Daihatsu Ayla 2023 secara resmi diperkenalkan dalam acara Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) di bulan Maret 2023. Menariknya harga mobil ayla 2023 gak sampai Rp200 jutaan.

Meskipun murah, OtoFriends gak perlu khawatir lagi tentang spesifikasinya. Mobil Ayla terbaru ini dikenal juga dengan istilah Ayla Gen-2. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjamin gak ada lagi mobil Ayla tanpa audio dan AC mobil pada Daihatsu Ayla Gen-2.

Setelah 1 dekade berkomitmen memproduksi mobil terbaik, Daihatsu kembali memperbarui mobil generasi terbarunya dengan fitur dan teknologi paling canggih serta desain yang semakin eye catching mengikuti perkembangan tren. Penasaran dengan detail Honda Ayla 2023 terbaru? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Daftar Bengkel Mobil Daihatsu Terdekat dan Biaya Servisnya

Desain Eksterior

Mobil Ayla Gen-2 memiliki dimensi panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.515 mm dengan 8 pilihan warna antara lain metallic orange, yellow metallic, compagno red, ruby red metallic, glittering silver metallic, dark grey metallic, icy white, dan ultra black solid.

Secara kasat mata, Ayla Gen-2 memiliki body lebih besar daripada Gen-1 sehingga tampilannya lebih gahar dan sporty. Meskipun begitu, Daihatsu tetap menyematkan logo garuda di bagia  grille sebagai karakter mobil LCGC.

Kita bisa menyebutkan desain eksterior Gen-2 ini memiliki tampilan lebih powerful dan aggressive. Lampunya sudah menggunakan lampu LED dan velg berukuran 14 inchi yang dibalut dengan 8 palang berwarna gun metal.

Khusus varian Astra Daihatsu Stylish (ADS) terdapat front body kit, desain bumper blackout, penggunaan LED Daytime Running Light (DRL) dan desain grille depan menggunakan garnish.

Baca juga: Oli Mobil Ayla Harus Encer atau Kental? Jangan Asal Pilih

Desain Interior

Gak kalah dengan eksteriornya, desain interiornya juga terlihat lebih modern dan futuristik namu tetap memiliki sentuhan human oriented dan kesan fun to drive.

Sekilas interior Ayla 2023 menyerupai desain interiornya Daihatsu Rocky. Terdapat head unit floating berukuran 7 inci dengan fitur unggulan Apple CarPlay dan konektivitas Android Auto. Kendati begitu, panel instrumennya masih menggunakan desain analog.

Sama seperti mobil keluaran terbaru pada umumnya, Mobil Ayla sudah menggunakan Engine Push Start untuk menyalakan atau mematikan mesin mobil. Selain itu, ada juga e-Latch Backdoor, Tilt Steering, Key Free, Auto Rear Wiper, dan digitalisasi pengaturan AC mobil.

Beralih ke joknya, Daihatsu Ayla 2023 mampu menampung kapasitas maksimal 5 penumpang. Walaupun begitu, desain eksterior yang bongsor ini membuat interior lebih luas ditambah kapasitas bagasi sebesar 353,4 liter.

Performa Mesin Mobil

Bagaimana dengan performa mesinnya? Apakah sebaik desain interior dan eksteriornya? Daihatsu memberikan 2 pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 1.200 cc WA-VE Dual VVT-i dan 1.000 cc KR-VE VVT-i.

Adapun mobil Ayla Gen-2 mesin 1.0 L menggunakan transmisi D-CVT 5 percepatan manual yang mampu menghasilkan capaian tenaga maksimal 67 ps pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 89 nm pada 4.400 rpm.

Sedangkan Gen-2 mesin 1.2 L menggunakan transmisi yang sama dengan mesin 1.0 L namun capaian tenaga maksimalnya berbeda. Mobil Ayla 2023 mesin 1.2 L menghasilkan tenaga maksimal 88 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 nm pada 4.500 rpm.

Berbicara tentang akselerasi, dalam uji akselerasi 0-100 km/jam mobil Ayla Gen-2 mampu melesat 12,1 detik. Sementara konsumsi bahan bakarnya sangat hemat hingga 23,3 km/liter. Mobil Ayla bisa melaju dengan cepat dan hemat bahan bakar karena penggunaan ban kecil berukuran 175/65 R14.

Baca juga: Konsumsi BBM Daihatsu Ayla, 1 Liter Bisa Tembus 20 Kilometer

Fitur Ayla Gen-2

Fitur keselamatan Ayla Gen-2 semakin canggih dari generasi sebelumnya.Daihatsu membekali mobil Ayla dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), hingga seat belt reminder.

Lalu ada juga hill start assist (HSA) yang membantu mencegah mobil mundur saat berada di medan jalan menanjak. Kemudian terdapat pula vehicle stability control (VSC) untuk menstabilkan mobil selama melaju dengan cara mendeteksi dan mencegan ban mobil tergelincir saat berbelok (oversteer dan understeer). Khusus varian Ayla ADS, Daihatsu membekali fitur rear parking area.

Harga Mobil Ayla 2023

Sebagai mobil LCGC, Daihatsu menargetkan pasar pada pasar first buyer, maksudnya adalah bagi kita yang ingin membeli mobil pertama. Gak heran bila harga yang ditawarkan sangat murah di bawah Rp200 juta. Berikut ini harga mobil Ayla terbaru 2023.

  • Daihatsu Ayla 1.0 M MT Rp134 juta
  • Daihatsu Ayla 1.0 X MT Rp146,9 juta
  • Daihatsu Ayla 1.0 X CVT Rp166,9 juta
  • Daihatsu Ayla 1.0 X MT ADS Rp152,8 juta
  • Daihatsu Ayla 1.0 X CVT ADS Rp172,8 juta
  • Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp164 juta
  • Daihatsu Ayla 1.2 R CVT Rp184 juta
  • Daihatsu Ayla 1.2 R MT ADS Rp169,9 juta
  • Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS Rp189,9 juta

Demikian informasi tentang mobil Ayla terbaru 2023 lengkap dengan harganya. Sebelum memiliki mobil, pastikan OtoFriends mengetahui bagaimana cara merawat mobil.

Caranya dengan rutin melakukan servis mobil secara berkala di bengkel mobil terbaik yang akan menjadi langganan OtoFriends.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan!

Percayakan perawatan dan perbaikan mobil kesayangan di Bengkel Otoklix. Bedanya Bengkel Otoklix dengan bengkel mobil lain adalah transparansi harga servis mobil dan fleksibilitas metode pembayaran, bisa secara online maupun bayar langsung di bengkel.

Kemudian ada fitur dashboard service online di mana kita dapat melihat riwayat servis mobil. Agar gak ketinggalan waktu servis mobil, OtoFriends bisa aktifkan fitur reminder servis. Jadi, gak ketinggalan waktu servis mobil.

Pertanyaan Seputar Mobil Ayla

Harga mobil Ayla 2023 di bawah Rp200 juta, Ayla paling murah adalah Daihatsu Ayla 1.0 M MT Rp134 juta, Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp164 juta dan Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS Rp189,9 juta.


Harga mobil Daihatsu Ayla 2023 terbaru tipe terendah adalah Rp134 juta untuk tipe Daihatsu Ayla 1.0 M MT dan Daihatsu Ayla 1.0 X MT Rp146,9 juta.


Meskipun murah, OtoFriends gak perlu khawatir lagi tentang spesifikasinya. Mobil Ayla terbaru ini dikenal juga dengan istilah Ayla Gen-2. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjamin gak ada lagi mobil Ayla tanpa audio dan AC mobil pada Daihatsu Ayla Gen-2.