobil menjadi lebih keren belum tentu memberikan jaminan keamanan dan keselamatan pada pemakai kendaraan. Karena ukuran velg dan ban yang dipilih bisa saja tidak sesuai, yang terjadi bisa saja ukuran velg lebih kecil atau lebih besar. Dan memaksakan hal ini akan membuat beban yang dibawa ban menjadi terlalu berat. 

Hal buruk tersebut bisa membuat ban mobil retak atau benjol atau bahkan pecah secara tiba-tiba di jalan raya. 

3. Tertusuk benda tajam

Pada saat dijalan raya, banyak hal dapat terjadi. Termasuk adalah ban yang tertusuk benda tajam yang dapat menyebabkan pecah ban. Pada saat di jalan raya, kita sebagai pengendara tentu tidak dapat menghindari hal ini.

Melindas benda tajam yang tidak seharusnya ada di jalan raya. Kendaraan yang sedang melaju pada kecepatan tertentu melindas benda tajam bisa menyebabkan robek pada ban. Mungkin tidak langsung pecah ban, tetapi kondisi robek yang menyebabkan kurang angin membuat dinding ban putus yang akhirnya menyebabkan pecah. 

4. Ban mobil kedaluwarsa

Ban mobil yang sudah kedaluwarsa bisa menyebabkan pecah ban mobil di jalan. Adalah sangat penting bagi kamu sebagai pemilik kendaraan untuk memastikan ban mobil dalam kondisi prima.

Ban mobil yang sudah lama tersimpan dalam ruangan dengan suhu yang tidak menentu akan menyebabkan menjadi kering dan getas, meski belum pernah dipakai. Karet ban yang getas akan membuat ban mobil menjadi sangat rentan pecah pada saat digunakan. 

5. Menggunakan ban tambalan cacing

Banyak pemilik kendaraan memakai ban tambalan, hal ini sangat wajar dilakukan. Walaupun ada jenis tambalan yang tidak disarankan karena bisa membahayakan pengendara dan penumpang. Ban tambalan bisa menyebabkan pecah ban tiba-tiba di jalan. Salah satu hal mengapa ban tambalan cacing atau model tambalan tusuk diminati karena harganya cukup terjangkau. Walaupun ini bersifat sementara, karena ban dengan tambalan cacing harus segera dibawa ke bengkel.

Ada masih banyak hal lainnya yang bisa menyebabkan pecah ban mobil. Tetapi 5 hal tersebut di atas sudah cukup menjadi pengetahuan bahwa pengecekan ban secara rutin sangat penting dilakukan demi keselamatan jiwa di jalan raya.

Yang Harus Dilakukan saat Mengalami Ban Mobil Pecah 

Menghadapi situasi yang berbahaya pada di saat jalan raya tentu memerlukan ketenangan yang luar biasa, untuk meminimalisir resiko yang ada didepan mata.

Pecah ban yang terjadi tiba-tiba akan membuat pengemudi terkejut bahkan panik yang bisa menyebabkan hal yang kurang menguntungkan dan bisa mendekati zona yang berbahaya.

Berikut tips yang mungkin bisa membantu kamu disaat genting pecah ban mobil terjadi:

a. Jangan panik. Ban pecah dijalan tentu saja membuat kaget dan mobil akan oleng. Saat ini terjadi, sebagai pengemudi harus bisa menguasai kendaraan dan tetap tenang.

b. Jangan gunakan rem. Jauhkan kaki dari pedal rem.

c. Untuk membuat kendaraan berhenti, lepas pedal gas perlahan. Jangan lakukan secara mendadak karena ban mobil yang pecah, bentuknya tidak sempurna menempel pada aspal

d. Tetap pegang kendali pada setir atau kemudi dengan erat untuk mempertahankan agar kendaraan tetap lurus. Nyalakan lampu sein kiri untuk memberi isyarat pada kendaraan lain bahwa mobil akan berhenti.

e. Setelah mobil berhasil sampai di tepi jalan, kamu harus segera menyalakan lampu hazard dan mulai melakukan pengereman sampai mobil benar-benar berhenti

f. Setelah mobil berhasil berhenti, tetap menyalakan lampu hazard supaya pengendara lain bisa tanggap bahwa kendaraan kamu sedang dalam masalah.

Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah di Jalan Tol 

Pada saat kamu berkendara di jalan tol yang tentu saja dalam kecepatan tinggi, kejadian pecah ban mobil bisa saja terjadi. Hal ini adalah satu sumber kecelakaan di jalan tol yang disebabkan oleh ketidak tahuan bagaimana harus bereaksi ketika ban mobil pecah di jalan tol. 

Hal utama yang sebaiknya dilakukan adalah jangan panik. Karena hal pertama yang dapat menyelamatkan situasi yang sangat genting tersebut adalah respon yang benar. Kendaraan yang hilang kendali dapat berujung pada kecelakaan fatal. 

Jangan melakukan pengereman mendadak, karena ketika kamu menginjak rem dengan keras, bobot kendaraan akan pindah ke depan dan setir akan semakin menarik ke arah ban pecah. Hal ini akan membuat mobil terpelanting dan terbalik 

Jangan posisikan gigi ke netral, efek ini akan membuat putaran ban tidak tertahan oleh putaran mesin. Lepaskan pedal gas secara perlahan. Biarkan kendaraan berjalan dan pastikan didepan aman. Kamu harus tetap kendalikan setir dalam posisi lurus dan pelan-pelan arahkan kendaraan ke pinggir, dan mulai menginjak rem secara perlahan.

Setelah kendaraan berhenti, kamu bisa turun dan jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman dan kamu tidak mengganggu lalu lintas. Memastikan kamu dan kendaraan kamu dari masalah tabrak belakang adalah sangat penting ketika kamu menghadapi pecah ban mobil di jalan tol. 

Yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Ban Mobil Pecah 

Pengecekan rutin pada tekanan ban adalah salah  satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari pecah ban mobil. Perawatan ban yang bisa dilakukan adalah memeriksa karet pembungkus velg dan kondisi telapaknya serta membersihkan jika ada benda kecil menempel. Hal ini bisa mencegah benda tersebut menembus telapak dan menyebabkan ban pecah. 

Ban mobil yang kurang dirawat, misal terdapat batu yang menempel di sela-sela kembangan ban dan dibiarkan akan menumpuk dan menusuk lapisan dasar telapak ban. 

Nah, buat kamu yang butuh bantuan untuk mengganti ban bisa segera ke bengkel ganti ban terdekat. Booking via aplikasi Otoklix!