Memiliki mobil mewah, menawan dan berkelas tinggi tentu menjadi idaman banyak orang. Namun, tidak banyak mobil yang masuk dalam kategori tersebut. Jika Anda berniat mencari mobil mewah terbaik maka BMW z4 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mobil ini tergolong pada mobil sport yang mewah dengan tampilan yang elegan dan berkelas tinggi. Jadi, tidak heran jika harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan mobil-mobil lainnya.

Namun, hal ini sepadan dengan fitur, teknologi maupun kelebihan yang dimilikinya. Oleh karena itu, OtoFriends harus mengetahui hal ini lebih lanjut.

Spesifikasi Lengkap BMW z4

Mobil sport BMW z4 tentu memiliki spesifikasi yang menawan dan juga menarik. Hal ini wajib Anda ketahui agar bisa memutuskannya dengan baik. Adapun spesifikasi mobil ini terdiri dari:

Dimensi 

Mobil BMW z4 memiliki dimensi yang cukup besar untuk mobil sport. Jadi, kenyamanan ketika berkendara menjadi tujuan utama dari mobil ini. Adapun dimensi lengkap mobil tersebut terdiri dari:

  • Tinggi 1.304 mm
  • Panjang 4.324 mm
  • Lebar 1.864 mm
  • Jarak sumbu roda 2.470 mm

Mesin 

Hal lain yang harus OtoFriends perhatikan tentu saja mesin. Karena, mobil sport pastinya memakai mesin bertenaga tinggi sehingga kecepatan mobil yang identik dengan mobil sport tetap dapat Anda rasakan.

Mesin yang digunakan pada BMW z4 menggunakan 1.998 cc dengan tipe drive rear wheel drive (RWD). Konfigurasi mesin berupa BMW Twin Power Turbo dengan total silinder sebanyak 4 buah.

Kemudian, mesin ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar utamanya dengan konfigurasi transmisi berupa automatic dengan 8 speed.

Baca juga: Mobil BMW Bekas Harga di Bawah 100 Juta Terbaik

Performa

Mesin yang dipasang pada mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 387 hp serta torsi maksimal pada 500 Nm. Jadi, tenaga sebesar itu mampu membuat BMW z4 melesat hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam jangka waktu 4,1 detik saja.

Suspensi

Kemudian dari sisi suspensi mobil sport ini menggunakan MacPherson Strut yang terbukti tangguh dapat meredam getaran dan goncangan sehingga berkendara menjadi lebih nyaman. Sedangkan pada suspensi belakang menggunakan multi link.

Mobil satu ini menggunakan ventilated disc baik itu pada rem depan maupun belakang.

Eksterior

Baik BMW z4 bekas ataupun baru memiliki tampilan eksterior yang sporty dan menawan. Tentu, eksterior tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung performanya. Contohnya saja lampu depan yang memakai adaptive LED headlight termasuk di dalamnya ada BMW selective beam.

Walaupun dikatakan tidak memakai lampu kabut, namun fitur tersebut memberikan fungsi yang sama jadi Anda bisa memakai mobil ini dikondisi berkabut sekaligus. Pada lampu belakang memakai LED biasa yang tetap baik dan memberikan penerangan yang tepat sehingga pengemudi lain bisa melihatnya dengan mudah.

Kaca spion pada kendaraan ini memakai teknologi electric auto folding mirror yang bekerja dengan baik. Anda tetap bisa mengatur spion secara manual jika dibutuhkan.

Baca juga: Ban Mobil Sedan: Tekanan Angin Ideal, Ukuran, dan Pilihannya

Velg dan Ban

Hal yang cukup unik dari mobil satu ini adalah perbedaan penggunaan bannya. Pada ban depan BMW z4 memakai ban berukuran 255/40 dan bagian belakang memakai ban berukuran 265/35. Kemudian, material velg yang dipakai adalah alloy wheels dengan ukuran 18 inch.

