ban mobil

Pilihan Merek Ban Mobil yang Bagus dan Cara Memilihnya

Menggunakan ban mobil berkualitas bagus adalah sebuah kewajiban demi keselamatan berkendara. Ban mobil yang berkualitas bisa dinilai dari merek yang banyak beredar di pasaran. Akan tetapi, selain itu juga diperlukan cara memilih ban mobil

Yuk, simak daftar rekomendasi Otoklix soal merek ban mobil terbaik dan juga cara memilihnya.

Daftar Rekomendasi Ban Mobil

Merek-merek yang direkomendasikan di bawah ini banyak digunakan pengguna kendaraan roda empat karena spesifikasinya yang bagus. Kualitas itu dapat dirasakan dari fungsinya sebagai kaki-kaki mobil dan juga bahan yang digunakan. Ini dia 7 rekomendasi merek ban kendaraan roda empat.

1. Bridgestone 

Kamu pasti sudah familiar dengan merek yang satu ini. Merek satu ini sudah menjual ban di Indonesia sejak 50 tahun yang lalu. Jadi, ban mobil ini sudah didesain agar cocok untuk digunakan di iklim tropis.

Bridgestone digunakan sebagai ban bawaan untuk mobil baru dari merek-merek ternama, misalnya Honda Jazz RS, Honda Brio RS, Nissan Grand Livina, Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Xpander, dan lainnya.

Kualitas yang baik ini terlihat dari rangka ban yang dibuat dengan banyak lembar anyaman secara paralel. Sehingga ban memiliki daya cengkeram yang kuat, tetapi juga berdesain stylish. Sedangkan untuk ketahanannya, Bridgestone dapat digunakan sampai dengan 2-3 hari untuk penggunaan normal sehari-hari.

Selain menyediakan ban untuk mobil penumpang, Bridgestone juga memiliki jenis ban untuk mobil truk sampai dengan alat berat. Dari segi harga, Bridgestone memiliki harga yang bervariatif, mulai dari Rp300 ribuan sampai dengan Rp3 jutaan.

2.  GT Radial 

Ban dari merek dalam negeri yang satu ini juga memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan karena sudah menjadi favorit pengguna mobil. Dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp400 ribuan sampai dengan Rp1,5 jutaan, GT Radial unggul dalam menjaga stabilitas berkendara. Tingkat keawetannya juga cukup tinggi, 1-2 tahun.

Seperti Bridgestone, GT Radial juga menjadi ban bawaan mobil-mobil merek tertentu, misalnya Wuling Confero dan Suzuki Ertiga. Pilihan ukuran dan jenis ban mobil penumpang juga cukup lengkap, dari rim 13 sampai 20. Pilihan alur ban mobil juga ada yang asimetris sampai dengan sporty yang cocok digunakan berkendara ketika kondisi jalan kering maupun basah.

3. Dunlop 

Merek ban untuk mobil berikutnya adalah Dunlop. Compound dari ban ini lebih soft sehingga memiliki daya redam yang lebih baik. Berkendara pun menjadi lebih nyaman. Meskipun soft, tetapi tetap memiliki daya cengkeram yang baik. Sama seperti Bridgestone dan GT Radial, ,harga ban ini mulai Rp400 ribuan sampai dengan Rp3,2 juta.

Ban-ban dari Dunlop memiliki teknologi Jointless Band Construction yang dapat menjamin posisi ban tetap di posisinya meskipun steering maksimal. Ketika melewati jalanan yang basah, teknologi Asymmetric Tread Design dapat menepis genangan air sehingga daya cengkeram ban lebih baik.

Selain itu, ada pula teknologi Noise Shield Technology yang dapat meredam kebisingan di dalam kabin sampai dengan 50 persen. Untuk penggunaan sehari-hari, Dunlop bisa bertahan sekitar 1-2 tahun.

4. Michelin 

Merek ban yang satu ini biasanya digunakan pada mobil premium kelas atas seperti Porche dan mobil balap. Ban Michelin memiliki fitur peredam suara dan daya cengkeram serta daya tahan yang tinggi. 

