Jepang telah menaklukkan Jerman pada perhelatan Piala Dunia 2022. Pada babak penyisihan Grup E, Jepang menang melawan Jerman dengan skor 2-1. Tidak hanya dalam bidang olahraga, rupanya Jerman Vs Jepang juga bersaing dalam bidang otomotif. Mobil produksi kedua negara tersebut menarik minat konsumen di seluruh dunia. Simak persaingan Jerman Vs Jepang di dunia otomotif selengkapnya!

Daftar Mobil Produksi Jerman

1. Mercedes Benz

Mobil produksi Jerman berawal dari impian dua pria bernama Karl Benz dan Gottlieb Daimler. Pada tahun 1880-an, mereka ingin mengembangkan kendaraan. Pada awal 1900-an, mobil Daimler diproduksi di kota Untertürkheim, Stuttgart.

Mobil itu pun sukses dijual oleh agen Austria yang bernama Emil Jellinek. Ia memasok mobil itu dengan nama putrinya, Mercédès.

2. Audi

Mobil merek Audi berasal dari nama penciptanya, August Horch. Nama tersebut memiliki arti “mendengar”, yang dalam Bahasa Latin menjadi “Audi”.

Banner

Mobil Audi produksi pertama adalah Audi Tipe A 10. Mobil itu memiliki tenaga 22 hp Sport-Phaeton yang diproduksi pada tahun 1910 di Zwickau, Jerman. 

3. Volkswagen

Volkswagen (VW) yang memiliki arti “mobil rakyat” diciptakan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Penamaan Volkswagen bukan tanpa alasan. Hingga awal 1930-an, pabrikan otomotif Jerman masih banyak yang memproduksi mobil mewah daripada mobil yang merakyat. Karena rakyat Jerman banyak yang tidak bisa membeli mobil, VW pun diciptakan sebagai alternatif kendaraan dengan harga terjangkau.

4. BMW

BMW adalah singkatan dari Bayerische Motoren Werke. Perusahaan otomotif ini didirikan oleh Franz Josef Popp. Selain memproduksi mobil, BMW juga memproduksi sepeda motor. BMW yang berdiri pada 1916 itu dikenal sebagai perusahaan kendaraan mewah berperforma tinggi. Selain itu, perusahaan tersebut juga menggunakan teknologi ABS.

5. Porsche AG

Porsche AG merupakan produsen kendaraan yang khusus memproduksi mobil sport, SUV, dan sedan. Perusahaan yang memiliki kantor pusat di Stuttgart ini adalah anak usaha Volkswagen AG. Selain itu, perusahaan ini juga menghasilkan beberapa kendaraan seperti Porsche 911, Porsche Boxster, Porsche Cayman, Porsche Panamera, Porsche Cayenne, Porsche Macan, dan Porsche 918.

Baca juga: 9 Merek Mobil Jerman Paling Populer di Dunia

Daftar Mobil Produksi Jepang

1. Toyota

Pasti OtoFriends sudah tidak asing lagi dengan merek mobil Toyota. Toyota Motor Corporation (TMC) adalah produsen mobil asal Jepang mendunia. Perusahaan tersebut didirikan oleh Kiichiro Toyoda pada 1937. Kini, produsen mobil terbesar di dunia ini berpusat di Toyota, Aichi.

2. Honda

Seperti halnya Toyota, Honda juga sudah mendunia. Honda Motor Company adalah produsen mobil, truk, skuter, hingga sepeda motor asal Jepang. Pada 1948, Soichiro Honda mendirikan perusahaan Honda. Produksi kendaraan dari perusahaan tersebut langsung merajai pasar mobil di Jepang, lalu ke seluruh dunia.

3. Lexus

Lexus adalah merek mobil yang dibuat di Toyota, Aichi, Jepang. Merek mobil mewah itu dipasarkan di Amerika Utara, Timur Tengah, Australia, Eropa, Asia, hingga Selandia Baru.

4. Mitsubishi

Mitsubishi Motor Corporation berdiri sejak tahun 1970. Memiliki logo tiga berlian merah, perusahaan ini bermarkas di Tokyo, Jepang. Banyak mobil yang ditawarkan oleh Mitsubishi, paling unggul adalah jenis MPV (Xpander) dan SUV (Mitsubishi Pajero Sport).

Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Eropa Murah untuk Anak Muda 

Perbedaan mobil Jerman vs Jepang

1. Unique selling proposition

Mobil Jepang yang diproduksi secara massal menggunakan bahan yang diformulasikan agar tahan lama. Material tersebut bisa direplikasi dengan mudah dan biaya produksinya juga lebih murah. Honda dan Toyota terkenal ahli memproduksi mobil berbasis riset dan sederhana.

Sementara itu, mobil produksi Jerman identik dengan nyaman, berkualitas tinggi, dan cepat. Sebut saja beberapa mobil populer asal Jerman seperti  Mercedes, Audi, Porsche, dan BMW.

2. Kualitas dan volume produksi

Dari sisi volume produksi, mobil Jepang memproduksi kendaraan sangat banyak dengan komponen murah. Mobil produksi Jepang juga dijual dengan harga terjangkau. Sementara, produsen mobil Jerman sebaliknya. Mengutamakan kualitas suku cadang, pabrikan mobil Jerman terus berinovasi, meningkatkan teknologi, dan desain kendaraan juga lebih inovatif. Oleh sebab itu, suku cadang seperti Porsche atau BMW susah ditemukan di tempat lain.

Pendek kata, mobil Jepang unggul dalam harga terjangkau, sementara Jerman menargetkan pasar kelas atas.

3. Kenyamanan dan keamanan

Produksi mobil Jerman vs mobil Jepang juga tidak terlepas dari faktor keamanan dan kenyamanan. Mobil Jepang terkenal awet dan perawatannya juga sederhana. Bahkan, mobil produksi Jepang bisa melaju lebih dari 250 ribu mil.

Berbeda dengan mobil Jerman yang terkenal dengan mewah. Selain itu, mobil produksi Jerman juga terkenal kokoh, cepat, mulus, dan terkendali. Sementara, mobil Jepang kurang stabil ketika melewati jalanan yang bergelombang.

Baca juga: 10 Merek Mobil Jepang Terbaik dari Mesin dan Perawatan

Penjualan Mobil Jerman vs Jepang

Selain unggul dalam Piala Dunia, Jepang juga tercatat mampu mengungguli Jerman dalam hal penjualan mobil. Pada periode Januari-Juni 2022 saja, Toyota mampu menjual mobil 5,14 juta unit yang terdiri dari Toyota, Hino Motors, dan Daihatsu.

Sementara, penjualan Volkswagen tercatat anjlok 22,2 %. Penjualan mobil sepanjang Januari-Juni 2022 tercatat 3,88 juta unit yang terdiri dari Volkswagen, Volkswagen Commercial Vehicle, Skoda, Seat, Cupra, Audi, Lamborghini, Bentley, dan Porsche.

Toyota Group yang membawahi merek Toyota, Daihatsu, dan Hino pada paruh pertama tahun ini mengalami penurunan penjualan 6% year to year. Hal ini disebabkan oleh kurangnya suku cadang chip semikonduktor. Selain itu, penjualan domestik Toyota di Jepang sendiri turun 18,1% menjadi 954.173 unit. Output domestik turun 17,7% menjadi 1,74 juta unit. 

Sementara itu, penjualan di luar Jepang turun 2,8% jadi 4,18 juta kendaraan. Namun, produksi mobil Toyota di luar Jepang tercatat tumbuh 5,6% jadi 3,35 juta unit. Hal ini menjadi rekor tertinggi pada paruh tahun pertama karena terdapat perluasan kapasitas produksi di China.

Itulah penjelasan mengenai mobil Jerman vs Jepang. Berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dapat dijadikan acuan bagi OtoFriends dalam membeli mobil. Tidak kalah penting adalah perawatan mobil. Mau sebagus apapun mobil yang dimiliki, kualitas akan menurun apabila tidak rajin dirawat. OtoFriends dapat melakukan servis mobil secara berkala di bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Mobil Jerman Vs Mobil Jepang

Mobil Jepang lebih banyak diminati karena suku cadang, komponen, hingga perawatannya lebih murah dan lebih mudah dicari. Selain itu, produksi mobil Jepang juga lebih banyak daripada mobil Jerman.

Perbedaan mobil Jepang dan Eropa adalah kelas. Di Indonesia, mobil produksi Jepang lebih terjangkau dan lebih luas pemasarannya, mulai Low Cost Green Car (LCGC) hingga kelas premium. Sementara, mobil Eropa diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah hingga kelas atas.

Jepang merupakan negara produsen mobil terbesar di dunia pada tahun 2008. Namun, posisi itu dikalahkan oleh China pada 2009. Dari sisi kualitas, mobil produksi Jepang masih lebih unggul daripada mobil produksi China.