Mobil Honda CRV 2023 yang secara resmi meluncur di Indonesia pada event GIIAS Agustus lalu langsung menuai perhatian kalangan otomotif tanah air. Yang menjadi daya tarik, mobil ini sudah bermesin hybrid, yang merupakan langkah positif Honda dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

Tidak hanya itu, Honda juga semakin memantapkan teknologi Honda Connect yang memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk terhubung dengan berbagai fitur di dalam mobil. Yuk, cari tahu seperti apa spesifikasi Honda CRV 2023 dan berapa harga OTR-nya. 

Spesifikasi Honda CRV 2023

Seperti yang bisa terlihat dari situs resminya, Honda menawarkan dua pilihan CRV 2023, yakni All New CR-V 1.5L Turbo dan All New CR-V 2.0L RS e:HEV. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada jenis dan kapasitas mesinnya. Berikut pembahasan kedua varian tersebut. 

1. Performa Mesin 

Varian pertama Honda CRV 2023 adalah 1.5L Turbo yang menggunakan mesin 1.498 cc dengan 4 silinder segaris. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi DOHC, 16 katup, VTEC turbo, dan drive by wire. 

Dengan kompresi mesin 10,3 : 1, Honda CRV 2023 versi 1.5L Turbo menghasilkan tenaga puncak 187 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada rentang 1.700-5.000 rpm. Transmisi otomatis CVT digunakan untuk pengalaman berkendara yang halus.

Varian kedua Honda CRV 2023 adalah 2.0L RS e:HEV dengan mesin hybrid berkapasitas 2.000 cc. Sama seperti versi 1.5L Turbo, mesin ini juga memiliki 4 silinder segaris dan dilengkapi dengan teknologi DOHC, i-VTEC, 16 katup, dan drive by wire. 

Baca Juga: Apa Perbedaan DOHC dan SOHC pada Mesin Mobil?

Mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 144,9 hp pada 6.100 rpm dengan tambahan tenaga motor listrik sebesar 181,4 hp pada 5.000 rpm. Total tenaga mencapai 204 hp dari gabungan mesin bensin dan motor listrik. Sementara torsi maksimum mesin bensin mencapai 181 Nm pada 4.500 rpm, dan motor listrik mencapai 335 Nm pada 2.000 rpm.

2. Eksterior 

Honda CRV 2023 hadir dengan desain eksterior yang lebih modern dan tajam di mana kedua varian tersebut berbagi ukuran yang sama. Namun, dimensinya lebih besar bila kita bandingkan dengan generasi sebelumnya yakni panjang 4.691 mm, lebar 1.866 mm, tinggi 1.681 mm, wheelbase 2.701 mm, dan ground clearance 198 mm. 

Honda CRV 2023 memiliki fitur Adaptive Driving Beam dengan auto high-beam, yang secara otomatis mengatur intensitas lampu sesuai dengan kondisi jalan dan lalu lintas. Namun, Adaptive Driving Beam hanya tersedia pada varian All New CR-V RS e:HEV. 

Kedua varian Honda CRV 2023 juga memiliki fitur yang menarik yaitu LED fog light yang membantu pengemudi saat berkendara dalam kondisi kabut tebal atau hujan deras. Berikut spesifikasi exterior lainnya dari dua varian Honda CRV 2023. 

Fitur EksteriorAll New CR-V RS e:HEVAll New CR-V 1.5L Turbo
Power Tailgate Hands-Free Accesswith Walk-Away Closewith Walk-Away Close
Sequential LED Turning LampYaYa
Rear LED Tail LightsYaYa
Rear Parking CameraYaYa
Stylish Aero KitBlackBody Color
LED Fog LightYaYa
Roof RailYaYa
Dual Exhaust Pipe (Stainless Steel Tailpipe Finisher)Stainless Steel Tailpipe Finisher OnlyStainless Steel Tailpipe Finisher
Adaptive Driving Beam with Auto High-BeamYaTidak
Remote Engine StartYaYa
Retractable Mirror with LED Turn SignalBody ColorPiano Black

3. Interior 

Masuk ke bagian interior Honda CRV 2023 new model ini terasa sekali mewah dan nyamannya, dengan material berkualitas tinggi, dan desain ergonomis. Namun banyak yang mengatakan interior CRV 2023 sebenarnya mirip dengan Civic RS sedan. 

