Salah satu tantangan terbesar untuk seseorang yang baru saja belajar menyetir adalah belajar cara parkir yang benar. Apalagi jenis parkir mobil ada bermacam-macam, seperti parkir mobil mundur, paralel, seri tengah, dan miring.

Belum lagi kalau kita sedang bepergian di area pegunungan di mana biasanya tempat parkir menanjak atau menurun. Apabila OtoFriends tidak memahami cara parkir mobil dengan benar, bisa-bisa malah menabrak objek atau mobil orang lain. 

Berikut ini Otoklix akan mengulas cara parkir mobil yang benar berdasarkan posisi mobilnya untuk pemula.

Cara Parkir Mobil Berdasarkan Posisi

Berikut ini penjelasan mengenai cara parkir mobil berdasarkan posisi mobilnya, yang meliputi parkir mobil paralel, parkir mobil miring, dan seri tengah. Simak, ya!

1. Parkir Mobil Paralel

Parkir paralel mobil adalah sebuah teknik parkir di mana mobil diparkir sejajar dengan tepi jalan dan berada sejajar di antara mobil-mobil lainnya yang sedang diparkir. 

Parkir mobil paralel ini bisa dibilang jenis parkir mobil yang sulit. Jadi, OtoFriends harus memahami teknik parkirnya dengan benar. 

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan parkir mobil paralel:

  • Cari ruang parkir yang cukup panjang untuk menampung mobil. Pastikan ada cukup ruang kosong di antara mobil yang sudah diparkir.
  • Aktifkan lampu sein sebagai tanda ke pengendara lain. Pastikan bahwa tidak ada kendaraan lain yang datang dari belakang atau depan saat memasuki ruang parkir.
  • Pertama, sejajarkan mobil dengan mobil yang terparkir di depan mobil kamu. Lalu, pindahkan tuas ke gigi mundur (R). Mundur secara perlahan sambil membelokkan setir ke arah kiri atau kanan sesuai dengan posisi tempat parkir.
  • Tetap kontrol setir dalam posisi mundur dengan sudut 45 derajat. Untuk memastikannya, OtoFriends bisa memantau dari kaca spion. Jika dari kaca spion terlihat bagian tengah hingga belakang mobil, maka sudut sudah terbentuk 45 derajat. 
  • Apabila mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang ada di depan, putar setir ke arah berlawanan sampai mentok. Lalu, mundurkan lagi mobil dengan hati-hati sampai bodi mobil masuk seluruhnya ke area parkir. 
  • Langkah terakhir adalah dengan meluruskan ban dan posisi setir, sehingga posisi mobil jadi pas dan sejajar dengan mobil lainnya. 

2. Parkir Mobil Seri Tegak Lurus

Kedua adalah cara parkir mobil seri tegak lurus. Jenis parkir ini umum ditemui di beberapa tempat parkir di Indonesia, di mana kita memarkir mobil sejajar dengan mobil lainnya dan posisinya tegak lurus.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan parkir mobil seri tegak lurus:

  • Perlahan-lahan dekati tempat parkir dengan menjaga jarak yang aman dari kendaraan lain. Perhatikan ruang di antara mobil yang sudah diparkir untuk menentukan tempat yang tersedia.
  • Ketika berada di depan tempat parkir yang diinginkan, hentikan mobil dan pastikan mobil berada pada jarak yang tepat dari mobil yang ada di sekitarnya. Biasanya, jarak yang ditentukan sekitar 1,5 hingga 2 meter di antara mobil lainnya.
  • Belokkan roda depan mobil ke arah mobil yang ada di depan. Ini memungkinkan untuk membawa mobil masuk ke dalam tempat parkir secara tegak lurus.
  • Jika bodi mobil sudah masuk, lalu mundur perlahan dengan memantau posisi mobil dan jarak dengan kendaraan lainnya. Gunakan spion dan pandangan belakang untuk memastikan tidak mengenai kendaraan di belakang saat mundur.
  • Setelah mobil berada dalam tempat parkir yang tepat, periksa posisinya dengan memastikan mobil berada dalam garis yang lurus dan tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain.

3. Parkir Mobil Miring

Berikutnya adalah cara parkir mobil miring. Parkir mobil miring, juga dikenal sebagai parkir diagonal atau parkir sudut. Parkir jenis ini bisa dibilang lebih mudah dibandingkan dengan jenis parkir lainnya. 

