Salah satu alasan dibangunnya jalan tol adalah untuk menghubungkan antar wilayah sehingga akses perekonomian suatu daerah ikut meningkat. Pemerintah sedang fokus membangun infrastruktur jalan tol di semua Pulau di Indonesia.

Menurut situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), hingga 2022 kemarin Indonesia memiliki 66 ruas tol yang sudah beroperasi aktif dengan total panjang sekitar 2.500 kilometer. Tentu saja jumlah ini meningkat dari pertama kali jalan tol dibangun di tahun 1978.

Dengan adanya jalan tol, mobilitas masyarakat khususnya pada aspek perekonomian jauh lebih mudah karena dapat memangkas waktu perjalanan. Selain unsur perekonomian, ada tujuan dan manfaat lain mengapa dibangun. Yuk, cari jawabannya pada artikel berikut ini.

Baca juga: Resmi Dibuka, Berapa Tarif Tol Cijago?

Tujuan Pembangunan Jalan Tol

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan khusus kendaraan bermotor roda 4 ke atas seperti mobil, bus, hingga truk. Secara spesifik, ada 7 tujuan pembangunan jalan, antara lain sebagai berikut.

1. Masalah Kemacetan Teratasi

Kemacetan merupakan persoalan setiap tahun yang belum sepenuhnya terselesaikan. Meski begitu, pemerintah sudah melakukan upaya-upaya untuk menekan tingkat kemacetan di Indonesia melalui pembangunan jalan tol.

OtoFriends yang hendak melakukan perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat dapat memangkas waktu perjalanan. Selain itu, istilah tol tengah kota atau tol yang berada di tengah lalu lintas di ibu kota juga menjadi solusi kemacetan ibu kota yang cukup efektif.

2. Memberikan Kemudahan Mobilitas

Aktivitas setiap masyarakat berbeda-beda. Ada yang hanya melakukan aktivitas sehari-harinya di dalam kota, namun tak sedikit juga yang melakukan perjalanan lintas kota atau kabupaten dengan jarak yang cukup jauh.

Dengan pembangunan jalan tol, maka membantu masyarakat yang hendak melakukan aktivitas di luar kota atau kabupaten jadi dapat memangkas waktu perjalanan berjam-jam.

3. Memberikan Akses Lintas Daerah

Selain menghubungkan kota atau kabupaten, jalan tol juga memberikan kemudahan untuk kita yang hendak bepergian ke luar daerah, misalnya saja dari Jakarta menuju ke Yogyakarta. Kita dapat menggunakan mobil pribadi dan melintasi jalan tol saat akan pergi ke Yogyakarta.

Dengan begitu, jalan tol berpotensi meningkatkan pariwisata karena masyarakat memiliki akses yang mudah untuk menggapai tempat-tempat wisata yang berada di luar daerah.

4. Pemerataan Distribusi Barang, Jasa, atau Pelayanan

Salah satu alasan dibangunnya jalan tol adalah untuk meratakan penyebaran barang, jasa atau pelayanan agar tidak berpusat pada wilayah ibu kota saja. Sebagai contoh industri kargo dan logistik yang mendapatkan kemudahan akses lintas kota/kabupaten atau lintas daerah dengan dibangunnya jalan tol.

5. Mensukseskan Program Pembangunan Negeri

Jalan tol termasuk ke dalam infrastruktur yang dibutuhkan suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Untuk memajukan suatu daerah, hal paling pertama yang dibutuhkan adalah kemudahan akses untuk menjangkaunya. Oleh karena itu, perencanaan pengembangan infrastruktur setiap tahunnya selalu ada.

Sebagai contoh 3-4 tahun terakhir pemerintah sedang fokus dan sibuk untuk memperluas pembangunan jalan tol, termasuk pembangunan jalan tol di luar Pulau Jawa seperti Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera dan Pulau Sulawesi.

Dengan adanya jalan tol tersebut, maka setiap daerah di Indonesia berkesempatan untuk menyejahterakan rakyatnya karena peningkatan aktivitas perekonomian dan sosial.

6. Pemerataan Pertumbuhan Penduduk dan Daerah Berkembang

Salah satu alasan dibangunnya jalan tol adalah memudahkan beban pemerintah karena dengan sendirinya masyarakat rela untuk pindah dari daerah yang padat penduduk menuju daerah yang masih sepi penduduk.

Umumnya masyarakat enggan berpindah ke daerah yang sepi karena faktor akses menjangkau daerah tersebut yang terbatas sehingga sulit untuk menjalankan bisnis dan perekonomian di sana. 

Namun, bila suatu daerah sepi telah dilengkapi infrastruktur yang memadai seperti jalan tol maka masyarakat tidak perlu berpikir dua kali untuk pindah ke daerah tersebut.

Secara tidak langsung, pemerataan pertumbuhan penduduk akan terjadi. Sejalan dengan itu maka daerah yang tadinya berstatuskan daerah tertinggal kini berubah menjadi daerah berkembang.

Baca juga: Terbaru! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Beserta Golongannya

Manfaat Pembangunan Jalan Tol

Sementara itu, manfaat pembangunan jalan tol sendiri berkaitan dengan peningkatan dan perkembangan perekonomian daerah tersebut dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap perekonomian negara. Berikut ini manfaat-manfaat pembangunan jalan tol.

7. Menghemat Biaya Operasi Kendaraan (BOK)

OtoFriends yang memiliki bisnis atau anak perusahaan di wilayah lain akan sangat terbantu dengan kehadiran jalan tol ini. Sebab kita dapat berhemat biaya operasi kendaraan (BOK).

Misalnya saja kita memiliki perusahaan ekspedisi dan logistik yang akan mengirimkan barang dari Jakarta ke Bandung. Maka cukup menggunakan satu truk saja kita dapat mengirimkan barang dari Jakarta ke Bandung, kemudian kembali lagi dari Bandung ke Jakarta dengan membawa barang lain yang perlu dikirim ke Jakarta.

8. Meningkatkan Daya Tarik Investor

Suatu daerah atau wilayah yang memiliki akses jalan bagus biasanya banyak dilirik oleh investor-investor untuk memulai bisnis di daerah tersebut. Mulai dari bisnis perumahan atau apartemen, pembangunan pusat perbelanjaan atau mall, pembangunan pabrik hingga pengembangan pariwisata setempat.

Dengan membuka akses jalan penghantar antar daerah tersebut, maka akan dengan mudah perekonomian daerah tersebut berkembang. Pemerintah juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar sehingga jaminan kesejahteraan meningkat.

9. Memajukan Perekonomian

Terakhir, salah satu alasan dibangunnya jalan tol adalah untuk meningkatkan dan menyamaratakan perkembangan perekonomian antara daerah satu dengan yang lain sehingga berpengaruh langsung terhadap perekonomian negara.

Sebab, dengan hadirnya jalan tol maka transportasi pengiriman barang atau layanan jasa terhadap daerah tertentu akan berjalan dengan lancar. 

Perbedaan harga antar daerah pun tidak terlalu besar. Meski inflasi setiap tahun masih terus menghantui, namun dengan pemerataan pembangunan jalan tol maka pemerintah dapat menekan masalah inflasi tersebut.

Baca juga: Mengenal MLFF, Bayar Tol Tanpa Berhenti Pengganti E-Toll

Bagaimana Cara Mengatasi Mobil Mogok Di Jalan Tol?

Kerap kali saat melakukan perjalanan dinas atau perjalanan keluar kota, kita akan memilih jalan tol sebagai alternatif jalan untuk mempersingkat waktu tempuh. Namun, bagaimana bila mobil mati mendadak atau mogok di jalan tol?

Jasa Marga selaku perusahaan yang mengembangkan dan mengelola jalan tol menyediakan layanan mobil derek bagi pengguna jalan tol yang mendapati mobilnya mati mendadak atau mogok.

Sayangnya, mobil derek dari Jasa Marga hanya memfasilitasi penderekan mobil sampai pintu tol terdekat sehingga kita tetap harus mencari bengkel terdekat sendiri.

Otoklix dapat dihandalkan di saat-saat darurat seperti mobil mogok di jalan tol. Tinggal hubungi tim Otoklix melalui aplikasi Otoklix.

Kemudahan lain yang diberikan pelanggan setia Otoklix yakni booking service secara online yang bisa kita lakukan di mana saja melalui smartphone. Tak ada lagi alasan antrian panjang saat menservis mobil!

Pertanyaan Seputar Salah Satu Alasan Dibangunnya Jalan Tol Adalah :

Salah satu alasan dibangunnya jalan tol adalah untuk mempermudah pemerataan distribusi barang dan layanan jasa terhadap suatu daerah sehingga menarik perhatian investor untuk turut andil mengembangkan perekonomian daerah tersebut.

Manfaat pembangunan jalan tol berkaitan erat dengan faktor perekonomian suatu daerah. Adapun manfaatnya antara lain menghemat biaya operasi kendaraan (BOK), meningkatkan daya tarik investor terhadap suatu daerah, dan memajukan perekonomian.

Adapun dampak positif dengan dibangunnya jalan tol antara lain mengatasi persoalan kemacetan, memberikan kemudahan akses lintas kota/kabupaten atau daerah, pemerataan distribusi barang dan jasa hingga pemerataan pertumbuhan penduduk.