Adapun perbedaan di antara dua varian Honda CRV terletak pada konfigurasi joknya. Mobil CR-V Hybrid RS 2023 hanya memiliki konfigurasi jok 5-seater dengan dua baris bangku. Sementara CR-V 1.5 Turbo 2023 hadir dengan jok 7-seater yang memiliki tiga baris bangku.

Baca Juga: Mobil Honda Civic Terbaru: Harga dan Spesifikasi

Fitur-fitur modern seperti layar sentuh infotainment, sistem audio premium, dan kursi yang dapat diatur secara elektrik hadir untuk meningkatkan pengalaman berkendara OtoFriends. Berikut beberapa fitur menarik lainnya dari dua varian Honda CRV 2023. 

Fitur InteriorAll New CR-V RS e:HEVAll New CR-V 1.5L Turbo
Head Up DisplayYaTidak
Head Unit 9 Inci dengan Konektivitas SmartphoneYaYa
Speaker Audio BOSE12 speaker8 speaker
Dual Zone with Auto ACYaYa
Third Row SeatingTidakYa
Material JokLeather & Synthetic Combi with Red StitchesLeather & Synthetic Combi
Trim InteriorBlack with Brushed Aluminum & Piano Black Garnish TrimBlack with Wood-Grain & Piano Black Garnish Trim

4. Fitur keamanan

Dari segi fitur keamanan, tidak ada perbedaan signifikan kecuali fitur Adaptive Driving Beam (ADB) yang hanya tersedia pada varian RS e:HEV, seperti yang sudah dibahas. Berikut daftar fitur keselamatan yang ada pada kedua varian Honda CRV 2023.

  • Honda Sensing (Termasuk Collision Mitigation Brake System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System, Adaptive Driving Beam, Auto High Beam)
  • Honda Lane Watch
  • G-CON + ACE with Side Impact Beam
  • 8 Airbag (Termasuk Dual Front SRS, Side, Side Curtain, & Dual Knee)
  • Seatbelt 3 Points ELR
  • 4 Parking Sensor
  • Smart Key
  • Keyless Entry
  • Honda Smart Key Card
  • Rear Seat Reminder
  • Immobilizer
  • Walk Away Auto Lock
  • Lock Presetting

5. Pilihan Warna 

Untuk menambah variasi, Honda CRV tersedia dalam 5 pilihan warna yang menarik. OtoFriends dapat memilih warna yang sesuai dengan gaya dan preferensimu.

  • Crystal Black Pearl
  • Platinum White Pearl
  • Ignite Red Metallic
  • Meteoroid Gray Metallic
  • Canyon River Blue Metallic

Harga Mobil Honda CRV 2023

Sekarang, mari kita bahas mengenai harga mobil Honda CRV 2023 terbaru. Honda menawarkan dua varian dengan harga yang berbeda:

  • All New CR-V 1.5L Turbo – Rp739,9 juta
  • All New CR-V 2.0L RS e:HEV – Rp799,9 juta

Demikian pembahasan mengenai harga dan spesifikasi Honda CRV 2023. Perlu diingat bahwa harga ini dapat berbeda tergantung pada lokasi dan paket opsi yang OtoFriends pilih.

Nah, kalau OtoFriends berencana untuk membeli mobil canggih dan stylist in, jangan lupa untuk selalu rutin melakukan perawatan ya. Lebih mudahnya, yuk lakukan booking service secara online melalui aplikasi Otoklix!

Pertanyaan Seputar Honda CRV 2023

 Honda meluncurkan All New Honda CR-V 2023 di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada tanggal 11 Agustus 2023 lalu.

Honda CR-V memiliki konsumsi BBM yang relatif irit. Menurut berbagai sumber, mobil ini dapat mencapai 9,8 km/l ketika melaju dengan kecepatan konstan antara 80 hingga 100 km/jam. Hal ini cukup mengesankan mengingat penggunaan mesin turbo pada mobil tersebut.

Honda CR-V dengan kapasitas 7 penumpang mulai tersedia sejak generasi kelima, yang mulai dijual pada bulan April 2017. Ini merupakan fitur tambahan yang pertama kali diperkenalkan pada model CR-V tersebut, dan khusus tersedia di Indonesia dan Thailand.