Setiap komponen mobil memiliki masa pakai, meskipun ada yang lama, ada pula yang harus selalu diganti. Begitu pula dengan aki. Umur aki mobil dipengaruhi oleh berbagai kondisi.

Berapa lama umur aki mobil? Hal apa saja yang mempengaruhi usia pakai aki mobil? Bagaimana cara memperpanjang usia aki mobil? Simak informasi selengkapnya.

Berapa Usia Pakai Aki Mobil?

Aki mobil bisa memiliki usia yang panjang, bisa pula singkat, tergantung bagaimana pemakaian dari pemilik kendaraan. Umumnya umur aki kering maupun basah pada mobil adalah sekitar 2-5 tahun. 

Untuk pemakaian normal, biasanya aki akan bertahan 1-3 tahun. Karena usia pakai yang cukup lama ini yang membuat pemilik kendaraan sering lupa mengganti aki mobil.

Penyebab Usia Aki Mobil Pendek 

Kondisi pertama yang menyebabkan usia aki mobil menjadi pendek adalah faktor cuaca. Mesin mobil yang sedang bekerja akan menghasilkan panas. Apalagi ditambah cuaca yang panas. Keadaan ini membuat cairan aki lebih mudah menguap dan air aki lebih cepat habis.

Membiarkan aki dengan air yang berkurang untuk waktu yang lama akan merusak sel-sel baterai dalam aki. Maka dari itu, umumnya umur aki mobil lebih pendek pada cuaca tropis.

Penyebab kedua adalah mobil jarang digunakan. Mobil yang jarang digunakan dan lebih sering berada di garasi membuat daya aki jarang terisi. Sehingga semakin lama muatan listrik dalam aki mobil menjadi berkurang bahkan hilang.

Alternator pada mobil akan mengisi aki dengan arus listrik yang maksimal saat mesin berada di putaran sekitar 2.000 rpm. Maka dari itu, tak jarang mobil yang sering menempuh jarang jauh memiliki umur aki mobil yang lebih pendek.

Tips Memperpanjang Usia Aki Mobil

Beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk menjaga usia pakai aki mobil menjadi lebih panjang. Paling tidak bisa bertahan 2-5 tahun agar tidak cepat ganti aki.

1. Rajin memanaskan mobil

Memperpanjang umur aki mobil dapat dilakukan dengan rajin memanaskan mobil selama dua hari sekali atau maksimal sekali seminggu bisa menjaga aki mobil tetap berfungsi normal. Kamu bisa membawanya bepergian untuk waktu yang singkat.

Bawa mobil berjalan agak cepat sampai mencapai 2.000 rpm agar listrik dalam aki kembali terisi.

2. Pastikan aki terikat dengan baik

Pastikan aki mobil terikat dengan baik pada klemnya. Aki yang tidak terikat dapat terguncang dan bisa mengakibatkan korsleting.

3. Mematikan komponen mobil

Setelah menggunakan mobil pada malam hari, pastikan mematikan lampu-lampu ketika mobil sudah tidak dipakai. Lampu depan atau lampu dalam mobil yang menyala terus menerus dapat membuat aki mobil tekor.

Selain itu, membiarkan AC dan radio menyala ketika mesin mobil mati juga dapat membebani aki. Ada anggapan keliru bahwa ketika mesin kembali dinyalakan energi aki akan kembali terisi, ternyata hal itu salah. Malah membuat aki cepat soak.

4. Cek kondisi aki

Kamu bisa melakukan pengecekan kondisi aki secara berkala. Komponen yang pertama dicek adalah karat atau kotoran yang menempel pada terminal aki. Kotoran ini bisa menjadi penghambat arus listrik. 

Cara membersihkan kerak, karat, atau kotoran pada aki bisa dengan mencungkil menggunakan obeng atau menggunakan ampelas halus. Selain itu cek pula kondisi cairan aki pada aki basah agar tidak berkurang di bawah batas minimum.

5. Melepas aksesori berlebihan 

Cara memperpanjang umur aki mobil berikutnya adalah melepas aksesori berlebihan pada mobil. Pemakaian aksesoris berlebihan pada mobil yang tidak sesuai dengan kapasitas aki dapat membebani aki mobil sehingga menjadi cepat tekor atau soak. Maka dari itu, lepas aksesori berlebihan seperti sound system yang memakai daya listrik besar. Solusi lainnya adalah dengan mengganti aki sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

6. Mengecek tanggal produksi aki

Sebelum membeli aki yang baru, sebaiknya kamu mengecek tanggal produksi aki terlebih dahulu. Terutama untuk aki kering. Umumnya aki kering akan bertahan 2 tahun untuk pemakaian normal. 

Jika kurang dari 2 tahun, bisa jadi terdapat masalah pada aki atau pada beban penggunaan aki mobil. Kamu bisa mencatatnya agar memudahkan mengecek umur aki mobil.

7. Mengecas aki mobil

Mengecas aki mobil saat aki terasa lemah bisa menjadi salah satu cara menjaga muatan kelistrikan pada aki mobil. Kamu bisa menggunakan charger aki atau ke bengkel aki untuk dilakukan pengecasan.

Mengecas aki juga harus menggunakan cara yang benar. Terkadang aki akan menerima kelebihan daya akibat alat charger yang tidak otomatis. Hal ini justru bisa merusak aki apabila aki ditinggal saat di-charge. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena saat ini ada charger aki otomatis yang akan berhenti mengisi daya saat sudah full.

8. Melakukan servis berkala

Melakukan servis berkala dapat menjadi salah satu cara mengetahui kondisi aki. Kamu bisa meminta pihak bengkel untuk mengecek dan memperbaiki kondisi aki jika memungkinkan.

Itu tadi beberapa hal yang mengakibatkan umur aki mobil menjadi pendek dan 8 cara merawatnya untuk memperpanjang usia aki.
Dapatkan aki terbaik di toko aki terdekat di aplikasi Otoklix.com. Harga aki yang bersaing dan promo menarik dapat kamu temukan di halaman Ganti Aki Otoklix.