Usia oli Federal mobil memang belum terlalu lama. Pertama kali Federal Mobil Lubricants diluncurkan oleh PT Federal Karyatama pada 12 April 2015. Masih terhitung muda jika dibandingkan dengan produsen oli mobil lainnya. Apalagi untuk oli motor, Federal telah ada sejak tahun 1988.

Sampai sekarang, oli Federal untuk mobil sudah memiliki 4 varian, yaitu Federal Mobil Rextron 0W-20, Federal Mobil Rextron 5W-30, dan Federal Mobil Rextron 10W-40 untuk mobil bermesin bensin. Sementara satu varian lagi untuk mobil mesin diesel, yaitu Federal Mobil Deltron 15W-40.

Apa saja keunggulan dari oli Federal ini? Mari simak artikel otomotif dari Otoklix berikut ini.

Keunggulan Oli Federal untuk Mobil

Sejumlah ini menjadi keunggulan tersendiri bagi oli Federal sehingga dipercaya oleh pengguna mobil di Indonesia. Mulai dari bahan penyusun yang full synthetic, hemat bahan bakar, dan lainnya yang bisa dirasakan ketika menggunakan oli Federal.

1. Membuat pelumas di pabrik sendiri

Sejak tahun 1988, PT Federal Karyatama memang sudah memiliki pabrik sendiri. Lokasi awalnya berada di Kawasan Industri Pulo Gadung. Kini sudah ada pabrik baru di kawasan Cilegon. Dengan adanya pabrik sendiri di Indonesia, produsen mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar secara cepat. Sehingga, produsen bisa melakkan inovasi, meningkatkan kualitas, dan kuantitas dengan cepat.

2. Full synthetic dengan beragam teknologi

Semua pelumas Federal sudah menggunakan bahan full synthetic, bahkan sampai dengan varian 10W-40. Beragam teknologi dan inovasi juga disematkan ke dalam formulasi pelumas ini, sehingga dapat beradaptasi dengan kondisi berkendara, khususnya di perkotaan yang biasanya menghasilkan panas berlebih pada mesin akibat macet, padat, dan jalanan yang berdebu.

Teknologi yang digunakan di antaranya adalah Antiheat Technology. Teknologi ini mengandung Active Polymer dan sudah memenuhi spesifikasi tertinggi standar API SN dan ILSAC GFDS, serta performa dexos 1. Teknologi ini mampu membuat mesin mobil keluaran terbaru menjadi lebih stabil serta penggunaan bahan bakar yang efisien.

Menggunakan oli dengan bahan full synthetic juga bisa memperpanjang usia komponen mesin kendaraan. Selain itu juga dapat mencegah timbulnya kerak sisa hasil pembakaran, sehingga kinerja mesin lebih ringa, suara lebih halus, tarikan lebih enteng, dan tentunya membuat mesin lebih bertahan lama.

3. Dapat digunakan pada berbagai jenis kendaraan

Penggunaan pelumas Federal ini cocok digunakan pada mobil tipe apa saja. Misalnya LCGC, City Car, MPV, compact SUV, dan jenis mobil penumpang lainnya. Jangan lupa sesuaikan dengan spesifikasi kendaraan ya.

4. Memenuhi standar EURO 4 Ready

Pelumas Federal ini sudah menjadi pelumas Euro 3 Ready karena spesifikasinya yang sudah sesuai standar API SN. Jadi, semua varian oli Federal sudah memenuhi standar emisis Euro 4 yang ditetapkan oleh pemerintah. Oli ini juga sudah bersertifikasi SNI. Selain ramah lingkungan, ramah juga bagi konsumen.

5. Cocok digunakan pada mobil keluaran terbaru

Oli Federal cocok digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru, yaitu mobil di atas tahun 2005, baik mobil matic maupun manual. Pasalnya, pelumas ini tersedia dalam varian 10W-40, 5W-30, dan 0W-20. Varian ini memiliki kekentalan yang cukup encer. Sementara mobil lawas lebih cocok menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi.

