Fitur keselamatan menjadi salah satu hal penting dalam sebuah kendaraan. Fitur keselamatan bukan hanya seat belt atau sabuk pengaman saja. Apalagi di kendaraan modern. Salah satu fitur keselamatan yang sudah wajib ada di kendaraan masa kini adalah airbag. 

Apa itu Airbag pada mobil?

Airbag adalah fitur keselamatan tambahan selain sabuk pengaman yang biasa disematkan pada mobil modern. Airbag mobil juga dikenal sebagai kantong udara dibuat untuk mengurangi atau meminimalisir cedera pengemudi bahkan penumpang saat mobil mengalami benturan. 

Memang di setiap mobil memiliki fitur airbag yang berbeda. Ada yang hanya melindungi dari benturan di depan, ada juga yang aktif saat benturan dari samping. Oleh karena itu, penting untuk pengendara memahami fungsi dan kondisi airbag pada mobil masing-masing.

Fungsi Airbag

Secara umum airbag berfungsi melindungi kepala dari benturan saat kecelakaan. Biasanya, airbag berada di bagian dashboard depan penumpang atau di dalam setir. Dengan adanya airbag, kepala akan terhindar dari cedera parah akibat kecelakaan. Jumlah airbag dalam sebuah kendaraan memang berbeda-beda. Tergantung jenis kendaraan. 

Namun, untuk kendaraan modern dengan harga murah macam LCGC, airbag biasanya sudah disematkan di dashboard untuk melindungi baris pertama  penumpang dan pengemudi. Sedangkan untuk jenis kendaraan yang lebih mahal, fitur ini sudah disematkan di bagian samping, bahkan melindungi di baris belakang penumpang.

Sistem kerja Airbag

Pemahaman terhadap sistem kerja airbag sangat berguna saat terjadi kecelakaan agar pengemudi telah siap siaga. Dalam hal ini pula, airbag mobil akan bekerja secara otomatis saat terjadi benturan yang sangat dahsyat. 

Airbag memiliki pemicu yang terhubung langsung pada sensor mobil, sehingga ketika terjadi benturan keras ia akan aktif secara otomatis. Sensor mobil yang telah mengirimkan sinyal tersebut membuat airbag langsung mengembang dan menyelimuti beberapa bagian mobil.

Bagian mobil yang diselimuti dengan airbag ini otomatis melindungi organ-organ vital pengemudi dan penumpang. Meskipun airbag bekerja dengan mengembang dan menyelimuti penumpang namun pernapasan pengguna tidak akan terganggu.

Jenis-jenis Airbag

Dengan teknologi yang terus berkembang airbag tak hanya berada di bagian depan penumpang dan pengemudi. Berikut jenis-jenis airbag yang tersemat di kendaraan modern:

Driver Airbag

Jenis airbag pertama adalah yang paling umum ada dalam sebuah mobil, termasuk mobil murah LCGC. Seperti namanya, driver airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi. Makanya letaknya ada di bagian setir atau roda kemudi. Peletakan airbag di roda kemudi, lantaran benda ini paling awal terbentur oleh tubuh ketika terjadi tubrukan. Dengan adanya jenis airbag ini, kepala tak akan terbentur ke roda kemudi.

Side Airbag

Sesuai Namanya, jenis ini adalah jenis airbag yang berada di sisi samping pengemudi. Dengan adanya jenis airbag ini, tubuh pengemudi terlindungi dari benturan ke samping bagian mobil. Tentunya airbag samping akan melindungi tubuh ketika mobil ditabrak dari sisi mobil atau samping. 

Passenger Airbag

Berikutnya, jenis passenger airbag. Jenis airbag ini diperuntukkan untuk melindungi penumpang. Khususnya penumpang yang duduk di samping pengemudi, alias di depan. Airbag pada jenis ini, disimpan dalam dashboard mobil. Beberapa bahkan terpasang di luar dasbor mobil. 

Baca juga: Kenali Dashboard Mobil Serta Fungsinya

Pastikan airbag tidak dipasang bersama dengan benda yang mudah terpental atau benda yang mampu melukai jika terkena wajah seperti ponsel, pajangan lainnya agar terhindar dari terpental karena airbag mengembang.

Curtain Airbag

Yang terakhir adalah curtain airbag. Jenis ini biasanya dimiliki oleh kendaraan-kendaraan dengan fitur keselamatan lebih baik. Biasanya di kendaraan dengan harga menengah. Walaupun sebagian jenis mobil berharga murah juga memiliki fitur ini.

Seperti diketahui, airbag akan berfungsi saat mobil terjungkal akibat kecelakaan.

Cara merawat airbag

Airbag perlu dirawat agar fungsinya tetap normal seperti pada umumnya. Perawatan ini perlu dilakukan karena seiring berjalannya waktu akan terjadi penurunan kondisi mobil dan tidak jarang komponen keselamatan ini juga bermasalah. Padahal pada saat terjadi masalah fatal komponen keselamatan ini menjadi bagian yang paling penting.

Pada beberapa mobil keluaran terbaru fitur keselamatan yang satu ini telah dikembangkan dengan tersambung otomatis secara elektronik. Pada terobosan baru ini airbag akan didukung melalui energi listrik. Biasanya, fitur keselamatan ini akan berfungsi ketika mobil bergerak setelah mobil berjalan dengan kecepatan melebihi 30 km/jam. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari hal yang dapat mengurangi fungsi kerja airbag seperti modifikasi dan penambahan aspek tertentu. Pastikan juga aki mobil masih mencukupi untuk berkendara sehingga alat pelindung diri dapat berfungsi dengan asupan listrik yang cukup. 

Baca juga: Pertimbangan Saat Memilih Bengkel Servis Berkala Terpercaya

Penyebab Airbag Rusak

Airbag mobil adalah fitur keselamatan mobil yang dapat mengurangi risiko cedera. Apabila terjadi hentakan keras saat kecelakaan, kantong airbag mobil akan otomatis mengembang sebagai pelindung bagi pengendara dan penumpang mobil dari hentakan keras yang membahayakan.

Namun, apa jadinya jika air bag mobil kalian tidak mengembangkan atau rusak ? atau indikator part tersebut menyala ? tentu kalian akan bingung bukan.

Oleh sebab itu OtoKlix telah merangkum beberapa penyebab airbag rusak. Mari disimak.

Sensor Airbag Rusak

Jika dampak tabrakan seharusnya pemicu airbag mengembang, tetapi faktanya tak terjadi. Ada kemungkinan sensor gagal mendeteksi benturan atau mengembangkan airbag secara optimal. 

Bisa jadi, pabrikan tidak merancang, menguji atau memasang sensor secara tidak benar. Faktor lain, ada kegagalan dalam perangkat lunak atau kalibrasi ambang batas penembakan airbag. Dalam beberapa kasus. 

Sensor airbag tidak cukup untuk mendeteksi tabrakan. Sering kali diakibatkan oleh pabrikan yang terlalu “berhati-hati” dengan mengedepankan keuntungan di atas keselamatan manusia.

Kabel yang Putus

Para peneliti turut menemukan bahwa kegagalan airbag dapat terjadi. Ketika produsen memilih mengarahkan kabel melalui area yang membuatnya rentan terputus saat terjadi kecelakaan. 

Jika benar kabel terpasang di area rentan itu rusak atau terputus. Tentu dapat mencegah sinyal benturan untuk mencapai modul air bag

Penggantian Setir

Mengganti setir mobil lama yang sudah kusam untuk kenyamanan tentu tidak menjadi hal yang salah. Namun, pastikan saat melakukan penggantian itu kendaraan kamu ditangani oleh teknisi profesional. 

Sebab, jika hanya asal diganti dan tidak berhati-hati atau ditangani oleh yang tidak paham maka mungkin saja terjadi kerusakan yang berujung pada tidak berfungsinya airbag. 

Perubahan Jalur Listrik

Melakukan pengubahan sistem kelistrikan pada mobil karena menganggap ada sesuatu yang error hingga mengganti dan memodifikasi aksesoris dapat berimbas dengan tidak berfungsi airbag pada mobil. 

Oleh karena itu, bila kamu merasa ada kerusakan atau tidak menambahkan aksesoris mobil alangkah lebih baik jika membawa kendaraan ke bengkel dan ditangani ahlinya. 

Tabrakan 

Selanjutnya ialah jenis tabrakan. Ini jelas memainkan faktor utama apakah airbag dapat mengembang atau tidak. Tergantung di mana kendaraan Anda tertabrak, sehingga sensor airbag mungkin tidak terpicu. 

Dalam kasus ini terjadi jika bantalan udara depan tidak menyala pada jenis tabrakan terguling tertentu. Atau selama tubrukan samping dan belakang.

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA). Lokasi tumbukan adalah indikator utama untuk mengetahui apakah airbag seharusnya mengembang. 

