Memilih oli terbaik untuk mobil kamu memang membutuhkan banyak pertimbangan dan rekomendasi. Saat ini perusahaan oli sudah memproduksi oli dengan formula yang beragam, menggunakan berbagai teknologi yang membuat komponen mobil menjadi lebih awet dan kinerjanya semakin maksimal.

Termasuk untuk mobil matic milikmu. Mobil matik memang sebaiknya menggunakan oli transmisi khusus mobil matik. Salah satunya oli produksi Shell yang pada 2018 telah meluncurkan oli Shell matic. Yuk kita simak spesifikasinya.

Oli Shell Matic Spirax S5 ATF X

Pada 2018, Shell Lubricants telah meluncurkan Shell Spirax S5 ATF, yaitu oli transmisi khusus mobil matik. Pelumas ini didesain cocok untuk segala jenis mobil bertransmisi otomatis karena memiliki teknologi yang membuat komponen mobil matic menjadi berumur panjang.

Oli Shell matic ini sudah memenuhi syarat dari produsen Asia, Eropa, dan Amerika. Oli ini direkomendasikan untuk segala jenis mobil, seperti sedan, SUV, dan MPV. Oli Shell matic ini juga telah bersertifikat Aisin JWS 3309, 3309, Alison C-4, Ford MERCON LV dan MERCON V, General Motors Dexron III-H, JASO 1A dan 2A-02, serta Toyota T-III dan T-IV. Artinya oli Shell matic ini cocok digunakan pada mobil matik konvensional maupun jenis powershift.

Oli matic dengan bahan penyusun sintetis ini membuat gigi transmisi terlindungi dari korosi dan juga mencegah keausan mesin sehingga komponen bisa lebih awet. Selain itu juga dapat menjaga kinerja transmisi gigi menjadi lebih stabil meskipun dalam kondisi panas sekalipun. Bahan bakar pun menjadi lebih awet karena oli yang tidak mudah menguap.

Harga oli ini juga cukup terjangkau, hanya Rp78 ribu per liter. Sebagai tambahan informasi, mobil matic mungkin membutuhkan 2-4 liter oli transmisi. Kamu bisa mendapatkan oli ini di bengkel oli terdekat.

Daftar Oli Shell

Selain oli Shell matic di atas, Otoklix juga akan memberikan rekomendasi oli Shell lainnya yang bisa digunakan pada mesin mobil matic kamu. Oli-oli ini tentu berbeda dengan oli transmisi seperti Spirax S5 ATF X di atas, daftar ini adalah daftar oli mesin produksi Shell.

Baca Juga: Daftar Harga Oli Shell Terbaru 2022

1. Shell Helix HX7 10W-40

Oli mesin ini cocok untuk kendaraan roda empat berbahan bakar bensin, diesel, biodiesel, dan campuran bensin atau etanol. Shell Helix HX7 10W-40 ini dibanderol dengan harga Rp315 ribu untuk kemasan 4 liter.

Oli jenis semi sintetis ini telah menggunakan teknologi Active Cleansing yang mampu membersihkan mesin dari kerak sisa pembakaran. Kendaraan yang cocok menggunakan Shell Helix HX7 ini adalah mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun.

2. Shell Helix HX5 15W-40

Oli ini juga tersusun dari bahan full sintetis. Shell Helix HX5 15W-40 ini mampu melindungi mesin dari keausan dan dapat mencegah penumpukan lumpur pada mesin.

Sama seperti HX7, oli ini juga cocok digunakan untuk mobil dengan bahan bakar bensin, diesel, biodiesel, dan campuran bensin. Dengan harga Rp199 ribu per 4 liter, oli ini tergolong oli full sintetis dengan harga terjangkau.

3. Shell Helix HX8 5W-30

Oli full sintetis produksi Shell ini juga cocok digunakan pada mobil bensin, diesel, biodiesel, dan campuran bensin. Oli ini menggunakan teknologi Flexi Molecule Technology yang berfungsi melindungi mesin terhadap segala kondisi saat berkendara dan juga memberikan perlindungan korosi 78% lebih baik dari oli sejenis. 

Oli ini 30% lebih cepat bekerja ketika mobil distarter juga menghindari gejala knocking pada mobil turbocharge. Shell Helix HX8 5W-30 ini dibanderol RP 450 ribu untuk kemasan galon 4 liter.