Teknologi yang digunakan adalah penggunaan compound karet dan full silica sehingga menghasilkan ban dengan tingkat kelembutan dan daya cengkeram yang lebih baik. Mobil tidak akan mudah tergelincir ketika melalui jalanan basah atau ketika mendadak mengerem. Kualitas yang sangat baik ini membuat harga ban Michelin relatif lebih mahal, yaitu mulai Rp800 ribu sampai Rp4,8 jutaan.

5. Achilles

Merek Achilles ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau, yakni Rp380 ribu sampai Rp3,2 jutaan. Meskipun cukup terjangkau, tetapi Achilles memiliki bermacam-macam jenis, tipe, dan ukuran dengan performa yang baik.

Ukuran ban mobil dari Achilles ini fokus kepada mobil penumpang berukuran besar, yaitu rim 16 sampai rim 25. Contohnya digunakan pada mobil BMW dan Mercedes-Benz. Desainnya yang fashionable juga disukai oleh pehobi modifikasi mobil.

6. Falken 

Merek ban mobil Falken lebih cocok digunakan di jalan raya daripada di arena balap karena struktur bannya yang memang diperuntukkan untuk kondisi jalan raya. Kualitasnya juga tidak kalah baik dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp600 ribuan.

7. Hankook

Ban untuk mobil produksi Korea ini juga bisa dipertimbangkan. Keunggulan dari ban yang satu ini adalah penggunaan bahan yang berkualitas dan penggunaan empat alur melingkar yang bisa mencegah mobil tergelincir.

Itu dia 7 rekomendasi ban mobil untuk kamu. Pilih yang cocok untuk mobilmu ya! Selanjutnya, mari kita bahas tentang tips memilih ban mobil.

Tips Memilih Ban untuk Mobil 

Pemilihan ban mobil yang tepat dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Selain itu juga bisa menghemat biaya. Ini dia beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Sesuaikan dengan tipe mobil

Ban yang digunakan pada mobil memiliki tipe dan ukuran yang berbeda. Biasanya tipe ban tertulis pada plakat laci atau pintu mobil. Tipe dan ukuran ini ditandai dengan kombinasi kode, misanya P (Passenger) untuk mobil penumpang, LT (Light Truck) untuk truk kecil, dan ST (Special Trailer), dan sebagainya. untuk Jadi kamu bisa menjadikan patokan agar ban mobil yang dibeli bisa sesuai.

2. Sesuaikan ukuran ban

Kode tersebut juga menunjukkan ukuran ban mobil. Misalnya MPV 185/70R14, angka 185 tersebut adalah lebar telapak ban. Kemudian angka 70 menunjukkan ketebalan ban dan angka 14 menunjukkan diameter velg.

3. Lebar ban sesuai

Selain ukuran-ukuran di atas, leban ban juga harus sesuai dengan ukuran velg mobil. Jika memodifikasi di luar ketentuan tertulis, bisa saja mempengaruhi performa mobil karena tidak sesuai dengan kapasitas mesin.

4. Pola tapak dan ketebalan ban 

Pola tapak ban juga berpengaruh terhadap manuver dan akselerasi mobil. Tapak ban alur V dinilai merupakan yang terbaik karena memiliki daya gesek yang tinggi terhadap jalanan sehingga tidak mudah tergelincir. Sementara itu, ketebalan ban 50 dinilai yang terbaik.

5. Masa kedaluwarsa ban

Tips yang terakhir adalah memperhatikan masa kedaluwarsa ban mobil. Batas usia maksimal adalah 5 tahun karena kondisi ban yang terbuat dari karet bisa berubah seiring berjalannya waktu. Keterangan ini dapat dilihat pada dinding ban, misalnya angka 2920, artinya ban dibuat pada tahun 2020 di minggu ke 29.

Nah, itu tadi adalah informasi tentang daftar rekomendasi ban mobil serta cara memilih ban mobil. Percayakan pemilihan dan perawatan ban mobil kamu dengan Otoklix. Kami memiliki banyak bengkel ban terdekat se-Jabodetabek. Cek harganya dan booking sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *