Fitur keselamatan menjadi salah satu hal penting dalam sebuah kendaraan. Fitur keselamatan bukan hanya seat belt atau sabuk pengaman saja. Apalagi di kendaraan modern. Salah satu fitur keselamatan yang sudah wajib ada di kendaraan masa kini adalah airbag. 

Apa itu Airbag pada mobil?

Airbag adalah fitur keselamatan tambahan selain sabuk pengaman yang biasa disematkan pada mobil modern. Airbag mobil juga dikenal sebagai kantong udara dibuat untuk mengurangi atau meminimalisir cedera pengemudi bahkan penumpang saat mobil mengalami benturan. 

Memang di setiap mobil memiliki fitur airbag yang berbeda. Ada yang hanya melindungi dari benturan di depan, ada juga yang aktif saat benturan dari samping. Oleh karena itu, penting untuk pengendara memahami fungsi dan kondisi airbag pada mobil masing-masing.

Fungsi Airbag

Secara umum airbag berfungsi melindungi kepala dari benturan saat kecelakaan. Biasanya, airbag berada di bagian dashboard depan penumpang atau di dalam setir. Dengan adanya airbag, kepala akan terhindar dari cedera parah akibat kecelakaan. Jumlah airbag dalam sebuah kendaraan memang berbeda-beda. Tergantung jenis kendaraan. 

Namun, untuk kendaraan modern dengan harga murah macam LCGC, airbag biasanya sudah disematkan di dashboard untuk melindungi baris pertama  penumpang dan pengemudi. Sedangkan untuk jenis kendaraan yang lebih mahal, fitur ini sudah disematkan di bagian samping, bahkan melindungi di baris belakang penumpang.

Sistem kerja Airbag

Pemahaman terhadap sistem kerja airbag sangat berguna saat terjadi kecelakaan agar pengemudi telah siap siaga. Dalam hal ini pula, airbag mobil akan bekerja secara otomatis saat terjadi benturan yang sangat dahsyat. 

Airbag memiliki pemicu yang terhubung langsung pada sensor mobil, sehingga ketika terjadi benturan keras ia akan aktif secara otomatis. Sensor mobil yang telah mengirimkan sinyal tersebut membuat airbag langsung mengembang dan menyelimuti beberapa bagian mobil.

Bagian mobil yang diselimuti dengan airbag ini otomatis melindungi organ-organ vital pengemudi dan penumpang. Meskipun airbag bekerja dengan mengembang dan menyelimuti penumpang namun pernapasan pengguna tidak akan terganggu.

Jenis-jenis Airbag

Dengan teknologi yang terus berkembang airbag tak hanya berada di bagian depan penumpang dan pengemudi. Berikut jenis-jenis airbag yang tersemat di kendaraan modern:

Driver Airbag

Jenis airbag pertama adalah yang paling umum ada dalam sebuah mobil, termasuk mobil murah LCGC. Seperti namanya, driver airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi. Makanya letaknya ada di bagian setir atau roda kemudi. Peletakan airbag di roda kemudi, lantaran benda ini paling awal terbentur oleh tubuh ketika terjadi tubrukan. Dengan adanya jenis airbag ini, kepala tak akan terbentur ke roda kemudi.

Side Airbag

Sesuai Namanya, jenis ini adalah jenis airbag yang berada di sisi samping pengemudi. Dengan adanya jenis airbag ini, tubuh pengemudi terlindungi dari benturan ke samping bagian mobil. Tentunya airbag samping akan melindungi tubuh ketika mobil ditabrak dari sisi mobil atau samping. 

Passenger Airbag

Berikutnya, jenis passenger airbag. Jenis airbag ini diperuntukkan untuk melindungi penumpang. Khususnya penumpang yang duduk di samping pengemudi, alias di depan. Airbag pada jenis ini, disimpan dalam dashboard mobil. Beberapa bahkan terpasang di luar dasbor mobil. 

Baca juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

Pastikan airbag tidak dipasang bersama dengan benda yang mudah terpental atau benda yang mampu melukai jika terkena wajah seperti ponsel, pajangan lainnya agar terhindar dari terpental karena airbag mengembang.

Curtain Airbag

Yang terakhir adalah curtain airbag. Jenis ini biasanya dimiliki oleh kendaraan-kendaraan dengan fitur keselamatan lebih baik. Biasanya di kendaraan dengan harga menengah. Walaupun sebagian jenis mobil berharga murah juga memiliki fitur ini.

Seperti diketahui, airbag akan berfungsi saat mobil terjungkal akibat kecelakaan.

Cara merawat airbag

Airbag perlu dirawat agar fungsinya tetap normal seperti pada umumnya. Perawatan ini perlu dilakukan karena seiring berjalannya waktu akan terjadi penurunan kondisi mobil dan tidak jarang komponen keselamatan ini juga bermasalah. Padahal pada saat terjadi masalah fatal komponen keselamatan ini menjadi bagian yang paling penting.

Pada beberapa mobil keluaran terbaru fitur keselamatan yang satu ini telah dikembangkan dengan tersambung otomatis secara elektronik. Pada terobosan baru ini airbag akan didukung melalui energi listrik. Biasanya, fitur keselamatan ini akan berfungsi ketika mobil bergerak setelah mobil berjalan dengan kecepatan melebihi 30 km/jam. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari hal yang dapat mengurangi fungsi kerja airbag seperti modifikasi dan penambahan aspek tertentu. Pastikan juga aki mobil masih mencukupi untuk berkendara sehingga alat pelindung diri dapat berfungsi dengan asupan listrik yang cukup. 

Baca juga: Pertimbangan Saat Memilih Bengkel Servis Berkala Terpercaya

Nah, agar memastikan fitur airbag tetap berfungsi dengan baik, maka rutinlah melakukan pengecekan di bengkel terdekat. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.