Bagi masyarakat urban mobil menjadi sarana untuk menunjang mobilitas sehari-hari, dan tidak heran jika di keluarga besar memiliki 2 mobil bahkan lebih. Dengan ini, memiliki garasi menjadi keharusan. Fungsi garasi adalah sebagai tempat menyimpan kendaraan OtoFriends untuk menghindari dari cuaca dan hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi.

Ketika membuat garasi mobil, OtoFriends harus memiliki perencanaan yang tepat karena jika tidak, fungsi garasi tidak akan optimal. Selain mempertimbangkan ukuran, OtoFriends juga harus mempertimbangkan akses keluar masuk mobil dari garasi dan aktifitas lalu lalang di garasi. Untuk itu, ketepatan ukuran sangat penting untuk garasi 2 mobil. Nah, buat OtoFriends yang akan membuat garasi untuk 2 mobil, berikut ukuran ideal garasi untuk 2 mobil.

Fungsi Garasi di Rumah

Bagi pengguna mobil sebagai aktifitas penunjang sehari-hari, perlu dipertimbangkan untuk memiliki garasi sendiri di rumah. Fungsi garasi adalah sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor dari cuaca, dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan atau pencurian, dan menghindari parkir liar yang mengganggu akses umum. Jika OtoFriends memiliki 2 mobil berikut ukuran ideal garasi yang diperlukan.

Ukuran Ideal Garasi 2 Mobil

Ketika membuat garasi dengan kapasitas 2 mobil, OtoFriends harus mempertimbangkan ketersediaan lahan yang akan digunakan karena akan menentukan bentuk garasi yang akan dibangun yakni melebar atau memanjang. Ukuran Garasi 2 mobil yang ideal, harus tetap mengacu pada ukuran standar mobil besar seperti pajero sport dan mobil sejenisnya. Perlu diingat juga untuk menambahkan 80cm sampai 100 cm sebagai ruang antar mobil agar akses lalu lalang tetap lancar. 

Jika OtoFriends lebih suka garasi dengan ukuran melebar, berikut standar ukurannya 

Panjang 6 meter

Lebar 5,5 meter

Tinggi 3 meter

Jika OtoFriends lebih suka garasi dengan ukuran yang memanjang, berikut ukuran standar ukurannya

Panjang 11,5 meter

Lebar 3 meter

Tinggi 3 meter

Kelemahan garasi untuk 2 mobil dengan model memanjang ini dirasa kurang efisien karena akses keluar masuk sangat terbatas untuk mobil yang berada dibelakang. Nah jika lahan OtoFriends tercukupi, opsi garasi 2 mobil dengan bentuk melebar jadi lebih tepat. 

Tips Membuat Garasi Ideal untuk 2 Mobil

Tentukan Jenis Lantai yang Tepat

Agar garasi berfungsi secara optimal, OtoFriends juga harus mempertimbangkan jenis lantai yang akan dipakai. Lantai yang digunakan untuk garasi sangat bervariasi seperti keramik kasar, lantai beton, lantai batu koral atau lantai semen ekspose. 

Setiap jenis lantai memiliki daya tahan dan fungsi anti slip masing-masing. Untuk itu OtoFriends harus memilih material yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. OtoFriends juga bisa memilih jenis lantai yang tidak licin apabila terkena air agar akses mobil di garasi jadi lebih mudah sehingga fungsi garasi menjadi optimal. 

Gunakan Design yang Fungsional

Design garasi untuk 2 mobil harus diperimbangkan dengan baik. Design sangat berkaitan dengan akses mobil di dalam garasi agar tidak menganggu akses lalu lalang di dalam garasi. Ada beberapa point yang harus diperhatikan saat membuat design garasi, diantaranya: 

  1. Bentuk lahan yang digunakan 

Bentuk garasi memanjang atau melebar memiliki gaya design yang berbeda, untuk itu OtoFriends harus memastikan bentuk mana yang akan digunakan.

  1. Pemilihan lantai garasi

Dianjurkan memilih lantai dengan ketebalan yang cukup untuk menampung 2 mobil. 

  1. Ventilasi udara

Atur sirkulasi udara dengan tepat agar kondisi mobil tetap baik dan awet.

  1. Model pintu garasi

Pilih model pintu garasi yang awet dan mudah untuk dibuka-tutup pada jangka waktu yang panjang. 

  1. Tata letak kabinet penyimpanan barang

Agar barang-barang yang berkaitan dengan mobil bisa terakomodir dengan baik, diperlukan kabinet-kabinet sebagai tempat penyimpanan. 

Nah, OtoFriends dengan penjelasan tentang ukuran garasi 2 mobil diatas, garasi OtoFriends semakin siap digunakan dan tetap lega untuk 2 mobil sekaligus. 

Agar OtoFriends tidak tertinggal mengenai info seputar bengkel mobil dan otomotif, kunjungi blog Otoklix.com di website dan di aplikasi Otoklix serta dapatkan voucher servis mobil dan info menarik lainnya. Otoklix partner otomotif terpercaya kamu.