Tune up mobil diperlukan untuk mengembalikan performa mobil agar terasa seperti baru kembali. Biaya tune up mobil Calya pasti bervariasi antar bengkel. Terdapat perbedaan punya biaya tune up mobil Calya di bengkel resmi dan bengkel umum.

Perbedaan Biaya Tune Up Mobil Calya di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Pada dasarnya, tune up bisa dilakukan di bengkel umum dan bengkel resmi. Saat ini banyak pula bengkel umum yang sudah menggunakan alat scanner. Alat scanner ini digunakan untuk memeriksa kondisi mobil yang tersimpan pada ECU.

Biasanya biaya tune up mobil Calya di bengkel resmi Toyota lebih mahal daripada di bengkel umum. Tune up untuk pengecekan umum di bengkel resmi bisa mencapai 1-2 jutaan, itu adalah biaya termasuk penggantian komponen. Tetapi ada kemungkinan harganya bisa jauh lebih mahal, tergantung spare part yang diganti.

Sementara itu, bengkel umum biasanya tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi, sehingga biaya tune up mobil Calya di bengkel umum bisa jauh lebih murah, sekitar Rp400 ribu sampai dengan Rp1 jutaan, sudah termasuk penggantian komponen. 

Biaya tune up mobil Calya di bengkel umum tanpa penggantian sparepart sekitar Rp207 ribu, sedangkan biaya tune up mobil Calya di bengkel resmi sekitar Rp472 ribuan. Jika kita bandingkan, harga di bengkel resmi lebih dari dua kali lipat tune up di bengkel umum.

Wajib Tune Up bagi Kendaraan yang Sering Dipakai

Dapat dikatakan bahwa tune up hanyalah servis ringan pada mobil. Perawatan ini sangat penting pada mobil yang usianya sudah di atas 5-10 tahun. Usia pemakaian mobil dan sering digunakan membutuhkan penyegaran pada mesin agar selalu sehat dan prima.

Komponen yang wajib dicek saat tune up adalah busi, pompa bensin, saringan udara, saringan bensin, throttle body, bahkan sampai dengan sistem kelistrikan mobil. Oleh karena itu, mobil Calya yang sudah berusia di atas 5 tahun wajib selalu melakukan tune up. Mobil Calya yang usianya masih di bawah 5 tahun atau di bawah 50.000 km masih mendapatkan biaya jasa servis gratis dari Toyota.

Waktu yang disarankan untuk tune up mobil Calya adalah setiap 3-6 bulan sekali. Jika dikonversi ke jarak tempuh, maka sekitar 5.000 km sampai dengan 10.000 km atau setiap ganti oli mobil.

Perbedaan Tune Up dan Servis Biasa

Lalu, apa perbedaan antara tune up dan servis biasa? Tune up memang dilakukan ketika melakukan servis berkala. Tetapi dalam praktiknya dan komponen yang dicek jelas berbeda. Hal yang dikerjakan saat tune up jauh lebih banyak dibandingkan saat servis biasa. Jadi, tidak heran biayanya lebih tinggi daripada servis biasa.

Ketika servis biasa, akan dilakukan pengecekan komponen-komponen seperti filter udara, pengecekan sistem injeksi, pengecekan oli-oli mobil, tetapi tidak dilakukan pembongkaran mesin. Sementara pada tune up, mesin mobil akan dilihat secara mendalam. Jadi, selain dicek dan disetel ulang, bagian-bagian itu juga akan dibersihkan.

Pada mobil sistem non injeksi akan dibersihkan dan disetel karburatornya. Sedangkan pada mobil injeksi, akan dibersihkan bagian throttle body menggunakan cairan cleaner. Kemudian, pada mesin dengan sistem katup konvensional akan dilakukan pengecekan dan penyetelan celah katup. Standar celah katup adalah 0,2 sampai dengan 0,3 mm.

Biaya Service Mobil Calya

Selain biaya tune up mobil Calya, kamu juga perlu tahu biaya service mobil Calya di atas 50.000 km. Harga ini adalah kisaran harga servis di bengkel resmi. Tentu saja biaya servis di bengkel umum akan jauh lebih murah.

Ketika sudah melewati 50.000 km, mobil Calya sudah tidak dikenakan biaya jasa gratis lagi. Jadi, biaya yang perlu dibayar adalah biaya jasa dan biaya penggantian sparepart, seperti filter udara, filter oli, sistem bahan bakar, kampas rem, ganti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, dan lainnya.

Ini dia biaya servis mobil Calya di bengkel resmi. Biaya servis Toyota Calya untuk 5,6 tahun adalah sekitar Rp7,38 jutaan. Rinciannya dari 60.000 km sampai 300.000 km adalah sebagai berikut.

  • 60.000 km dan 140.000 km: biaya jasa Rp399 ribu dan biaya komponen Rp726 ribu. 
  • 70.000 km dan 90.000 km: biaya jasa Rp367 ribu dan biaya komponen Rp366 ribu.
  • 80.000 km dan 240.000 km: biaya jasa Rp559 ribu dan biaya komponen Rp2,4 jutaan. 
  • 100.000 km dan 300.000 km: biaya jasa Rp399 ribu dan biaya komponen Rp726 ribu.

Kamu bisa lebih menganggarkan  dana untuk biaya tune up mobil Calya dan biaya servisnya agar performa mobil selalu terjaga. Otoklix memiliki bengkel yang Power Workshop yang sudah memenuhi standar Otoklix. Sparepart yang tersedia juga terjamin asli. Yuk, booking servis sekarang untuk tune up mobil kamu.