Safety

Mobil sport mewah tentunya harus dilengkapi dengan seperangkat fitur keamanan yang memadai. Adapun sistem keamanan yang dipakai adalah alarm dan engine immobilizer yang berguna untuk mencegah maling.

Selain itu, terdapat beberapa fitur keselamatan aktif yang terdiri dari:

  • Anti lock braking system
  • Brake assist
  • Electronic brake distribution
  • Sensor parkir
  • Rearview camera
  • Uphill & downhill assist control
  • Vehicle stability control system

Kemudian, Anda juga bisa menemukan beberapa keselamatan pasif yang terpasang pada mobil ini, seperti:

  • ISOFIX
  • Sabuk pengaman depan dengan berbagai fitur yang menarik dan pastinya meningkatkan keamanan penggunanya.
  • Airbag system yang tersedia baik pada kursi penumpang dan pengendara terutama di bagian depan dan sampingnya.

Kelebihan BMW z4

Mobil BMW z4 baru tentu memiliki berbagai kelebihan yang menawan dan memukau. Adapun kelebihan mobil ini terdiri dari:

  • Tampilan dan fitur serta teknologi pada eksterior mobil ini memiliki kesan sporty dan berkelas, mewah dan pastinya menawan.
  • Selain eksterior, interior mobil ini juga tidak kalah menawan. Tentunya terdapat berbagai teknologi dan fitur menarik dan pastinya membuat nyaman dua orang di dalamnya.
  • Mesin yang dipakai memiliki tenaga yang tinggi sehingga membuatnya sangat handal dijalanan.

Kekurangan BMW z4

Walaupun memiliki banyak kelebihan mobil BMW z4 lama ataupun baru pasti memiliki kekurangan tersendiri. Karena sebaik apapun mobil tersebut pasti terdapat kekurangan yang sangat jelas, seperti:

  • Harganya cukup mahal sehingga OtoFriends harus mempertimbangkannya dengan matang sebelum memilikinya.
  • Biaya perawatan dan spare partnya cukup mahal.
  • Ground clearance yang rendah sehingga membuatnya lebih cocok dipakai pada jalan perkotaan ataupun tol yang lurus dan mulus.

Baca juga: 13 Mobil Sedan Terbaik di Kelasnya, Mewah dan Berkelas

Harga BMW z4

BMW z4 harga tentu cukup mahal. Setidaknya mobil ini dibanderol antara Rp1,64 milyar hingga Rp1,88 milyar. Tentu terdapat dua tipe utama dari mobil ini yaitu BMW z4 sDrive301 M sport yang dibanderol sebesar Rp1,64 milyar.

Sedangkan tipe lainnya yaitu BMW M40i yang dibanderol sebesar Rp1,88 milyar. Jadi, Anda bisa memilih mobil terbaik sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing.

Mobil BMW z4 ini harus dirawat sebaik mungkin. Cara paling mudah dan paling cepat adalah dengan memakai bengkel terbaik yang terdaftar di Otoklix.com. Mengapa? Karena bengkel yang terdaftar dalam website ini memiliki biaya dan pelayanan terbaik yang pastinya membantu performa mobil agar tetap berada dikondisi puncaknya.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar BMW Z4

Harganya berkisar antara Rp1,64 milyar hingga Rp1,88 milyar. Tentu terdapat dua tipe utama dari mobil ini yaitu BMW z4 sDrive301 M sport yang dibanderol sebesar Rp1,64 milyar.
Sedangkan tipe lainnya yaitu BMW M40i yang dibanderol sebesar Rp1,88 milyar. Jadi, Anda bisa memilih mobil terbaik sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing.

Pajak tahunan BMW z4 dihitung berdasarkan harga jual dikali dengan 2%. Jadi, jika harganya Rp1 milyar maka pajaknya menjadi Rp20 juta.

Mobil sport ini memiliki jumlah bangku terbatas dengan total bangku sebanyak 2. Jadi, 1 untuk penumpang dan 1 untuk pengemudi.