Tak semua orang yang handal mengemudi mobil juga handal dalam memarkirkan mobilnya. Bahkan kegiatan parkir mobil menjadi satu hal yang cukup menakutkan, baik bagi pengemudi pemula maupun berpengalaman. Takut akan melewati garis pembatas, mobil akan menabrak tiang pembatas atau menyenggol mobil yang berada di sebelahnya.

Sekalipun telah tersedia petugas khusus yang akan membantu untuk memarkirkan mobil, akan tetapi rasa takut dan kekhawatiran tersebut akan tetap ada. Terlebih lagi cara parkir mobil matic dan mobil manual berbeda, begitu juga cara parkir di mall dan parkir di halaman parkir outdoor berbeda.

Oleh karena itu, ketahui teknik-teknik cara parkir mobil yang benar dan mudah ini lengkap dengan cara gampang parkir mobil.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Parkir Mobil yang Benar

3 Teknik Parkir Mobil

Hal pertama yang perlu kita lakukan saat mencari parkir mobil adalah melaju dengan kecepatan rendah agar tidak berhenti mendadak saat mendapatkan tempat parkir. Kemudian cari lokasi parkir yang luas dan aman agar kita merasa percaya diri untuk memarkirkan mobil.

Selanjutnya, mengemudi mundur secara perlahan dan perkirakan jarak aman antar mobil di samping kiri dan kanan agar tidak tergores dan memudahkan OtoFriends saat akan keluar nanti. 

Apabila mobil kita telah dilengkapi dengan fitur sensor parkir, maka gunakan alat tersebut dengan maksimal untuk membantu meyakinkan feeling kita saat memarkirkan mobil.

Lebih lanjut lagi, OtoFriends perlu juga menguasai teknik-teknik parkir mobil, berikut ini penjelasan masing-masing teknik.

1. Teknik Parkir Mobil Matic

Teknik parkir untuk mobil matic dengan posisi paralel yakni dengan mencari spot parkir yang memiliki luas lebih dari ukuran mobil lalu menyalakan lampu sein. Setelah itu, OtoFriends bisa memundurkan mobil secara perlahan sambil sesekali melirik ke arah kaca spion dan kamera belakang atau kamera parkir.

Kemudian putar setir mobil searah jarum jam sambil menginjak pedal rem. Jika mobil menabrak trotoar atau manuver kita terlalu dekat dengan mobil yang berada di kanan dan kiri maka kita bisa memutar ke bagian kanan.

2. Teknik Parkir Mundur

Parkir mundur menjadi teknik yang sulit dan harus berlatih secara rutin daripada latihan mengemudi itu sendiri. Persoalan parkir mundur biasanya identik dengan ukuran parkir mobil yang terlalu sempit, takut terkena tiang pembatas, menggores mobil yang ada di sebelahnya dan kekhawatiran lainnya.

Walaupun ukuran parkirnya luas dan lebar, tetap saja ada beberapa orang yang merasa sulit untuk melakukan parkir mundur ini. Hal ini wajar saja terjadi mengingat penglihatan kita kurang jelas untuk melihat kondisi di belakang mobil. Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan ringan tersebut, berikut ini tips parkir mundur.

Baca juga: Sensor Parkir Mobil: Tips Memilih, Pilihan, dan Cara Merawat

Menengok ke Belakang

Walaupun mobil telah dilengkapi dengan sensor parkir, kamera belakang, ataupun kamera parkir dan kaca spion, pengemudi tetap perlu sesekali menengok ke arah belakang untuk benar-benar memahami situasi di area belakang mobil tersebut.

Namun, saat menengok ke belakang lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Mulai dari letakkan tangan kanan di posisi setir kemudi di jam 12, lalu lepaskan tangan kiri. Setelah itu menengok ke arah kiri untuk melihat situasi di tempat parkir tersebut sekaligus untuk memutuskan ke arah mana kita akan mundur.

Memahami Arah Belok

Tips selanjutnya adalah memahami arah belok mobil. Untuk mempelajarinya memang terlihat rumit di awal, namun bila kita sudah terbiasa maka akan mudah melakukannya.

Saat akan mundur ke arah kanan, kita putar setir kemudi ke kanan, begitu juga sebaliknya saat akan mundur ke kiri maka putar setir kemudi ke arah kiri. Trik untuk memperlancar parkir mundur ini, OtoFriends bisa membuka pintu bagasi untuk mempermudah ke arah mana mobil kita akan bergerak mundur.