Bagian ini lebih penting ketimbang melihat kecepatan kendaraan atau tingkat kerusakan yang dideritanya. Misal, penyebaran airbag depan diharapkan berdampak sedang hingga parah pada bumper depan. Atau juga sudut depan kendaraan Anda.

Kode Komputer yang Tidak Sesuai

Mobil masa kini dirancang dengan  sistem komputer yang memiliki kode-kode rumit, begitu pula pada SRS. Bisa saja indikator airbag menyala karena terjadi error pada kode komputernya. 

Untuk itu, jika lampu indikator terus menyala, segera datangi teknisi bengkel untuk mendeteksi sistem komputer SRS pada mobil kamu. Mereka akan menyetel ulang sistem agar SRS bisa normal kembali.

Kabel Clock Spring

Penyebab lampu indikator airbag menyala juga bisa dipicu pada clock spring. Clock spring merupakan komponen yang menghubungkan unit peraturan airbag dengan driver module yang terpasang di belakang stir mobil. 

Penyebab indikator airbag menyala bisa saja karena clock spring mengalami masalah. Bisa saja karena saat stir dibongkar, pemasangannya tidak benar. Maka cobalah membongkar kembali stir mobil dan kembalikan clock spring pada posisi semula.

Biaya Perbaikan Airbag

Biaya perbaikan airbag sangat beragam. Ada yang dapat dihitung dari biaya per komponennya saja, tetapi ada pula yang membandrolnya dengan jumlah keseluruhan perbaikan. 

Jika dihitung berdasarkan pada satu komponen, penggantian airbag pengemudi berada pada kisaran Rp7 juta rupiah, airbag penumpang depan Rp 14 juta, Electronic Control Unit (ECU) Rp2,35 juta, dan sensor airbag Rp470.000. 

Namun, bila ingin cara praktis, kamu dapat mengetahui biaya perbaikan airbag secara keseluruhan berdasarkan jenis mobilnya. Untuk mobil compact car dan LMV seperti Toyota Avanza dan Honda Brio berada pada kisaran Rp6 juta. 

Kemudian, untuk mobil medium seperti Toyota Innova dan Honda CR-V berada pada kisaran Rp8,5 juta. Sedangkan, mobil jenis kelas premium dapat mencapai lebih dari Rp20 juta. 

Rekomendasi Bengkel Perbaikan Airbag

1. Belica Automotive Solution

Alamat: Jl. Serdang Baru XIII Gg. I No.5, RT.17/RW.5, Serdang, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10650. 

Telp: +6282113485502.

Jam Operasional: 9.00-17.00 WIB. Minggu libur. 

Layanan: Jasa perbaikan airbag system semua tipe dan jenis mobil.

2. Service Reparasi Airbag – PT Weng Fatt Indonesia 

Alamat: Kompleks City Resort Residences Ruko Malibu Blok J No 2, RT.7/RW.14, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730.

Telp: +622156944844.

Jam Operasional: 9.00-17.00 WIB. Minggu libur. 

Layanan: Jasa perbaikan airbag system dan dashboard.

3.  BMW Eurokars – PT Trans Eurokars Indonesia

Bengkel rekanan resmi BMS. Selain menyediakan layanan bengkel spesialis airbag, juga dapat memperbaiki semua masalah pada mobil BMW.

Alamat: 5, Jl. Panjang No.6, RT.11/RW.11, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530. 

Telp: +622153580000

WA: +62 822-4459-6129

4. Supercar.id

Alamat: Jl. Wr Supratman No.68 Kampung Utan. Ciputat Timur. Cempaka Putih. Kota Tangerang Selatan, Banten 15412.

Telp: 081808182277

Email: info@supercar.id

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Airbag 

Airbag merupakan alat pelindung diri yang fungsi utamanya adalah melindungi pengendara terutama saat terjadi benturan di perjalanan. Alat pelindung diri ini letaknya di bagian depan mobil sehingga organ vital dapat terlindungi secara maksimal.

Pada kenyataannya, airbag adalah salah satu fitur keselamatan berkendara yang sangat membantu mencegah penumpang ketika terjadi kecelakaan. Sistem bekerja airbag adalah ketika terjadi tabrakan keras terdeteksi, sensor mobil langsung mengirimkan sinyal supaya airbag mengembang.

Letak airbag itu sendiri tergantung pada tipe dan merek mobilnya, ada yang terpasang di bagian pengemudi (depan) dan ada juga yang terpasang di bagian penumpang. Tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt saat terjadi tabrakan atau benturan tanpa adanya airbag berpotensi mengakibatkan cedera parah pada kepala dan dada.