Cara mengeluarkan BBM dari tangki kendaraan harus dilakukan dengan tepat mengingat setiap kendaraan memiliki tangki bahan bakar yang berbeda-beda. Ada cara gampang yang harus OtoFriends ketahui, berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya:

Cara Mengeluarkan BBM

Mengetahui cara mengeluarkan BBM penting diketahui, terkhusus untuk OtoFriends yang suka bersih-bersih kendaraan atau melakukan touring bersama dengan para sahabat. Perkara bensin habis di tengah jalan, memindahkan BBM dari kendaraan teman ke kendaraan sendiri bisa jadi solusi jika tidak ada pom bensin terdekat yang bisa didatangi. Sembarangan mengeluarkan BBM bisa menyebabkan beberapa komponen mengalami malfungsi, menjadikan mesin mobil mati hingga terbakar. 

Baca juga: 5 Penyebab Indikator Mesin Mobil Mati dan cara Memperbaikinya

Ada dua cara aman dan mudah untuk mengeluarkan BBM dari tangki kendaraan, antara lain:

  • Mengeluarkan BBM Secara Langsung dari Tangki Kendaraan

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan mengeluarkan BBM secara langsung dari tangki kendaraan. Cara ini biasanya digunakan untuk OtoFriends yang hobi melakukan bongkar pasang dan bersih-bersih komponen mobil. Cara sedot bensin dari tangki mobil ini diperlukan keterampilan untuk melepas beberapa bagian mesin seperti baut, selang bensin, fuel pump, hingga komponen lainnya. 

Setelah setiap komponen terlepas, OtoFriends bisa menguras BBM dari tangki kendaraan dan melakukan pembersihan komponen. Ingatlah untuk tidak meletakkan sisa bensin di sembarang tempat. Pastikan bensin ditaruh ditempat yang teduh dan jauh dari sulutan api atau jangkauan anak-anak. Bensin menjadi salah satu cairan berbahaya yang bisa memberikan kerugian besar apabila sampai menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

  • Menggunakan Selang Penyedot BBM

Cara sedot bensin dari tangki mobil lainnya adalah dengan menggunakan selang penyedot BBM. Cara ini bisa OtoFriends gunakan jika kehabisan bensin saat sedang touring. Penting untuk membawa selang penyedot ini saat bepergian. Letakkan ditempat yang aman dan pastikan tidak ada sisa bensin yang menempel di selang ketika sudah selesai melakukan pompa bensin kendaraan.

Sekedar informasi, selang penyedot BBM ini bisa OtoFriends dapatkan di toko suku cadang mobil dengan harga mulai dari Rp50.000 an. Belilah selang penyedot BBM yang sesuai dan cocok untuk digunakan menyedot bahan-bahan yang mudah terbakar sehingga dapat menjamin keselamatan OtoFriends dan kendaraan.

Langkah Mengeluarkan BBM dari Tangki Kendaraan

Cara mengeluarkan BBM dari tangki kendaraan bisa dilakukan seperti penjelasan di bawah ini:

  1. Gunakan Kendaraan Hingga Bensin Hampir Habis

Sebelum memindahkan bensin atau BBM dari mobil teman ke mobil OtoFriends, pastikan jumlah liter bensin mobil teman OtoFriends sudah dalam kondisi yang sedikit. Hal ini untuk mengantisipasi ada kotoran yang masuk ke dalam tangki bensin OtoFriends dan mengurangi jumlah pemompaan atau pengurasan yang dilakukan. 

  1. Masukkan Selang Penyedot BBM

Menggunakan selang penyedot BBM ini sangat mudah, cukup siapkan selang penyedot BBM, masukkan ke dalam lubang tangki BBM kendaraan dan pompa hingga bensinnya keluar. Jangan lupa siapkan wadah yang bisa digunakan untuk menampung BBM yang sudah di pompa. Pastikan wadah tersebut dalam kondisi kering. Jangan gunakan wadah dalam kondisi basah karena akan membahayakan kendaraan dan OtoFriends apabila memasukkan bensin yang sudah tercampur dengan air atau cairan lain ke dalam tangki kendaraan.

  1. Masukan Selang ke Dalam Tangki Hingga Tersisa 30-60 cm dari Pompa

Satu hal yang perlu OtoFriends perhatikan, cara mengeluarkan BBM dari tangki bensin harus dilakukan dengan mengukur selang pompa setidaknya 30-60 cm dari pompa bensin. Hal ini untuk mencegah bensin tumpah atau bensin keluar dari tangki. Tentu akan sangat berbahaya apabila bensin sampai tumpah, terlebih jika mobil yang OtoFriends gunakan adalah mobil tua. Risiko terjadinya kecelakaan seperti kebakaran bisa saja terjadi. 

Sekedar informasi, untuk mobil tua OtoFriends bisa langsung memasukkan selang ke dalam tangki tanpa ada halangan. Namun untuk mobil terbaru, akan ada jalur bensin atau bola logam pelindung, sehingga perlu sedikit tenaga untuk dapat mendorong selang masuk ke dalam tangki bensin. Lakukan secara perlahan sehingga tangki bensin tetap aman dan terhindar dari kerusakan atau kebocoran.

  1. Pompa Bahan bakar

Setelah memastikan kondisi bensin kendaraan hampir habis, mesin mobil sudah dalam kondisi dingin, dan selang sudah dimasukkan, pompa bensin secara perlahan. OtoFriends dapat melihat aliran bensin yang keluar apabila selang berwarna bening. Jadi pastikan OtoFriends membeli selang pompa bensin yang tepat sehingga dapat mengukur jumlah liter bensin yang ingin dipindahkan.

  1. Keluarkan selang

Sudah selesai mempraktikkan cara mengeluarkan BBM dengan tepat, pastikan OtoFriends mengeluarkan selang pompa dengan benar. Keluarkan secara perlahan dan simpan selang pompa ditempat yang tepat

  1. Gunakan Kembali Bensin

Bensin yang sudah dipompa bisa OtoFriends gunakan kembali dengan memasukkannya ke tangki mobil OtoFriends secara hati-hati. Ingatlah, bensin adalah cairan yang mudah terbakar, jadi pastikan OtoFriends melakukan pompa dan pemindahan bensin di tempat yang teduh dan jauh dari barang-barang pemicu api. Jangan lupa untuk memastikan juga jenis bahan bakar yang digunakan sesuai dengan bahan bakar mobil OtoFriends. Salah menggunakan bahan bakar dapat menyebabkan mesin mobil menjadi rusak dan boros BBM.

Baca juga: 8 Penyebab Mesin Mobil Boros, Hindari agar Kantong Anti Jebol

Cara Menjaga Agar Tangki BBM Tidak Kotor

Menguras atau mengeluarkan BBM dari tangki kendaraan menggunakan selang pompa sebenarnya tidak boleh terlalu sering dilakukan. Ada baiknya OtoFriends selalu memastikan kesiapan diri dan kendaraan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan touring bersama sahabat. Sebaliknya, melakukan servis rutin dan pembersihan tangki BBM sangat dianjurkan karena dapat menjaga tangkin BBM dari kotoran-kotoran yang dapat menyumbat fuel pump mesin kendaraan. Selain itu beberapa hal yang bisa OtoFriends gunakan untuk menjaga tangki BBM terhindar dari kotoran antara lain:

  • Pastikan tutup tangki tidak berkerak atau kotor

Tutup tangki sering dilupakan kebersihannya, sehingga bisa saja kotoran pada tutup tangki jatuh dan menempel ke dalam tangki BBM kendaraan. OtoFriends bisa menggunakan sabun untuk membersihkan tutup tangki kendaraan.

  • Menggunakan bahan bakar yang tepat untuk kendaraan
  • Rutin melakukan servis dan pembersihan komponen mesin mobil

Baca juga: Mengenal Jenis bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

Itulah dua cara mengeluarkan BBM yang bisa OtoFriends lakukan. Pastikan OtoFriends melakukan setiap langkah dengan benar sehingga dapat menghindari masalah kebocoran tangki bensin kendaraan. 

Pertanyaan Seputar Cara Mengeluarkan BBM

Ada dua cara mengeluarkan BBM dari tangki mobil yaitu dengan bongkar pasang tangki dan menggunakan selang penyedot.

Bisa. Ada dua cara mengeluarkan BBM yang bisa digunakan. Tapi pastikan jangan terlalu sering melakukan penyedotan BBM dari tangki kendaraan, karena rawan menimbulkan kebocoran.

Pengurasan tangki bensin penting dilakukan untuk menjaga kebersihan saluran bahan bakar kendaraan. Lakukan setidaknya 6 bulan sekali saat servis rutin di bengkel terdekat.