Manuver mobil sering kali sulit dilakukan pengendara karena beberapa alasan. Kondisi jalan yang zig-zag dan menanjak, tikungan tajam, beban mobil yang tidak seimbang, ditambah cuaca hujan ekstrim yang dapat mengakibatkan pengendara kesulitan dalam mengontrol kendaraannya. Alhasil, masalah ban selip pun rentan terjadi dan berujung pada risiko kecelakaan.

Baca juga: 9 Tips Berkendara di Musim Hujan yang Perlu Diperhatikan

Mengatasi masalah ini, OtoFriends harus tahu bagaimana cara melakukan manuver mobil dengan baik. Hal ini dapat membantu OtoFriends berkendara dengan selamat meski harus melewati medan yang berat sekalipun.

Apa Itu Manuver Mobil?

Manuver mobil merupakan variasi dalam mengendarai mobil. Ada dua jenis manuver mobil, manuver ekstrim dan manuver aman. Manuver ekstrim memberikan dampak buruk kepada pengendara jika tidak bisa mengontrol emosi dan kendaraanya dengan baik. Sebaliknya, manuver aman berarti pengendara dapat berkendara dengan penuh tanggung jawab dan emosi yang stabil. 

Melakukan manuver mobil adalah hal yang wajib dan harus bisa dilakukan oleh setiap pengendara. Terlebih jika OtoFriends sering berkendara melewati jalan menanjak dan tikungan tajam. Lantas bagaimana cara tepat agar bisa melakukan manuver mobil dengan aman? Berikut tipsnya untuk OtoFriends.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Manuver Mobil

Ada beberapa teknik khusus yang bisa OtoFriends lakukan untuk bisa melakukan manuver mobil dengan aman. Tahap terpenting adalah, OtoFriends harus mengetahui lebih dahulu setiap hal penting manuver mobil sehingga dapat terhindar dari serangan panik saat sedang melakukan manuver mobil. Adapun, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Posisi Duduk

Saat ingin berkendara, pastikan OtoFriends sudah dalam posisi duduk yang benar dan nyaman. Meskipun sepele, posisi duduk juga akan mempengaruhi manuver mobil OtoFriends. OtoFriends dapat menyesuaikan dengan pengaturan jok mobil apabila ingin menjauh atau mendekat dengan jarak kemudi. 

Adapun posisi duduk yang benar adalah badan tegak dan membentuk sudut 100 derajat. Atur posisi sandaran kursi tetap pada posisi yang tepat namun dapat membuat OtoFriends duduk dengan rileks, sehingga kaki dan tangan dapat bergerak dengan leluasa untuk mengontrol kendaraan.

Baca juga: Cara Memegang Setir Mobil yang benar Kunci Aman Berkendara

  1. Teknik Mengemudi

Teknik mengemudi yang buruk rawan membuat OtoFriends gagal dalam mengontrol kendaraan. Pastikan OtoFriends setidaknya mengetahui bagaimana dasar teknik mengemudi yang benar. Hal ini akan membantu OtoFriends dalam melakukan deselerasi atau coverbake manuver mobil secara halus sehingga keseimbangan kendaraan dapat terjaga.

  1. Pergerakkan atau Kecepatan Berkendara

Hal lain yang harus OtoFriends kuasai dalam melakukan manuver mobil adalah pergerakkan atau kecepatan berkendara. Pastikan otoFriends selalu berkendara selaras dengan kondisi jalan atau lalu lintas. Selalu perhatikan jarak mobil otoFriends dengan pengendara mobil lainnya. Patuhi setiap rambu-rambu lalu lintas, atur kecepatan mengemudi, dan jangan lupa untuk selalu berkendara di lajur jalan yang benar. Hal ini berguna untuk membantu OtoFriends terhindar dari hal-hal yang dapat mengancam keselamatan OtoFriends saat di perjalanan. 

  1. Track Area

Terakhir, track area. Pastikan OtoFriends mengetahui jalur jalan yang akan OtoFriends lewati. Mengenal kondisi jalan terlebih dahulu akan membantu OtoFriends lebih siap secara mental dan fisik berkendara di medan yang berat. 

