MINI tergabung dalam BMW Group Indonesia lalu memiliki beberapa model dan tipe salah satunya yakni Mini Cabrio. Mobil jenis ini termasuk mobil convertible atau mobil yang menggunakan atap otomatis. Itulah ciri khas dari mobil ini yang membedakannya dari mobil lainnya.

Mobil Mini termasuk mobil kota yang memiliki dimensi tidak terlalu besar sehingga cocok digunakan untuk berpergian. Apalagi, perawatannya juga tidak terlalu sulit dilakukan. Berikut akan dipaparkan mengenai tipe, spesifikasi, interior dan eksterior, hingga harganya.  

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda Odyssey dari Generasi ke Generasi

Tipe Mobil Mini Cabrio

Mobil Mini Cooper mempunyai variasi Mini Cabrio dimana Mini Cabrio memiliki dua tipe antara lain Cooper Cabrio dan Cooper S Cabrio. Keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda misalnya pada bagian mesin. Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut OtoFriends bisa menyimak pembahasan lebih lanjut di bawah ini.

  1. Mini Cooper Cabrio

Mobil Mini Cooper Cabrio mempunyai detail dimensi mulai dari panjang 3876 mm, lebar 1727 mm, tinggi 1415 mm, dan jarak sumbu roda sepanjang 2495 mm. Mobil tipe ini didukung dengan jumlah silinder sebanyak tiga yang berkapasitas 1499 cc. Jenis transmisi yang digunakan adalah 7-Speed Dual Clutch Transmission. Performa mesin yaitu dapat menghasilkan tenaga hingga 136 HP pada 4500 sampai dengan 6500 rpm.

Sementara itu, torsi yang bisa diraih sebesar 220 Nm pada 1480 sampai dengan 4100 rpm. Tampilan eksterior MINI Cooper Cabrio dilengkapi dengan lampu depan dan belakang menggunakan LED. Tidak hanya itu, masih ada fitur-fitur lain baik dari segi kenyamanan maupun keselamatan untuk memudahkan penggunanya.

  1. Mini Cooper S Cabrio

Seri berikutnya dari mobil Mini Cabrio adalah Cooper S Cabrio. Mobil ini mempunyai desain tampilan luar yang menarik dan unik sehingga disukai oleh sebagian orang. Jika OtoFriends melihat desain mobil ini baik secara langsung atau melalui media gambar maka akan menangkap kesan premium atau mewah yang terpancar.

Terutama pada bagian atap Mini Cooper S Cabrio dapat terbuka secara otomatis sehingga memperkuat kesan mewah dari mobil tersebut. Kelebihan yang tersemat pada seri Cooper S ini antara lain : desain eksterior yang cantik dan unik, warna khusus Sidewalk Edition, dan harganya tidak terlalu jauh terpaut dari model standar.

Baca juga: Spesifikasi BMW X2 Lengkap dengan Harganya

Spesifikasi Mobil Mini Cabrio

Setelah mengetahui tipe mobil Mini di atas, berikutnya pembahasan akan dikerucutkan untuk membahas spesifikasi mobil Mini Cooper S Cabrio. Tadi, OtoFriends sudah mengetahui detail mesin, dimensi, dan performa yang termuat di dalam mobil Mini Cooper Cabrio. Berikutnya, akan dipaparkan penjelasan mengenai detail mesin, performa, hingga dimensi mobil tipe Cooper S.

  1. Mesin dan performa

Konfigurasi mesin yang digunakan oleh mobil Mini Cooper S Cabrio adalah MINI Twin Power Turbo Technology dengan jumlah silinder 4 dan berkapasitas sebesar 1998 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 192 HP pada putaran 5000 sampai dengan 5500 rpm. Sedangkan torsi maksimum mencapai 280 Nm pada putaran 1350 hingga 4600 rpm.

Kecepatan tertinggi yang mampu ditempuh mobil ini adalah 230 km per jam. Itu artinya percepatannya pada 0-100 km/jam kira-kira menghabiskan waktu selama 7,1 detik. Jenis transmisi mesin yang dipakai adalah 7-speed otomatis.

  1. Dimensi Cooper S Cabrio

Pembahasan selanjutnya mengenai dimensi mobil Mini Cabrio tipe S. Panjang mobil 3876 mm, lebar 1727 mm, dengan tinggi 1415 mm. Lalu, untuk jarak sumbu roda dalam satuan mm sebesar 2495. Jarak terendah dengan tanah atau ground clearance adalah 148 mm.

  1. Warna mobil

Mobil mempunyai warna yang berbeda-beda agar kelihatan tidak monoton. Begitu pula dengan Mini Cabrio yang menyediakan berbagai macam warna menarik untuk penggunanya. Terdapat pilihan warna british racing green, chili red, emerald grey, lightning blue metallic, midnight black, dan white silver metallic. Dari berbagai macam warna yang ada, OtoFriends dapat memilih tingkatan gelap terang warna mobil sesuai selera masing-masing.

Tampilan Mobil Mini Cabrio  

Cara untuk mengetahui apakah mobil tersebut sesuai dengan selera OtoFriends atau tidak bisa dilakukan dengan melihat desainnya. Tampilan interior dan eksterior dari mobil bisa mempengaruhi keputusan untuk lanjut membeli.

  1. Interior

Jika melihat langsung ke dalamnya, kesan klasik akan muncul seketika dalam pikiran. Hal itu dilatarbelakangi desain interior Mini Cabrio yang menggunakan kulit sebagai lapisannya. Misalnya, pada bagian kursi penumpang yang terbuat dari jok kulit dengan tambahan pola unik. Selain kursi penumpang ada pula setir dan dashboard yang juga dilapisi dengan bahan kulit.

  1. Eksterior

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, ciri khas dari tipe mobil Mini Cabrio adalah atapnya yang dapat dibuka. Untuk bagian tampilan depannya sendiri tidak jauh berbeda dari versi standar. Terdapat lampu bohlam LED yang berfungsi menambah intensitas cahaya. Sedangkan pada bagian belakangnya memiliki desain minimalis tetapi tetap terlihat keren.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Toyota Corolla Altis

Berapa Harga Mobil Mini Cabrio?

Harga Mini Cabrio untuk setiap tipenya dibanderol dengan harga yang berbeda. Harga Mini Cooper Cabrio dibanderol dengan harga Rp865 juta sementara Mini Cooper S Cabrio seharga Rp900 juta hingga 1 miliar.

Jadi, bagi OtoFriends yang tertarik membeli mobil Mini seri Mini Cabrio maka bisa memilih antara Cooper Cabrio atau Cooper S Cabrio. Untuk mendapatkan info update mengenai otomotif dan sejenisnya, bisa dengan mengunjungi Otoklix secara berkala.  

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Tipe ban 225/40 R17.

Panjang 3876 mm, lebar 1727 mm, dan tinggi 1415 mm.

Harganya kurang lebih Rp1,03 miliar.