Mengontrol Kecepatan Mobil dengan Rem

Gunakan rem untuk mengontrol kecepatan mobil saat akan melakukan parkir mundur. Kendati demikian, OtoFriends perlu terbiasa untuk membedakan antara pedal rem, gas, ataupun kopling. Jangan sampai saat kita akan menginjak pedal rem malah yang diinjak pedal gas.

3. Teknik Parkir Mobil Berdasarkan Posisinya

Teknik selanjutnya yang penting kita pelajari adalah teknik cara parkir untuk berbagai macam posisi mobil, di antaranya posisi tegak lurus, posisi miring, dan posisi paralel.

Posisi Tegak Lurus

Teknik parkir mobil tegak lurus yakni dengan menyamakan posisi kaca spion mobil kita dengan mobil di samping kanan atau kiri. Lalu perhatikan bumper depan mobil bila sudah dekat dengan tiang atau pembatas khusus di area parkir tersebut. Terakhir, memastikan apakah bagian samping mobil berada tepat di atas garis pembatas parkir atau tidak.

Posisi Mobil Miring

Teknik parkir miring banyak dijumpai di pinggir jalan sebab teknik parkir miring seperti ini merupakan teknik paling mudah yang bisa diterapkan, termasuk untuk pengemudi pemula dan petugas parkir. Keuntungan parkir miring ini adalah mempermudah kita untuk keluar masuk sebab masih banyak ruang kosong di sekitar mobil.

Cara melakukan teknik parkir miring ini dengan sejajarkan arah mobil kita dengan garis parkiran. Kemudian pindahkan gigi R dan putar setir kemudi dalam posisi lurus 45 derajat. Terakhir kita bisa memundurkan mobil secara perlahan.

Posisi Parkir Paralel

Teknik parkir mobil yang terakhir adalah teknik parkir paralel. Teknik ini terbilang sangat sulit daripada teknik-teknik lainnya. Walaupun begitu, bila kita rutin melatih kemampuan parkir paralel ini maka bukan tidak mungkin teknik ini menjadi teknik mobil yang paling mudah.

Pertama kita perlu mengamati ukuran parkir mobil, termasuk memperhatikan sudut bagian belakang mobil. Tujuannya agar mobil kita tidak menyenggol mobil lain. Setelah itu masukkan gigi R atau gigi mundur dan putar setir kemudi ke arah sisi tempat parkir.

Kemudian mundurkan mobil secara perlahan dan putar setir kemudi ke arah yang ingin kita tuju. Pastikan posisi mobil kita sejajar antara bagian depan dan belakangnya.

Baca juga: 11 Lokasi Tempat Parkir Termahal di Jakarta dan Biayanya

Mengatasi Mobil Tergores Saat Parkir Mobil

Walaupun OtoFriends sudah begitu hati-hati saat memarkirkan mobil, bukan berarti kita bisa terhindar begitu saja dari resiko mobil tergores. Bisa saja pemilik mobil lain yang kurang teliti saat melakukan parkir sehingga menyenggol mobil kita.

Saat melihat adanya baret dan goresan pada body mobil, atau melihat cat mobil mulai kusam. Maka langkah terbaiknya adalah segera bawa mobil ke bengkel body repair untuk melakukan cat ulang.

Otoklix akan membantu kita memperbaiki dan merawat body mobil dengan warna yang sesuai dengan warna mobil kita. Konsultasikan kerusakan mobil OtoFriends melalui aplikasi Otoklix.

Selain layanan servis body repair, kita juga bisa melakukan jenis servis lainnya seperti servis ban mobil atau servis tune up dengan harga yang terjangkau. Yuk, rawat mobil kesayangan bersama Otoklix.

Pertanyaan Seputar Parkir Mobil

Cara parkir mobil yang benar tergantung dari kebutuhannya, kita bisa mempelajari teknik parkir mobil mundur, teknik parkir posisi mobil lurus, miring ataupun paralel. Namun yang paling utama adalah menyalakan lampu sein untuk memberi sinyal kepada pengguna jalan lainnya dan memundurkan mobil secara perlahan.

Cara parkir mobil paralel yakni mengamati ukuran luas tempat parkir, masukkan gigi R, putar setir kemudi ke arah sisi tempat parkir, lalu mundurkan mobil secara perlahan dan putar setir kemudi ke arah yang diinginkan.

Cara parkir mobil matic yang pertama adalah dengan menyalakan lampu sein, lalu memundurkan mobil secara perlahan sambil melihat ke kaca spion, putar setir kemudi searah jarum jam sambil injak pedal rem. Apabila mobil terlalu dekat dengan objek di sekitarnya, OtoFriends bisa memutarnya ke bagian kanan.