Cara membersihkan jok mobil yang berjamur menjadi salah satu bagian penting saat merawat interior mobil. Sebab, jika tidak dijaga kebersihannya jok mobil bisa berjamur. Apalagi di musim penghujan, cuaca dingin dan udara lembab di dalam mobil berisiko meningkatkan pertumbuhan jamur di bagian-bagian interior mobil.

Jok yang berbahan dasar kain paling rentan berjamur jika tidak sering dibersihkan. Oleh sebab itu, membersihkannya secara rutin dan memastikan jok selalu kering dapat membantu mencegah perkembangan jamur.

    Baca juga: 5 Tips Memilih Jok Mobil, Mulai dari Tipe Hingga Fitur

    Namun, jok mobil yang sudah terlanjur berjamur harus segera diatasi agar jamur tidak berkembang secara luas. Lalu bagaimana cara membersihkan jok mobil yang berjamur? Simak ulasannya sebagai berikut.

    Peralatan untuk Membersihkan Jok Mobil Berjamur

    Hal pertama yang diperlukan untuk membersihkan jok mobil berjamur adalah menyiapkan peralatan. Ada beberapa peralatan yang perlu OtoFriends siapkan, diantaranya yaitu:

    1. Vacuum cleaner atau penyedot debu (jika tersedia)

    2. Sikat berbulu halus

    3. Cairan pembersih jamur

    4. Cairan pemutih pakaian

    5. Sabun cuci piring

    6. Spons cuci piring

    7. Kain microfiber

    8. Masker

    9. Air hangat

    Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur

    Cara membersihkan jok mobil yang berjamur tentunya harus menyesuaikan jenis bahan yang digunakan. Alangkah lebih baiknya sebelum memulai membersihkan jok yang berjamur, kenakan masker agar jamur tidak terhirup oleh hidung. Selain itu, pastikan seluruh pintu mobil dalam keadaan terbuka agar mendapatkan sirkulasi udara.

    Baca juga: Cara Cuci Jok Mobil, Harus Sesuai Bahannya Ya!

    1. Jok mobil berbahan kulit

    Cara membersihkan jok mobil yang berjamur berbahan kulit lebih mudah dibandingkan jok berbahan kain karena tidak perlu lama saat mengeringkan.

    Caranya dengan menggunakan kain halus seperti microfiber. Kemudian, basuh atau lap permukaan jok mobil yang berjamur secara perlahan dengan air hangat. Apabila jamur masih tetap ada di lapisan jok mobil, kita bisa menambahkan cairan pembersih jamur yang tersedia di pasaran. 

    OtoFriends juga bisa menggunakan cairan campuran antara sabun cuci piring dengan pemutih pakaian. Lap bagian jok hingga jamur terangkat, lalu keringkan.

    2. Jok mobil berbahan beludru

    Sementara untuk cara membersihkan jok mobil berbahan beludru yang berjamur bisa dilakukan dengan menyemprot cairan pembersih jamur. Setelah itu, sikat dengan sikat berbulu halus untuk mengangkat jamur dari jok mobil secara searah agar tidak merusak bahan beludru.

    Jika jamur berhasil terangkat, lap jok mobil dengan lap kering. Setelahnya jemur jok mobil di tempat panas. Pastikan, jok mobil kering dan tidak lembab sehingga jamur tidak kembali tumbuh. Sebaiknya lepas kursi mobil untuk memudahkan proses pembersihan.

    3. Jok mobil berbahan vinyl

    Membersihkan jamur pada jok mobil berbahan vinyl cukup mudah yakni dengan menggunakan kain halus yang diberi cairan pembersih jamur. Lap bagian jok mobil yang berjamur hingga jamur terangkat, kemudian lap dengan menggunakan kain kering.

    Jika masih ada jamur yang membandel, OtoFriends bisa menambah cairan pemutih pakaian yang dicampur dengan air. Setelah itu, semprotkan kembali cairan pembersih dan lap dengan kain kering.