4. Shell Helix HX7 Plus 5W-40

Satu lagi seri HX7 dengan kekentalan berbeda. Oli ini juga telah menggunakan teknologi Flexi Molecule yang menjadikan mesin dapat beradaptasi dalam segala kondisi. Oli ini juga mampu melindungi mesin dari keausan 40% lebih baik daripada standar industri dan juga diklaim 58% lebih baik dalam menjaga oli tetap seperti baru.

Shell Helix Plus 5W-40 ini cocok untuk kendaraan modern yang digunakan untuk perjalanan jarak jauh maupun dalam perkotaan. Harga kemasan 3,5 liter dibanderol dengan harga sekitar Rp285 ribu.14. Shell 0W

5. Shell Helix Ultra 0W-20

Oli satu ini cocok digunakan untuk mobil dengan mesin turbocharge. Shell Helix 0W-20 ini dirancang dengan teknologi PurePlus yang menggunakan 99.5% gas alam dan dapat memberikan kekuatan akselerasi pada kendaraan. Oli ini adalah oli Shell dengan spesifikasi terbaik.

Baca Juga: Spesifikasi Oli Shell Helix HX7 untuk Mobil Bensin

Shell mengklaim oli ini mampu melindungi komponen dari gesekan 60% lebih baik dari oli full sintetis lainnya. Selain itu juga dapat melindungi dari suhu ekstrem, mulai minus 40 sampai dengan 1000 derajat celcius. Oli ini juga termasuk ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbondioksida menjadi  lebih rendah. Harga oli Shell terbaik ini cukup mahal, Rp790 ribu untuk kemasan 4 liter.

Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru

Ada banyak tipe oli mobil Shell yang beredar di pasaran, semuanya punya teknologi yang berbeda dan spesifikasi yang beragam untuk kebutuhan masing-masing mobil. Kenali dulu satu per satu sebelum memilihnya untuk mobil kesayangan Anda.

Dengan teknologi ini membuat oli mobil Shell bisa memproteksi komponen bagian dalam mesin sehingga mengurangi gesekan dan korosi akibat sisa pembakaran. Kondisi yang demikian tentu akan menghasilkan mesin yang tetap terjaga performanya, usia pakai mesin menjadi lebih lama, serta bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Tapi tahukah kamu perbedaan dari oli mobil shell matic berwarna kuning dan biru ? Saat ini oli Shell kuning tersedia dalam dua varian yaitu, Shell Helix HX5 15W-40 dan HX6 10W-40. Sedangkan oli Shell biru tersedia hanya satu varian yaitu Shell Helix HX7 5W-40.

Nah berikut rangkuman dari Otoklix tentang perbedaan dari oli shell berwarna kuning dan biru:

Teknologi yang Diberikan 

Perbedaan oli Shell kuning dan Biru yang pertama adalah teknologi aditif yang ditambahkan kedalam masing-masing oli. Untuk oli Shell Helix HX6 (Shell kuning), teknologi aditif yang ditambahkan berupa Active Cleansing Technology yang mampu menjaga ruang mesin bersih dari kerak sisa hasil pembakaran.

Sedangkan pada oli Shell Helix HX7 (Shell biru), teknologi aditif yang ditambahkan adalah Flexi Molecule Technology yang dapat melindungi mesin dari keausan dan diklaim 40% lebih baik dari standar industri. Selain itu, Teknologi aditif ini juga diklaim mampu menjaga karakteristik oli agar terus seperti baru sekitar 58% lebih lama dari yang lainnya.

Bahan Dasar Oli

Perbedaan selanjutnya ada pada bahan dasar oli. Di mana oli Shell kuning (Shell Helix HX6) merupakan oli mineral-sintetik yang menggunakan bahan dasar campuran dengan penambahan sintesa hasil rekayasa kimia seperti misalnya bahan ester, diester, hingga polyolester. Bisa dibilang oli ini masuk kedalam kategori semi-sintetik.

Sedangkan oli Shell biru (Shell Helix HX7) merupakan oli full sintetik murni yang mengandalkan unsur-unsur kimia sebagai bahan dasar pembuatan olinya. Ini artinya, oli Shell Helix HX7 full sintetik ini seluruhnya murni dibuat dengan menggunakan bahan-bahan sintesa hasil rekayasa kimia seperti ester, diester, hingga polyolester tadi (tidak ada campuran lain yang berasal dari bahan oli mineral) .