Hanya saja, kembali kepada spesifikasi mobilnya. Memang, mobil di bawah tahun 2005 cenderung menggunakan oli yang lebih kental. Tetapi, bisa juga menggunakan pelumas 10W-40 apabila speknya cocok. Kamu bisa mengeceknya pada buku manual kendaraan ya.

6. Hemat BBM

Siapa pengendara yang tidak ingin hemat BBM ketika mobil digunakan? Apalagi jika digunakan secara rutin setiap hari. Oleh sebab itu, oli dengan keunggulan hemat penggunaan bahan bakar adalah salah satu poin utama yang perlu disoroti.

Mobil akan hemat bahan bakar apabila selalu melakukan perawatan secara rutin. Salah satunya adalah menggunakan oli yang sesuai spesifikasi mesin mobil.

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil tidak akan memberikan fungsi pelumasan yang maksimal. Maka mobil akan dipaksa bekerja lebih keras dan mencari sumber tenaga lain, yaitu bahan bakar. Jadi, konsumsi bahan bakar akan semakin besar.

Oli Federal memiliki beberapa varian yang bisa kamu pilih untuk menyesuaikan dengan mesin mobil kamu.

7. Harga terjangkau

Poin ini juga sangat berpengaruh terhadap pertimbangan memilih oli. Apalagi jika ada oli dengan kualitas bagus, tetapi memiliki harga yang cukup terjangkau, seperti oli Federal.

Harga oli Federal per liter untuk Federal Lubricant Rextron 5W-30 adalah Rp135 ribuan. Sedangkan varian Rextron 10W-40 dibanderol sekitar Rp85 ribuan. Sementara itu untuk harga oli Federal varian Federal Deltron dibanderol dengan harga Rp70 ribuan. 

Tanda Mobil Perlu Ganti Oli

Tidak hanya memilih oli yang berkualitas, tetapi kamu juga harus memperhatikan apa saja tanda mobil perlu ganti oli.

Pasalnya, menggunakan oli sebagus apa pun apabila tidak rutin diganti, kualitasnya tetap bisa menurun sehingga berpengaruh terhadap performa mesin mobil. Ini dia beberapa tanda mesin perlu ganti oli.

1. Suara kasar pada mesin

Apabila pertama kali mesin dinyalakan dan kamu mendengar suara kasar, itu bmenjadi salah satu tanda oli perlu diganti. Artinya, oli sudah terkontaminasi dengan kotoran sehingga kualitas oli menurun dan tidak bisa meredam suara akibat gesekan komponen-komponen mesin.

2. Perubahan warna oli

Tanda ini bisa dilihat secara kasat mata. Cara mengeceknya adalah dengan membuka tangki oli dan melihat langsung kondisi oli. Bisa juga dengan melihat melalui dipstik. Jangan lupa lakukan ketika mesin dingin ya. Tanda oli sudah perlu diganti adalah apabila warnanya sudah kehitaman. Padahal, oli yang bagus akan berwarna kuning bening.

3. Lampu indikator oli menyala

Pada dashboard mobil terdapat beberapa lampu indikator, termasuk lampu indikator yang biasanya berbentuk seperti teko atau corong dengan tetesan oli. Lampu ini akan menyala apabila volume oli kurang atau kualitas oli sudah tidak bagus.

4. Akselerasi berat dan getaran mesin terasa

Tanda oli harus diganti berikutnya adalah ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi terasa tidak bertenaga. Padahal pedal gas sudah diinjak mendalam. Selain itu, mesin juga terasa bergetar.

5. Asap knalpot berwarna

Asap mobil seharusnya berwarna transparan. Apabila asapnya sudah berwarna putih atau kehitaman, artinya ada oli yang menguap dan masuk ke ruang bakar. Oli ini sudah menghitam dan jelek, maka dari itu asapnya juga berwarna kehitaman.

Itu dia informasi tentang oli Federal dan tanda harus ganti oli. Jika menemukan tanda-tanda di atas, segera ganti oli mobil di bengkel terdekat.

Cara mencari bengkel ganti oli terdekat dengan mudah adalah dengan menginstal aplikasi Otoklix. Kamu bisa langsung booking layanan ganti oli dan membayar sesuai harga yang tertera di aplikasi. Banyak promo ganti oli, lho!