Mobil memiliki banyak komponen yang dapat mengatur kinerja mobil. Komponen tersebut saling bekerja agar bisa menggerakkan mobil dengan maksimal. Berikut bagian-bagian mobil yang perlu diketahui.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Komponen-Komponen Penting dalam Mobil

1. Aki

Aki adalah pusat tenaga listrik dari mobil ketika mesin tidak aktif. Mesin mobil tidak akan bisa dihidupkan tanpa adanya arus listrik. Oleh sebab itu, aki berfungsi sebagai sumber tenaga listrik pada mobil.

2. Radiator

Radiator merupakan sistem pendingin cair yang berfungsi menyerap panas dari mesin. Dengan demikian, mobil dapat bekerja maksimal dan panas mobil tetap stabil karena ada radiator.

3. Ban

Ban merupakan komponen mobil yang terhubung langsung dengan jalan. Ban yang berkualitas memiliki daya cengkram yang kuat, sehingga kontrol pengemudi terhadap mobil juga kian bagus.

4. Rem

Rem berfungsi untuk menurunkan kecepatan yang terlalu tinggi. Agar rem tetap terawat, ganti kampas rem secara teratur.

5. Transmisi

Transmisi adalah sistem pemindah tenaga yang meneruskan putaran mesin ke poros  propeler. Untuk merawat sistem transmisi, ganti oli transmisi secara teratur.

6. Suspensi

Suspensi berfungsi untuk mempertahankan kenyamanan mobil. Sistem suspensi yang baik dapat meminimalisir guncangan ketika melewati jalan yang tidak rata.

7. Alternator

Alternator adalah dinamo pembangkit tenaga listrik ketika mesin mobil hidup. Alternator berfungsi mengisi muatan listrik pada aki. Namun, waspada apabila konsol dashboard menunjukkan gambar aki menyala. Hal itu menunjukkan ada masalah pada listrik mobil dan bisa jadi disebabkan oleh alternator.

Baca juga: 17 Bagian Bagian Mobil, Komponen, Sistem, dan Fiturnya

8. Powertrain Control Module (PCM)

PCM berfungsi sebagai pusat informasi dalam sebuah mobil. Perangkat tersebut menerima data dari seluruh sensor mobil, termasuk laju aliran bahan bakar.  Biasanya mobil-mobil modern sudah memiliki komponen ini. 

9. Kolom kemudi

Kolom kemudi adalah perangkat penting yang dapat menghubungkan pengendara dengan kendaraan. Kolom kemudi memiliki pusat aktivator perangkat mobil seperti lampu, wiper, hingga gear shifter (khusus kemudi sebelah kiri).

10. Fuel Injection

Fuel Injection berfungsi memompa bahan bakar dalam tekanan tinggi dari tangki bahan bakar ke injektor.

Bagian-bagian dalam mobil

1. Start engine

Kunci kontak (start engine) terletak di dashboard, tepatnya di kanan bawah setir mobil. Cukup masukkan kunci mobil untuk menyalakan kendaraan. Selain itu, bisa juga dengan menekan tombol pada bagian dashboard. Hal itu tergantung jenis mobil yang digunakan, baik keluaran baru maupun keluaran lama.

2. Lampu indikator

Lampu indikator mobil adalah salah satu komponen yang ada di dashboard. Posisi lampu indikator tepat di depan pengendara. Fungsi lampu indikator adalah untuk menunjukkan temperatur mesin, pintu, indikator airbag, rem, check engine, RPM, speedometer, sabuk pengaman, dan odometer.

3. Steering wheel

Steering wheel atau setir kemudi merupakan salah satu elemen interior pada mobil. Pengemudi harus rutin memeriksa apakah setir sejalan dengan gerak ban. Selain itu, cek juga apakah power steering bekerja dengan baik. 

4. Laci dashboard

Laci dashboard bisa jadi salah satu indikasi mobil terawat. Sebab, laci dashboard sering bersinggungan dengan pengendara. Laci yang berfungsi baik dan konsol yang minim dari kerusakan akan membuat fungsinya kian optimal.

5. Tuas transmisi

Tuas transmisi berfungsi untuk menggerakkan mobil ataupun menambah kecepatan. Untuk merawat sistem transmisi, gantilah oli transmisi secara berkala.

Baca juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

6. Head unit

Head unit yang terletak di dashboard mobil berfungsi untuk menyalakan fitur hiburan dalam kabin. Ada dua jenis head unit yang beredar di pasaran , yakni 1 DIN dan 2 DIN.

