Pemilik mobil Honda tidak perlu khawatir mencari oli berkualitas. Sebab, ada berbagai jenis oli mobil Honda yang sudah didesain menyesuaikan mesin mobil Honda mulai dari oli mesin, oli transmisi, oli power steering, dan oli rem.

Lalu, apa saja jenis oli yang diproduksi oleh PT Honda Prospect Motor? Simak artikel berikut dan temukan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

    Jenis-jenis Oli Mobil Honda

    Sebagai informasi, kini Honda telah mempunyai Honda Automobile Oil yang direkomendasikan untuk semua tipe mobil Honda di Indonesia. Berikut seluruh jenis oli mobil yang diproduksi oleh Honda.

    1. Oli Honda E-Pro Gold 0W-20

    Oli mesin yang memiliki desain berwarna emas ini dapat digunakan pada tipe mobil Honda berbahan bakar bensin. Sebab, jenis oli ini memiliki kekentalan yang encer dengan spesifikasi SAE 0W-20. 

    Bahan penyusunnya pun full sintetis dengan teknologi khusus yang mampu memberikan perlindungan terhadap ruang mesin. Teknologi pada oli ini diantaranya Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, dan Anti Abrasion yang mampu membersihkan ruang mesin dari kerak sisa hasil pembakaran agar mesin tetap bersih. 

    2. Oli Honda E-Pro Turbo 0W-20

    Seperti namanya, oli mobil Honda  ini cocok digunakan pada mobil-mobil Honda dengan mesin teknologi turbo seperti Civic Turbo dan Civic Type R. Masih sama dengan E-Pro Gold, E-Pro Turbo juga memiliki spesifikasi SAE 0W-20 dengan bahan penyusun full sintetis.

    Teknologi yang digunakan pada E-Pro Turbo juga berupa Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, dan Anti Abrasion. Teknologi ini mampu membersihkan ruang mesin dan memberikan perlindungan komponen dari gesekan.

    3. Oli Honda E-Pro Blue 5W-30

    Oli dengan tutup berwarna biru ini memiliki spesifikasi SAE 5W-30. Bahan penyusun oli ini adalah full sintetis dengan teknologi tambahan aditif berupa Friction Modifier, Hi-Vi Polimer, Anti Abrasion, dan Detergent. 

    Teknologi yang disematkan mampu menjamin mesin tetap bersih dan merawat komponen secara maksimal. Jenis oli ini cocok digunakan sebagai oli mobil Honda Brio, Honda Jazz, Honda CR-V, Honda Civic, Honda City, Honda Mobilio, hingga Honda Odyssey.

    4. Oli Honda E-Pro Green 10W-30

    Sementara itu, oli mobil Honda dengan tutup berwarna hijau ini juga memiliki teknologi yang serupa dengan E-Pro Blue. Perbedaannya hanya terletak pada spesifikasi kekentalan, yaitu 10W-30. Oli dengan bahan full sintetis ini cocok digunakan untuk semua mobil Honda.

    5. Oli Power Steering Honda PSF-S

    Selain oli mesin, Honda juga memproduksi oli power steering. Oli ini tersedia dalam kemasan 1 liter dengan botol berwarna dasar putih dengan aksen merah dan biru. Jenis oli ini dapat digunakan pada semua jenis mobil Honda.

    Baca juga: Apa Itu Oli Power Steering dan Bedanya dengan Oli Lain

    6. Oli Honda MTF

    Tidak hanya oli mesin dan oli power steering, Honda juga memproduksi oli transmisi. Jenis oli Honda MTF ini bisa digunakan sebagai oli mobil Honda Mobilio, Honda Civic, Honda City, dan mobil Honda bertransmisi manual lainnya.

    MTF sendiri merupakan singkatan dari Manual Transmission Fluid. Oli MTF tersedia dalam kemasan 1 liter dengan botol berwarna putih dan aksen biru merah.

    7. Oli Honda CVTF

    Penggemar mobil tentu tahu bahwa oli transmisi pada mobil matic sangat penting lantaran berfungsi sebagai penambah tenaga transmisi. Tanpa oli transmisi, tuas akan sulit digerakkan sehingga mobil menjadi sulit untuk dikendalikan.

    Nah, oli ini merupakan oli transmisi khusus matic tipe CVT (Continuously Variable Transmission) yang dikemas dalam botol putih dengan aksen merah dan oranye dengan tutup berwarna merah. Tersedia dalam kemasan 1 liter dan 3,5 liter sesuai dengan kebutuhan oli transmisi mobil CVT keluaran Honda.

    8. Oli Honda ATF

    Bagi pemilik mobil matic Honda konvensional, ada juga oli yang cocok, yaitu oli transmisi untuk mobil matic jenis non CVT. Maka dari itu, OtoFriends wajib tahu jenis transmisi mobil Honda yang dimiliki sebelum membeli oli.