  • Apabila kamu sudah berada di depan tempat parkir yang diinginkan, putar roda mobil ke arah parkir miring. Sudut parkir miring biasanya sekitar 45 derajat, tetapi dapat bervariasi tergantung pada desain tempat parkir.
  • Mundur perlahan dengan memantau posisi mobil dan jarak dengan kendaraan lainnya. Gunakan spion dan pandangan belakang untuk memastikan tidak mengenai kendaraan di belakang saat mundur.
  • Setelah mobil terparkir dengan baik, luruskan roda depan untuk menghadap ke depan.

Tips Parkir Mobil untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa tips parkir mobil untuk pemula:

1. Pilih tempat parkir yang luas

Khusus untuk pemula, pilihlah tempat parkir yang luas dan terbuka. Ini akan memberikan lebih banyak ruang untuk manuver dan mengurangi risiko terjadinya benturan dengan kendaraan atau objek lain.

Mulailah dengan berlatih di tempat parkir kosong, seperti area yang sepi atau tempat parkir mal yang sepi. Hal ini akan membantu kamu dalam mempraktikkan teknik parkir tanpa adanya tekanan dan risiko.

2. Gunakan spion dengan baik

Perhatikan penggunaan spion saat melakukan manuver parkir. Periksa spion samping dan spion belakang secara berkala untuk memastikan bahwa memiliki pandangan yang jelas tentang kendaraan dan objek di sekitar kamu, ya.

3. Perhatikan tanda-tanda dan marka jalan

Patuhi tanda-tanda dan marka jalan yang mengatur parkir. Pastikan kamu sudah memahami apakah tempat parkir hanya boleh digunakan untuk parkir paralel, tegak lurus, atau miring. Ini akan membantu menghindari pelanggaran dan memastikan parkir yang aman dan legal.

4. Gunakan bantuan visual

Jika kamu merasa sulit untuk mengukur jarak dengan tepi trotoar atau kendaraan lain, kamu dapat menggunakan bantuan visual, seperti kamera parkir mobil. 

Dengan adanya kamera parkir mobil ini, kamu jadi bisa melihat kondisi di sekeliling mobil, apakah jaraknya sudah pas, ada objek apa di belakang mobil, sehingga kamu bisa mencegah terjadi tabrakan.

5. Latihan secara teratur

Latihan adalah kunci untuk meningkatkan keahlian parkir mobil. Cobalah untuk berlatih secara teratur di berbagai situasi parkir, seperti parkir paralel, tegak lurus, dan miring. Semakin sering kamu berlatih, maka kamu akan semakin percaya diri dan ahli. 

Nah, itu dia informasi seputar cara parkir mobil paralel, tegak lurus dan miring untuk pemula. Selain belajar mengenai cara parkir mobil, OtoFriends juga harus belajar mengenai cara perawatan mobil.

Perawatan mobil ini penting sekali dilakukan agar performa mobil kamu tetap bagus, sehingga tetap lancar dan nyaman saat berkendara. 

Kamu bisa merawat mobil di bengkel Otoklix dengan layanan yang lengkap, mulai dari ganti oli, detailing, ganti ban mobil, hingga tune up.

Kalau booking lewat Aplikasi Otoklix, kamu bisa hemat sampai 50%, loh! Yuk, booking sekarang juga! 

Pertanyaan seputar Cara Parkir Mobil

Parkir mobil parallel untuk mobil matic tetap bisa kok dilakukan dengan mengaktifkan fitur shift lock.

Jenis parkir ini umum ditemui di beberapa tempat parkir di Indonesia, di mana kita memarkir mobil sejajar dengan mobil lainnya dan posisinya tegak lurus.

Pertama, sejajarkan mobil dengan mobil yang terparkir di depan mobil kamu. Lalu, pindahkan tuas ke gigi mundur (R). Mundur secara perlahan sambil membelokkan setir ke arah kiri atau kanan sesuai dengan posisi tempat parkir.
Tetap kontrol setir dalam posisi mundur dengan sudut 45 derajat.
Apabila mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang ada di depan, putar setir ke arah berlawanan sampai mentok. Lalu, mundurkan lagi mobil dengan hati-hati sampai bodi mobil masuk seluruhnya ke area parkir.
Langkah terakhir adalah dengan meluruskan ban dan posisi setir, sehingga posisi mobil jadi pas dan sejajar dengan mobil lainnya.