Fitur kaca atap mobil terbagi menjadi tiga jenis, yakni sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Ketiga jenis kaca atap tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni agar penumpang bisa menikmati pemandangan di luar mobil. Namun, dari segi cara kerja, terdapat perbedaan sunroof dan moonroof. Berikut penjelasan lengkapnya.

Perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof

Secara umum, panorama roof tidak terlalu sulit untuk dibedakan dengan sunroof dan moonroof. Sementara, perbedaan sunroof dan moonroof pada mobil akan tampak jelas jika diperhatikan secara detail. Saat dilihat sekilas, ketiga atap tersebut memang tampak mirip. Agar tidak keliru, simak perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof berikut ini.

1. Pengertian dan fungsi sunroof

Sunroof merupakan fitur kaca atap mobil yang dapat membentuk sudut tertentu apabila dibuka. Kaca tersebut akan naik ke atas ketika hendak dibuka sehingga terjadi sirkulasi udara yang lebih baik. 

Menyajikan pemandangan luar mobil yang lebih jelas, sunroof cocok digunakan di daerah pegunungan yang memiliki cuaca cerah dan udara sejuk.

Dari sisi material, sunroof terbuat dari pelat logam. Seiring waktu, bahan utama pembuatan sunroof menggunakan material kaca. Beberapa mobil yang telah dilengkapi fitur sunroof di antaranya Kia Picanto GT 1.2 L, Hyundai Tucson XG, Wuling Cortez CT, dan Nissan Elgrand.

2. Pengertian dan fungsi moonroof

Moonroof merupakan fitur kaca atap mobil yang dapat menyajikan pemandangan luar mobil yang lebih jelas. Selain itu, sirkulasi udara yang dihasilkan juga lebih baik. Letak perbedaan sunroof dan moonroof adalah arah untuk membukanya.

Sunroof dibuka dengan cara mengangkat kaca ke atas. Sementara, moonroof dibuka dengan cara memasukkan kaca ke dalam atap sehingga terjadi sirkulasi udara di dalam kabin mobil. Beberapa mobil yang telah dilengkapi fitur moonroof di antaranya Acura ILX, Buick Encore, Honda Civic, BMW X5, hingga Toyota Camry.

3. Pengertian dan fungsi panoramic roof

Apabila dibandingkan sunroof dan moonroof, ukuran kaca pada fitur panorama roof jauh lebih besar, bahkan hampir menyamai ukuran kaca mobil. Apabila perbedaan sunroof dan moonroof terletak dari cara membuka, kaca pada panoramic moonroof tidak bisa dibuka. Hanya atap yang ada di bawah kaca yang dapat dibuka.

Pemilik mobil dengan fitur panorama rood memang tidak bisa menikmati pemandangan secara terbuka serta tidak terjadi sirkulasi udara. Namun demikian, pemandangan tersebut masih bisa dilihat dari dalam mobil.

Kelebihan dari fitur panoramic roof adalah kabin mobil tidak terasa panas. Sebab, kaca panoramic roof dilengkapi lapisan anti sinar ultraviolet yang dapat menahan sinar matahari. Beberapa mobil yang telah dilengkapi fitur panoramic roof di antaranya Honda HR-V 1.8 Prestige, Mitsubishi Outlander Sport PX, Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT, dan Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech.

Baca juga: Terlihat Mewah, Ini Harga Pasang Sunroof Mobil

Tips perawatan mobil sunroof, moonroof, dan panoramic roof

Setelah mengetahui perbedaan antara sunroof, moonroof, dan panoramic roof, OtoFriends juga perlu mengetahui tips perawatan mobil dengan ketiga fitur tersebut.  Sehingga, kaca tidak akan mudah rusak apabila dirawat dengan benar.

Berikut beberapa tips perawatan sunroof, moonroof, dan panoramic roof pada mobil. 

1. Cara merawat mobil sunroof

Untuk merawat mobil sunroof, bersihkan bagian sela-sela tutup sunroof dari debu dan pasir. Lakukan secara rutin. Selain itu, jangan lupa semprotkan silicon spray di bagian karet agar tetap elastis.  Kemudian, semprot cairan pembersih dan penghilang karat di jalur buka tutup sunroof.

2. Cara merawat mobil moonroof

Perawatan moonroof pada umumnya tidak jauh berbeda dengan sunroof. OtoFriends harus memastikan jalur buka tutup kaca (sliding rail) senantiasa bersih dari kotoran dan debu. Hal itu untuk mencegah kaca macet. Selain itu, semprotkan cairan pelumas guna menjaga rel tetap licin.

3. Cara merawat mobil panoramic roof

Untuk merawat mobil dengan fitur panoramic roof, OtoFriends cukup membersihkan kaca secara rutin. Gunakan pembersih jamur kaca mobil agar tidak jamuran dan terbebas dari kotoran yang menempel.  Agar kaca tidak mudah rusak, jangan parkir mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Itulah tips perawatan mobil dengan fitur sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Apabila mobilmu menggunakan ketiga fitur tersebut, jangan sampai tidak terpakai dalam waktu lama, ya. Sebab, hal itu akan membuat rel sulit digerakkan.

Baca juga: Mobil yang Atapnya Bisa Dibuka dan Ditutup atau Pakai Sunroof

Tips memilih bengkel mobil berkualitas

Selain mengetahui perbedaan sunroof dan moonroof beserta cara perawatannya, OtoFriends sebaiknya juga jeli dalam memilih bengkel berkualitas. Perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan teknisi bengkel profesional

Perlu diketahui, teknisi profesional biasanya sudah memiliki sertifikat dan pengetahuan mendalam terkait servis mobil. Teknisi yang profesional juga tidak akan membuat OtoFriends ragu untuk mempercayakan servis mobil kepada mereka.

2. Bengkel memiliki standar operasional yang jelas

Setiap bengkel yang terpercaya sudah tentu memiliki standar operasional yang jelas. Selain itu, Quality Control juga memiliki peran penting terhadap kualitas bengkel mobil.

3. Bengkel mudah didatangi

Terakhir, carilah bengkel yang gampang didatangi kapan saja. Bengkel tipe ini biasanya termasuk ke dalam bengkel mobil 24 jam dan tetap beroperasi di hari Minggu. Selain itu, akses terhadap pelayanan yang mudah juga harus dijadikan pertimbangan ketika memilih bengkel.

Apabila OtoFriends ingin mencari bengkel terpercaya dengan cepat, buka saja aplikasi Otoklix. Aplikasi tersebut menyediakan beragam bengkel terpercaya dan layanan servis yang ditawarkan. Tidak hanya itu, OtoFriends juga bisa melakukan booking online sehingga bebas dari antrian.