    9. Oli Honda BF Ultra

    Oli mobil Honda yang terakhir adalah BF Ultra yang merupakan jenis oli minyak rem. Singkatan dari BF adalah Brake Fluid. Oli rem ini memiliki spesifikasi DOT 3 yang artinya dapat digunakan pada semua jenis mobil Honda di Indonesia.

    Itulah 9 jenis oli mobil Honda. Pastikan untuk selalu membeli oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil kita.

    Ciri-ciri Oli Mobil Harus Diganti

    Menurut beberapa buku manual, mobil yang sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km idealnya harus ganti oli untuk pertama kali. Jarak tempuh tersebut biasanya memerlukan waktu 6 bulan.

    Namun, pada kondisi tertentu oli mobil harus segera diganti meskipun belum mencapai jarak ideal. Berikut beberapa ciri-ciri oli mobil yang mengharuskan pergantian oli.

    1. Perubahan warna pada oli

    Perubahan warna oli menjadi salah satu tanda bahwa oli harus segera diganti. Pasalnya, oli yang berubah dari segi warna maupun teksturnya menandakan terjadinya penurunan kualitas oli. Umumnya, oli akan mengalami perubahan warna menjadi hitam pekat dengan tekstur yang encer.

    2. Getaran mesin mobil terasa tinggi

    OtoFriends pernah merasakan getaran tinggi dan kasar pada mesin mobil? Jika iya, itu bisa disebabkan oleh kondisi oli yang sudah tidak lagi prima. Mengganti oli bisa menjadi cara ampuh untuk mengembalikan getaran mobil seperti sedia kala.

    3. Suara mesin kasar dan berisik

    Saat menghidupkan mobil, kita bisa mengetahui apakah kualitas oli masih bagus atau sudah mengalami penurunan. Suara mesin yang kasar menjadi gambaran ketika kondisi oli sudah mulai tua dan minta diganti.

    Segera kunjungi bengkel terdekat untuk melakukan ganti oli apabila menemukan satu atau lebih ciri-ciri yang disebutkan di atas.

    Tips Memilih Oli Mobil yang Sesuai

    Setelah mengetahui apa saja oli mobil Honda, maka OtoFriends perlu tahu juga bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mobil kesayangan.

    Salah pilih oli mobil bisa menimbulkan efek negatif bagi mesin kendaraan itu sendiri. Guna mencegah hal itu terjadi, Otoklix punya beberapa tips bermanfaat berikut ini.

    1. Pahami spesifikasi mesin mobil

    Tips pertama adalah dengan memahami karakter dan spesifikasi mesin mobil. Ketika membeli mobil, biasanya ada manual book tentang cara perawatan mobil. 

    Dalam buku tersebut, tertera pula informasi lengkap tentang jenis oli yang dapat digunakan pada mobil tersebut. Cukup ingat-ingat oli apa yang sesuai maka kesalahan dalam memilih oli tidak akan pernah terjadi.

    2. Perhatikan tingkat kekentalan oli dan kodenya

    Masih banyak pemilik mobil yang masih belum bisa memilih oli berdasarkan tingkat kekentalannya. Biasanya, tiap produk oli ditandai dengan kode SAE (Society of Automotive Engineer) yang diikuti oleh deretan angka di belakangnya, seperti 5W-50.

    Huruf ‘W’ yang terdapat di belakang angka awal merupakan singkatan dari ‘Winter’. Sebagai contoh, SAE 5W-50 menandakan oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 5 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas.

    3. Jangan membeli oli palsu

    Tak bisa dipungkiri jika saat ini banyak oknum yang menjual oli palsu demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Maka dari itu, OtoFriends perlu berhati-hati dan jangan sampai tergiur dengan harga oli yang jauh lebih murah secara tidak wajar.

    Demikian informasi yang berkaitan dengan oli mobil Honda. Datangi bengkel terdekat dan terpercaya untuk mendapatkan oli orisinil. Ingat, merawat oli secara rutin dapat memperpanjang usia pakai mobil OtoFriends.

    Temukan bengkel umum terbaik se-Jabodetabek melalui aplikasi Otoklix. Aplikasi Otoklix bisa kamu unduh secara gratis di Android dan iOS. Buruan install sekarang!

    Pertanyaan Seputar Oli Mobil Honda

    Ada 9 jenis oli yang diproduksi oleh PT Honda Prospect Motor, yaitu:
    Oli Honda E-Pro Gold 0W-20
    Oli Honda E-Pro Turbo 0W-20
    Oli Honda E-Pro Blue 5W-30
    Oli Honda E-Pro Green 10W-30
    Oli Power Steering Honda PSF-S
    Oli Honda MTF
    Oli Honda CVTF
    Oli Honda ATF
    Oli Honda BF Ultra

    Pemilik mobil Honda City bisa memakai oli Honda E-Pro Blue yang memiliki spesifikasi SAE 5W-30.

    OtoFriends bisa mengecek perubahan warna pada oli, mengecek getaran mesin, atau mengecek suara pada saat mobil dihidupkan