OtoFriends perlu mengetahui lebar jalan, kondisi permukaan, hingga lingkungan jalur yang akan dilewati. Adapun secara umum lebar jalan rata-rata adalah 3 hingga 3.5 meter, tergantung dari jenis dan kelas jalanan. JIka memang OtoFriends akan melewati tikungan tajam, OtoFriends dapat dengan mudah melakukan manuver mobil karena sudah menyiapkan diri terlebih dahulu.

Begitu pula dengan kondisi permukaan jalan. Kondisi jalan yang terjal, berlubang, hingga licin dapat berisiko membuat OtoFriends panik sehingga tidak dapat mengontrol manuver mobil dengan baik. Mengatasi hal ini OtoFriends dapat membaca maps terlebih dahulu untuk mengetahui medan jalan yang akan ditempuh.

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara

Sudah tahu 4 tips melakukan manuver mobil dengan baik dan benar, OtoFriends perlu mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum berkendara, yaitu:

  1. Kondisi Mobil

Memperhatikan kondisi mesin mobil wajib dilakukan terlebih jika OtoFriends ingin bepergian jarak jauh. Ada baiknya melakukan perencanaan perjalanan, sehingga OtoFriends dapat menentukan kapan harus membawa mobil ke bengkel untuk pengecekkan kondisi mesin mobil OtoFriends. Setiap komponen mesin mobil harus dilumasi dengan baik sehingga tidak mudah aus saat digunakan. 

Pastikan air radiator juga terisi penuh sehingga dapat terhindar dari masalah mobil overheat di tengah perjalanan. Pastikan pula kondisi ban mobil OtoFriends sudah dalam tekanan yang sesuai, sehingga Otofriends tidak perlu khawatir akan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jika kondisi mobil sudah dalam keadaan baik, maka otoFriends hanya perlu mempersiapkan diri untuk fokus berkendara dan melakukan manuver mobil dengan benar.

  1. Kesehatan Fisik Pengemudi

Selain memperhatikan kondisi mobil, penting untuk memperhatikan kondisi fisik OtoFriends sebagai pengendara. Pastikan OtoFriends tidak minum minuman beralkohol, begadang, atau berkendara dalam kondisi badan yang tidak sehat. 

Berhadapan dengan medan jalan yang berat akan susah jika OtoFriends tidak punya cukup tenaga untuk berpikir dan mengontrol manuver mobil dengan baik. Makanlah makanan yang bergizi sebelum berkendara, minum air putih yang cukup, dan sediakan cemilan dan obat-obatan untuk mengantisipasi perut lapar atau kondisi darurat lainnya.

Baca juga: 9 Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik mobil

  1. Pemilihan Rute dan Waktu Keberangkatan

Pemilihan rute dan waktu keberangkatan yang salah akan membuat OtoFriends kesulitan mengendalikan manuver mobil, terlebih jika medan jalan yang dilalui cukup menantang. Sebagai contoh, jangan memilih berkendara pada malam hari di jalur pegunungan yang terjal. Hal ini tentu dapat membahayakan kondisi Otofriends sendiri. 

Pilihlah rute perjalanan yang aman dan sering dilintasi orang banyak, sehingga jika terjadi sesuatu OtoFriends dapat dengan mudah meminta pertolongan. Begitu pula dengan waktu keberangkatan. Berkendara pada pagi dan siang hari menjadi pilihan yang tepat untuk menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan terjadi.

Berkendara dengan manuver mobil memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak pertimbangan dan tenaga yang harus dikeluarkan demi menjaga mobil tetap dalam keseimbangannya. Gunakan tips yang sudah Otoklix bagikan untuk pengalaman berkendara OtoFriends yang menyenangkan. 

Pertanyaan Seputar Manuver Mobil

Manuver mobil merupakan variasi dalam mengendarai mobil. Ada dua jenis manuver mobil, manuver ekstrim dan manuver aman. Manuver ekstrim memberikan dampak buruk kepada pengendara jika tidak bisa mengontrol emosi dan kendaraanya dengan baik. Sebaliknya, manuver aman berarti pengendara dapat berkendara dengan penuh tanggung jawab dan emosi yang stabil.

4 hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan manuver mobil yaitu posisi duduk, teknik berkendara, kecepatan dan jarak, serta track area.

Setiap steering wheel diputar 360 derajat, roda akan berputar 15 derajat. Semakin besar rasio maka semakin lambat manuvernya. Semakin kecil rasio maka semakin cepat manuvernya.