Di penghujung tahun 2022 BMW secara resmi meluncurkan The Ultimate Sports Sedan: BMW Series 3 yakni BMW 330i M Sport. Sejak kali terakhir mobil sedan Series 3 diluncurkan, BMW melakukan eksperimen dan menyematkan banyak pembaruan pada BMW 330i M Sport ini.

Mulai dari eksterior yang semakin terlihat berotot namun elegan dan dinamis, masuk ke bagian dalam mobil maka akan tampak desain interior mobil BMW yang khas akan kemewahannya, hingga fitur-fitur pelengkap lainnya. 

Salah satu fitur inovatif yang disematkan BMW di mobil sedan Series 3 ini adalah BMW Curve Display. Apalagi fitur-fitur inovatif dan teknologi termutakhir yang dibekali BMW di mobil 330i M Sport? Yuk, kita cari tahu.

Baca juga: Spesifikasi BMW 530i dan Harga Terbarunya

Desain Eksterior BMW 330i M Sport

BMW 330i M Sport memiliki dimensi panjang 4709 mm, lebar 2068 mm, dan tinggi 1435 mm dengan jarak sumbu roda sebesar 2851 mm. Terdapat 7 pilihan warna untuk mobil BMW Seri 3 terbaru ini, di antaranya Dravit Grey Metallic, Alpine White, Black Sapphire, Sunset Orange, Mineral White, Mineral Grey, dan Portimao Blue.

Untuk ukuran mobil yang berada di segmen mobil premium mid-size, BMW Seri 3 selalu konsisten untuk melakukan pembaruan serinya dengan desain yang lebih sporty, elegan, namun sistem handling tetap lincah.

Sebut saja lampu depan mobil ini yang didesain ulang dengan desain kidney grille tampilan baru, lampu depan full LED adaptif sehingga terlihat semakin ramping, dan lampu berkendara di siang hari berbentuk L terbalik yang semakin menegaskan tampilan modern dan dinamis.

Selain itu, di bagian kontur terdapat modifikasi dengan double bars supaya kidney grille BMW 330i M Sport semakin berotot dan air intakes disematkan di bagian bawah kidney grille berwarna hitam mengkilap untuk mendinginkan sistem pengereman.

BMW membekali 330i M Sport dengan M Sport Pro Package di bagian apron depan dan belakang. Velg mobil sedan ini ringan berukuran M menggunakan format 19 inci yang dikombinasikan dengan ukuran ban campuran. Desain pipa mobilnya menggunakan desain trim pipa knalpot trapesium diperuntukkan untuk sistem pembuangan.

Fitur-fitur pendukung eksterior mobil BMW 330i M Sport diantaranya mirror caps eksterior M berwarna hitam mengkilap, desain trim Shadowline M High-gloss yang panjang, lampu M Shadow Line, dan sistem pengereman mobil menggunakan teknologi M Sport yang dikawinkan dengan kaliper red high gloss. BMW menggunakan warna eksterior Skyscraper Grey Metallic dan M Brooklyn Grey Metallic untuk paket M Sport.

Baca juga: Spesifikasi BMW 218i Lengkap dengan Harganya

Desain Interior BMW 330i M Sport

Sementara itu, di bagian interiornya, kesan digitalisasi dan modern sangat terasa khususnya di bagian dasbor mobil. 

Mulai dari BMW Curved Display dan satu unit digital beresolusi tinggi yang terdiri dari panel kontrol di bagian belakang setir kemudi berukuran 12,3 inci dan panel kontrol lainnya dengan bentuk layar diagonal berukuran 14,9 inci.

Sedangkan di bagian konsol tengah pada panel kontrol terdapat beberapa fitur seperti button Start/Stop, iDrive Controller, button Driving Experience Control, rem parkir dan beberapa button lainnya.

Untuk joknya sendiri, BMW 330i M Sport menggunakan jok berbentuk bucket set yang terbuat dari material kulit premium sehingga kita akan merasakan kenyamanan berkendara. Kapasitas penumpang mobil ini sebanyak 5 penumpang dan kapasitas bagasinya sendiri mencapai 480 L.

Fitur pendukung lainnya adalah sunroof yang bisa diatur menggunakan sistem kontrol elektrik.

Performa Mesin BMW 330i M Sport

Bagaimana dengan proses dapur pacunya? BMW membekali BMW 330i M Sport dengan kapasitas mesin 2.0 L Petrol Engine, 4 silinder 16 valve yang dikawinkan dengan transmisi Steptronic Sport 8 percepatan. 

Dengan spesifikasi mesin tersebut, 330i M Sport memiliki kecepatan maksimal 250 km/h dan mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 258 hp serta capaian torsi maksimal 400 Nm. 

Selain itu, BMW membekali BMW TwinPower Turbo di bagian mesin pembakaran internalnya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar sehingga dapat menghemat konsumsi bahan bakarnya. Mobil sedan premium ini menggunakan jenis bahan bakar bensin dengan kapasitas tangki sebesar 59 L.

Baca juga: Spesifikasi BMW X4 Lengkap dengan Harga Terbarunya

Fitur BMW 330i M Sport

Fitur yang mendapatkan penyegaran dengan dukungan sistem digitalisasi di antaranya BMW Operating System 8 yang disematkan pada fitur BMW iDrive yang menghadirkan konektivitas dengan perangkat eksternal dan kemampuan untuk melakukan pemrosesan data.

Keunggulan dari sistem BMW Operating System 8 yang paling disukai para pengguna mobil adalah BMW Intelligent Personal Assistant di mana memungkinkan pengemudi untuk memberikan instruksi secara lisan seperti menyesuaikan AC mobil, buka dan tutup jendela samping atau sunroof kaca panoramik.

Kemudian, disematkan juga sistem kontrol iklim yang dapat menyesuaikan dengan 3 zona sesuai standar BMW Seri 3 terbaru, kaca spion otomatis, BMW Live Cockpit Plus yang memiliki sistem BMW Maps, hingga Park Distance Control (PDC) yang menggunakan sensor di bagian depan dan belakang.

Adapun fitur yang diperuntukkan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengemudi di antaranya Front Collision Warning untuk mendeteksi adanya objek lain di sekitar kendaraan seperti pejalan kaki, sepeda, hingga kendaraan lainnya. 

Cruise Control yang mendukung sistem pengereman mobil, Manual Speed Limit Assist, dan Lane Departure Warning, sistem Parking Assistant Opsional yang memiliki sistem Reversing Assist Camera dan Reversing Assistant.

Harga BMW 330i M Sport

Mobil BMW 330i M Sport yang baru saja rilis di awal Desember 2022 ini, OtoFriends bisa menemukan mobil BMW Seri 3 terbaru di seluruh dealer resmi BMW di Indonesia. Untuk harga BMW 330i M Sport sendiri sebesar Rp1,027 Miliar untuk harga Off The Roadnya.

Mengingat BMW 330i M Sport dibekali banyak fitur yang sudah terdigitalisasi, OtoFriends perlu mempertimbangkan bagaimana cara merawat mobil sedan sport premium ini. Misalnya saja waktu yang tepat untuk melakukan servis tune up mobil hingga mempercantik body mobil di bengkel body repair.

Pertanyaan Seputar BMW 330i M Sport

Harga BMW 330i M Sport Off The Road sebesar Rp1,027 Miliar.

BMW 330i M Sport menggunakan bahan bakar bensin dengan oktan atau RON 95.

Fitur BMW 330i M Sport diantaranya BMW Operating System 8, BMW iDrive, BMW Intelligent Personal Assistant, BMW Live Cockpit Plus, BMW Maps, PDC, Parking Assistant Opsional, hingga Front Collision Warning.