Pompa ban mobil elektrik menjadi pilihan tepat bagi pemilik kendaraan yang ingin memiliki pompa portable untuk dibawa di dalam mobil. Selain praktis, pompa ban mobil elektrik juga mudah digunakan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga seperti pompa manual.

Maka dari itu, pompa ban mobil elektrik ini menjadi barang wajib yang perlu kamu miliki di dalam kendaraan. Biasanya, jenis pompa ban mobil elektrik ini memiliki ukuran kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam mobil tanpa memakan tempat.

Selain itu, berbeda dengan pompa manual, pompa ban mobil elektrik ini juga biasanya sudah dilengkapi dengan pengukur tekanan ban untuk memudahkan dalam mengisi angin.

Sebelum membeli, penting untuk kamu mengetahui jenis pompa ban mobil elektrik yang tepat untuk mobil kamu. Jangan sampai kamu salah membeli. Otoklix akan mencarikan rekomendasi pompa ban mobil elektrik terbaik untuk kamu. Berikut ulasannya!

Cara Kerja Pompa Ban Mobil Elektrik

Cara menggunakan pompa ban mobil elektrik ini sangat mudah. Untuk beberapa tipe pompa ban mobil elektrik cukup menggunakan arus dari ACCU yang ada di kendaraan. Tetapi ada juga jenis pompa ban mobil elektrik yang portabel menggunakan baterai.

Rata-rata cara kerja pompa ban mobil elektrik saat memompa mobil relatif tidak banyak berbeda.

  • Pertama, siapkan pompa ban mobil elektrik, lalu letakkan konektor pada klep atau pentil ban mobil, lalu putar konektor hingga pastikan tertutup.
  • Lalu, hubungan klep pompa ban mobil dengan terminal ACCU, kemudian ubah saklar ke posisi ON.
  • Selanjutnya, atur seberapa banyak tekanan angin yang akan kamu isi mengacu indikator yang ada di pompa ban mobil elektrik. Misalnya, tekanan 33 PSI, lalu pencet tombol power untuk memompa. Saat tekanan ban sudah terisi sesuai dengan ukuran yang diatur, biasanya proses pengisian angin pun otomatis berhenti.
  • Usai proses pompa selesai, ubah posisi saklar menjadi off, lalu lepaskan klip dari ACCU.

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Pompa Ban Mobil Elektrik

Kelebihan:

  • Mudah dan ringkas digunakan
  • Memiliki fitur lengkap seperti tombol otomatis on/off, pengukur tekanan ban, indikator LED dan juga lampu
  •  Berukuran kecil sehingga praktis dibawa kemana-mana

Kekurangan:

  • Harga relatif mahal untuk pompa ban kualitas bagus dibanding pompa manual
  •  Mudah rusak jika digunakan tidak sesuai petunjuk

Tips Memilih Pompa Ban Mobil Elektrik

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat hendak membeli atau memilih pompa ban mobil elektrik. Pastikan ban mobil yang akan kamu beli disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Selain itu, jangan sampai salah memilih pompa ban elektrik yang sesuai dengan kendaraan kamu.

1. Pastikan pilih pompa berkualitas

Tips pertama memilih pompa ban mobil terbaik adalah yang berkualitas. Pompa ban mobil berkualitas tidak selalu yang paling mahal. Pastikan terlebih dahulu mengecek pompa ban mobil yang kamu beli, apakah memiliki ulasan tentang ketahanan produk agar bisa awet digunakan.

2. Pilih pompa ban mobil sesuai mobil

Jangan asal beli pompa ban mobil elektrik. Pastikan mengecek tekanan Pounds per Square Inch atau Psi pada pompa akan bisa digunakan untuk jenis ban mobil kamu. Sebab, semakin besar jenis ban mobil kamu, semakin membutuhkan pompa dengan kekuatan Psi besar. Karenanya, pastikan pompa yang kamu beli sesuai dengan jenis ban mobil kamu.

3. Pilih pompa ban multifungsi

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat memilih pompa ban mobil elektrik adalah fiturnya. Karena itu, usahakan pompa ban mobil elektrik yang kamu pilih memiliki fitur lengkap mulai dari tombol otomatis on/off, pengukur tekanan ban, indikator LED dan juga lampu. Tak hanya itu, pompa ban mobil sebaiknya multifungsi, tak hanya untuk mobil tetapi juga untuk motor, sepeda, ban, maupun kasur berisi udara.

4. Pilih pompa ban portabel dan ringkas

Karena akan kamu sering bawa di dalam mobil kemana-mana, pastikan memilih pompa ban mobil elektrik  yang portabel dan ringkas. Sehingga kamu tidak perlu khawatir, pompa ban mobil elektrik kamu akan memakan banyak tempat di mobil.

Rekomendasi Pompa Ban Mobil Elektrik dan Harga

Pompa ban mobil elektrik memiliki beragam jenis dan merek di pasaran. Kamu bisa memilih pompa ban mobil sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran yang kamu miliki. Namun, ada beberapa yang bisa kamu pilih dari sejumlah merek pompa ban mobil di bawah ini.

Pompa Ban Mobil ElektrikHarga
Kenmaster Mini Air CompressorRp189 ribu
EAFC Inflator Pompa Angin Elektrik LCD CSLPo3Rp210 ribu
RYU RCC12 Pompa Angin Ban Mobil DCRp280 ribu
USAMS ZB215 Mini Car Air Pump Portable 5000mAhRp399 ribu
NOTALE NTL-CP299 Portable Air Pump Pompa Angin EmergencyRp399 ribu
NGCO Pompa Ban ElektrikRp450 ribu
Xiaomi Portable Electric Air CompressorRp520 ribu
Coido 6218Rp700 ribu

Jadi, ada banyak jenis dan merek pompa ban mobil elektrik yang ada di pasaran. Pastikan memilih pompa ban mobil sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Perlu kamu ingat, keberadaan pompa ban mobil elektrik ini penting untuk membantu dalam situasi darurat seperti ban kempis tiba-tiba atau kurang angin karena cuaca dingin.

Namun, jika memompa ban tidak cukup dan terdapat masalah pada ban mobil kamu. Segeralah ganti ban demi keselamatan berkendara. Kamu bisa mencari bengkel ban terdekat untuk mengganti ban mobil melalui aplikasi Otoklik!