7. Tuas setir

Tuas setir berfungsi untuk mempermudah pengemudi dalam menyalakan beberapa fungsi kendaraan dengan cepat. Misalnya, menyalakan lampu depan ketika malam hari, memberikan tanda pada kendaraan dari arah berlawanan, menyalakan lampu sein kanan dan kiri, hingga menyalakan wiper.

8. Air Conditioner (AC)

AC adalah komponen interior yang berfungsi menambah kenyamanan dalam perjalanan. Oleh sebab itu, periksa AC secara berkala. Jangan sampai AC sering mati mendadak, atau mesin berderit ketika mobil dihidupkan. Sebab, hal itu mengindikasikan ada kerusakan pada komponen penyusun AC.

9. Jok dan karpet

Kursi dan jok dalam mobil biasanya dilapisi sarung kulit atau plastik. Pastikan kondisi jok dan karpet tetap terawat.  

10. Pusat kontrol fitur mobil

Bagian pusat kontrol fitur mobil terdiri dari pusat pengaturan AC hingga lampu. Bagian interior mobil ini harus dirawat secara rutin agar performanya tetap terjaga.

Fitur-Fitur Keselamatan pada Mobil

Saat ini banyak mobil yang dilengkapi fitur keselamatan yang canggih untuk meminimalisir kecelakaan. Bukan hanya seat belt, berikut fitur-fitur keselamatan yang ada di mobil.

1. Blind spot detector

Blind spot detector berfungsi membantu pengemudi untuk memonitor blind spot dari dalam mobil. Selain memaksimalkan area pandang pada spion, pengemudi mobil juga dapat menambah peranti lain, misalnya blind spot mirror atau blind spot detection system.

2. Airbag

Airbag dapat melindungi pengemudi dan penumpang di kabin ketika terjadi kecelakaan. Airbag akan melindungi bagian-bagian vital seperti kepala, leher dan dada. Fitur airbag akan otomatis aktif ketika terjadi benturan di sudut-sudut mobil tertentu. Saat terjadi benturan, airbag yang berisi gas nitrogen akan mengembang dengan cepat.

3. Daytime Running Light (DRL)

Daytime Running Light merupakan fitur keselamatan berupa lampu LED berwarna putih. DRL akan menyala otomatis saat mesin mobil dinyalakan. DRL tidak hanya berfungsi sebagai penerang, melainkan juga sebagai penanda mobil lebih mudah dikenali atau dilihat oleh pengguna jalan lain.

Baca juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

4. Autonomous Emergency Braking (AEB)

AEB dapat mendeteksi kondisi jalan selama perjalanan berlangsung. Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan rem secara otomatis ketika pengemudi gagal menghindari bahaya di sekitar mobil.

5. Child lock

Child lock adalah fitur keselamatan untuk penumpang anak yang berfungsi mengunci pintu mobil. Dengan demikian, pintu tersebut tidak bisa dibuka sendiri dari dalam.

6. Rare view mirror

Rear view mirror berfungsi untuk memberikan pandangan yang luas ke arah belakang mobil yang tidak bisa dilihat lewat spion samping atau spion tengah. Fitur tersebut sangat berguna untuk melihat jalanan saat malam hari.

7. Electronic stability control

Fitur tersebut memiliki fungsi membantu pengemudi ketika mobil hilang kontrol. Sensor dari fitur tersebut secara otomatis mengaktifkan rem apabila dibutuhkan, kemudian mengarahkan mobil kembali ke jalur yang benar.

8. Anti-Lock Braking System Anti-lock braking system (ABS)

ABS adalah fitur yang mengontrol sistem pengereman pada mobil ketika terjadi penguncian roda saat mobil direm mendadak. ABS dapat membantu mengendalikan mobil dan menghindari ban mobil terkunci. Hal itu tentu bisa meminimalisir terjadinya slip.

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian mobil beserta fungsinya. Jangan lupa lakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel terdekat. Lakukan reservasi online melalui aplikasi Otoklix dan dapatkan berbagai penawaran menarik!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar bagian-bagian mobil

Mesin mobil memiliki banyak komponen, seperti Kepala Silinder (Cylinder Head), Blok Silinder (Cylinder Block), Bak Engkol Mesin (Crankcase), Torak (Piston), Cincin Torak (Ring Piston), hingga Poros Engkol (Crank Shaft).

Blok silinder berfungsi menjadi tempat naik turunnya piston. Bentuk lubang silinder akan menyesuaikan bentuk piston. Lalu, piston akan naik turun dalam lubang silinder itu. Pastikan lubang silinder halus dan licin agar piston bisa bekerja dengan baik.

Oil feed adalah jalur oli yang terbentuk ketika pembuatan blok mesin bersama water jacket. Letak oil feed berada di dalam blok silinder.