    4. Jok mobil berbahan tenun atau nilon

    Membersihkan jamur pada jok mobil berbahan tenun atau nilon bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih di bagian permukaan jok yang berjamur. Setelah itu, sikat secara perlahan dan searah dengan sikat berbulu halus hingga jamur terangkat. Kemudian bilas jok mobil yang sudah dibersihkan, lalu keringkan. Pastikan gosok secara searah dan perlahan agar tidak merusak tekstur kain jok mobil.

    Tips Mencegah Jok Mobil Berjamur

    Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada jok mobil. Mengingat jok merupakan bagian penting yang menyangkut kenyamanan, maka kebersihannya sudah patut untuk dijaga.

    1. Bersihkan jok mobil secara berkala

    Untuk mencegah jok mobil berjamur, kamu harus membersihkan interior mobil secara rutin. Sebab, jamur muncul jika jok mobil tidak dijaga kebersihannya. 

    Baca juga: Biaya Service Interior Mobil dan Cara Merawat secara Rutin

    Tidak perlu menunggu hingga jok mobil sampai berjamur. Selain proses pembersihannya akan lebih sulit, jok berjamur juga bisa berdampak pada masalah kesehatan pengemudi maupun penumpang.

    2. Jaga jok mobil selalu dalam keadaan kering

    Cara mencegah jok mobil tidak berjamur berikutnya yaitu dengan memastikan jok mobil selalu dalam keadaan kering, tidak lembab, maupun basah. Sebab, jamur biasanya muncul di tempat yang lembab dan basah. Karena itu, jika jok mobil kamu ketumpahan air atau lembab segera bersihkan dan keringkan jok mobil sebelum jamur bersarang.

    3. Pastikan mobil dalam keadaan rapat

    Cuaca dingin dan kelembaban di musim hujan bisa memicu pertumbuhan jamur pada interior mobil, salah satunya jok mobil. Karena itu, pastikan mobil selalu dalam keadaan tertutup rapat agar tidak ada air hujan masuk yang membuat kabin mobil menjadi lembab.

    4. Bersihkan interior mobil di tempat cuci mobil

    Jika OtoFriends tidak punya cukup waktu untuk membersihkan interior mobil secara berkala, tidak ada salahnya membawa mobil ke tempat cuci mobil atau bengkel cuci mobil terdekat.

    Biasanya, tempat cuci mobil sudah pengalaman membersihkan interior mobil dan juga jok mobil yang berjamur. Selain praktis, kita juga tidak perlu keluar tenaga membersihkan interior mobil. Tetapi jangan lupa, siapkan anggaran lebih untuk ongkos cuci mobil secara berkala.

    Nah, itu dia berbagai alasan kenapa penting untuk OtoFriends tahu bagaimana cara membersihkan jok mobil yang berjamur. Selain mencegah tumbuhnya jamur, mobil harus dibersihkan secara berkala demi ketahanan mobil dan kenyamanan dalam berkendara.

    Sebab, kebersihan mobil akan berpengaruh terhadap masa pakai komponen mobil. Jika mobil kotor dan tidak terawat, akan mengalami banyak masalah terutama performa pada komponen-komponen mobil seperti karat atau cat bodi cepat memudar.

    Selain menjaga kebersihan mobil, kita juga perlu secara rutin melakukan perawatan mobil secara berkala. Tidak perlu khawatir mencari bengkel terdekat, aplikasi Otoklix bisa membantu memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat.

    Pertanyaan Seputar Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur

    Jok mobil yang berjamur bisa dibersihkan sesuai dengan jenis bahan jok mobil itu sendiri.

    Cara membersihkan jok mobil kulit yang berjamur bisa menggunakan kain halus seperti microfiber. Kemudian, basuh atau lap permukaan jok mobil yang berjamur secara perlahan dengan air hangat. Apabila jamur masih tetap ada di lapisan jok mobil, kita bisa menambahkan cairan pembersih jamur.

    Pertumbuhan jamur pada jok mobil bisa dicegah dengan beberapa tips yaitu:
    Bersihkan jok mobil secara berkala
    Jaga jok mobil selalu dalam keadaan kering
    Pastikan mobil dalam keadaan rapat
    Bersihkan interior mobil di tempat cuci mobil.