Baca Juga: Cara Cek Oli Shell Asli. Perhatikan 7 Tips Penting Ini!

Bahan dasar oli ini cukup berpengaruh terhadap kinerja dan performa oli secara keseluruhan, baik dalam kemampuannya untuk melumasi mesin, pembersihan mesin, pencegahan karat mesin, dan beberapa hal lainnya. Oli full sintetik diketahui memiliki kemampuan melindungi mesin yang lebih baik dibanding dengan oli semi-sintetik atau oli yang masih berbahan dasar mineral.

Harga Pembelian

Perbedaan selanjutnya dari oli Shell berwarna kuning dan biru terlihat dari harga jualnya. Yap benar, harga oli Shell kuning (HX6 10W-40) isi 4 liter berkisar antara 250-350 ribu rupiah per botol. Sedangkan harga oli Shell biru (HX7 5W-40) isi 4 liter, berkisar antara 350-450 ribu rupiah per botol.

Tingkat Kekentalan Oli

Perbedaan oli Shell kuning dan biru yang terakhir adalah dari tingkat kekentalannya. Untuk oli Shell kuning (HX6), ia memiliki SAE 10W-40. Sedangkan oli Shell biru (HX7), memiliki SAE 5W-40.

Nilai SAE ini bisa kita lihat dari kode angka pertama yaitu 10 (HX6) dan 5 (HX7), sedangkan W artinya Winter (musim dingin). Disini, kita bisa melihat bahwa oli Shell kuning (HX6) memiliki nilai 10 yang lebih besar dari Shell biru (HX7) yang hanya bernilai 5. Jadi, oli Shell kuning lebih kental dibanding oli Shell biru.

Ini artinya, oli Shell kuning (HX6) cenderung lebih cocok digunakan untuk mesin dengan teknologi sistem pelumasan yang tidak terlalu rumit. Sedangkan oli Shell biru (HX7) cenderung lebih cocok digunakan untuk mobil yang mesinnya menggunakan sistem pelumasan yang lebih rumit dan membutuhkan oli yang lebih encer.

Perlu diketahui bahwa semakin encer oli mesin, maka kemampuannya untuk mengalir kedalam lubang-lubang orifice yang kecil di dalam mesin akan semakin baik. Selain itu, oli yang nilai SAE-nya rendah juga akan mempermudah kemampuan start mesin saat cuaca dingin.

Oleh karenanya, oli mesin dengan nilai SAE yang rendah sangat cocok digunakan pada mesin-mesin mobil modern dengan teknologi variable valve timing yang menggunakan Oil Control Valve.

Oil Control Valve memiliki jalur lubang oli yang kecil-kecil. Sedangkan oli yang SAE-nya lebih tinggi cenderung lebih cocok untuk mesin mobil yang sistem pelumasan olinya lebih sederhana.

Itu dia OtoFriends perbedaan dari oli Shell matic berwarna kuning dan biru. Dari perbedaan itu bisa dilihat bahwa kedua oli tersebut memiliki kekurang dan kelebihannya masing-masing.

Selain itu, peruntukan kedua oli tersebut juga berbeda. oli Shell Helix HX7 5W-40 merupakan oli full sintetik yang lebih encer dari HX6 dengan kemampuan yang condong lebih melindungi mesin dari keausan dengan mempertahankan tingkat kebaruan oli selama dipakai.

Sedangkan oli Shell Helix HX6 10W-40 merupakan oli sintetik yang lebih kental dari HX7 dengan kemampuan utama untuk menjaga ruang mesin dari kerak sisa pembakaran.

Nah itu tadi tentang oli Shell matic dan oli Shell lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mobil matic kamu. Kamu bisa ganti oli Shell melalui Otoklix! Oli yang ada di bengkel kerja sama Otoklix dijamin ori dengan harga lebih murah pula.

Pertanyaan Seputar Oli Shell Matic 

Oli Mobil Shell Helix Astra 10W-30 [4 Liter] Shell Helix Astra 10W-30 ini telah diformulasikan secara khusus untuk mobil berbahan bakar bensin dengan kondisi berkendara di Indonesia.

Oli Shell Helix HX6 cocok digunakan pada mobil mesin bensin, diesel, gas, bahkan biodiesel.

Untuk harga oli mobil Shell, saat ini berkisar Rp 108,1 ribu hingga Rp 301 ribu per liter tergantung tipenya.