Mengganti wiper bukan pekerjaan yang sulit sehingga harus dilakukan di bengkel. Kamu bisa mengganti wiper mobil di rumah.

Cukup membeli wiper di toko tepercaya dan mencari tahu cara  ganti wiper mobil. Setiap wiper memang memiliki bentuk yang sama, hanya ukuran saja yang berbeda. Lalu bagaimana cara ganti wiper mobil?

Cara Ganti Wiper Mobil di Rumah

Salah satu masalah yang sering ditemui pada wiper adalah karet yang sudah getas dan mengeras karena sering terkena panas matahari dan debu. Karet wiper yang sudah mengeras tidak akan bekerja maksimal, daya hapusnya kurang baik, bahkan bisa menyebabkan kaca mobil menjadi baret. Maka dari itu kamu harus segera mengganti wiper mobil.

Untuk mengganti wiper mobil, kamu perlu tahu cara melepas wiper dan cara memasang wiper. Kalau ingin ganti karet wiper, pastikan ukurannya sama dengan standar. Cara mengukur panjang wiper bisa memakai penggaris. Berikut panduannya.

1. Lepas wiper lama

Cara melepas wiper lama adalah dengan mengangkatnya terlebih dahulu ke arah atas seperti saat mencuci mobil. Kemudian tekan pengunci atau klip pada bagian tengah. Tekan klip tersebut lalu dorong wiper ke bawah. Wiper akan terlepas.

Jika kamu menggunakan wiper model frame, cara melepasnya adalah dengan mengarahkan wiper ke atas lalu tekan penjepit tangkai pada frame. Setelah itu dorong frame ke bawah. Cara melepas wiper model tanpa frame adalah buka pengunci pengait wiper baru lepas wiper dengan mendorongnya ke arah bawah.

Perhatikan posisi wiper agar tidak jatuh menimpa kaca. Cara mengantisipasinya adalah dengan membungkus lap tebal pada ujung tangkai.

2. Memasang wiper baru

Sebelum membeli wiper baru, kamu harus tahu berapa ukuran panjang wiper kamu. Wiper yang terlalu pendek akan sulit menghapus air atau kotoran pada kaca depan. Sementara kalau ukurannya terlalu besar maka kedua wiper bisa bertabrakan.

Cara memasang wiper mobil yang pertama adalah posisikan klip dengan besi wiper. Setelah itu sangkutkan klip dan besi wiper tersebut. Dorong ke arah atas. Apabila sudah “klik”, artinya wiper sudah terpasang. Setelah terpasang, kamu bisa juga membersihkan kedua karet wiper menggunakan lap kering, baru turunkan wiper.

Pastikan sudah terpasang dengan benar agar karet tidak terlepas dan merusak kaca depan mobil. Cara mengecek apakah wiper sudah terpasang dengan benar atau tidak adalah dengan menggeser-gesernya. Sebelum itu, bersihkan dulu kaca depan mobil ya.

Tips Merawat Wiper Mobil

Wiper mobil memiliki usia pakai. Tetapi jangan sampai kamu sering mengganti wiper mobil karena lalai tidak merawatnya. Agar tidak terlalu sering mengganti wiper mobil, beberapa tips ini dapat kamu terapkan sebagai upaya agar wiper mobil lebih awet. Apa saja cara ganti wiper mobil? Yuk kita simak.

1. Mengecek karet wiper

Wiper memiliki bagian blade (rangka besi) dan karet wiper. Karet wiper ini yang berfungsi mengusap air atau kotoran pada kaca depan mobil, terutama digunakan pada saat menerjang hujan.

Fungsinya yang penting ini menyebabkan wiper mobil harus selalu dicek. Hal yang sering menjadi penyebab wiper mobil tidak berfungsi optimal adalah sering memarkir kendaraan di tempat yang terik,

2. Rawat bagian poros wiper

Kemudian, perhatikan juga poros wiper mobil. Poros ini yang berperan menjaga gerakan wiper. Agar penggunaan wiper lebih awet, kamu bisa memberikan pelumas pada wiper secara berkala. Pelumas ini berfungsi agar poros tidak aus dan putarannya tidak lambat saat musim hujan.

3. Berhati-hati saat mencuci

Kamu perlu rajin membersihkan atau mengelap wiper kaca mobil. Kotoran yang mengerak akan membuat wiper menjadi kotor dan daya usapnya tidak maksimal. Ada bagian permukaan wiper yang memiliki cairan khusus. Cairan ini berfungsi sebagai pelindung dan pelembap.

4. Menyiram wiper

Wiper justru akan lebih baik jika dibersihkan dengan air bersih saja dan membiarkannya mengering sendiri. Tetapi jangan mengeringkan dengan lap karena bisa menghilangkan cairan khusus pada permukaan wiper.

5. Isi cairan wiper 

Di dalam ruang mesin ada tangki khusus yang berfungsi menyimpan cairan pembersih kaca mobil. Cairan pembersih ini bisa melicinkan kaca jadi gerakan wiper tidak tersendat dan tidak membuat kaca tergores oleh wiper.

6. Ganti wiper secara berkala 

Apa kamu bertanya-tanya, kapan ganti wiper mobil? Meskipun telah merawatnya, tetapi tidak berarti wiper dapat digunakan selamanya. Wiper memiliki usia pakai dengan jangka waktu kurang lebih satu tahun. Jadi kalau sudah mencapai satu tahun, sebaiknya kamu mengganti wiper. Cara ganti wiper mobil seperti yang telah dijelaskan di atas.

Sekian informasi tentang cara ganti wiper mobil dan juga tips merawat wiper mobil. Mudah, kan?
Jika kamu membutuhkan perawatan lainnya, kamu bisa menginstal aplikasi Otoklix dan temukan berbagai penawaran menarik dan perawatan mobil terlengkap dari 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek.