Berapa harga sewa campervan di Indonesia? Mengetahui informasi harga sewa campervan diperlukan bagi OtoFriends yang berencana untuk menghabiskan akhir tahun 2022 dengan melakukan road trip.

Selain berfungsi sebagai alat transportasi, campervan juga bisa berfungsi layaknya penginapan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat tidur hingga dapur mini. Campervan saat ini memang tengah digandrungi lantaran dianggap mampu memenuhi kebutuhan akan liburan yang aman, nyaman dan tenang. 

Dengan menggunakan campervan untuk berlibur, OtoFriends bisa menjelajah berbagai tempat liburan tanpa perlu memikirkan tempat untuk singgah. Untuk harga sewa campervan sendiri tentunya berbeda-beda tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Simak berapa harga sewa campervan sebagai acuan untuk menyiapkan dana liburan di bawah ini.

Baca juga: 10+ Mobil yang Cocok Jadi Campervan, Mana yang Terbaik?

Harga Sewa Campervan di Indonesia

Campervan merupakan kendaraan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Meskipun tergolong baru dan masih banyak yang belum tahu, tren liburan dengan campervan ini sudah mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Tempat sewa mobil campervan juga sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, bahkan Sumatra. Harga sewa campervan di wilayah tersebut rata-rata tidak berbeda jauh.

Rata-rata harga sewa campervan ditawarkan per paket dengan kisaran harga mulai dari Rp1.750.000 hingga yang paling mahal sekitar Rp5.000.000 per paket. Perlu diingat jika tujuan keberangkatan nantinya juga menentukan harga sewa campervan.

Harga sewa campervan tersebut biasanya sudah termasuk semua fasilitas yang tersedia mulai dari uang bensin, supir, retribusi camping ground, retribusi tempat wisata, konsumsi, barbeque, api unggun, alat kemah, hingga dokumentasi untuk perjalanan wisata bersama keluarga.

Baca juga: 7 Mobil Travel yang Bisa Dimiliki untuk Berlibur Bersama Keluarga

Kelebihan Mobil Campervan

Campervan menjadi solusi terbaik apabila OtoFriends ingin berkemah dengan fasilitas lengkap tanpa perlu membangun tenda. Campervan memang dirancang khusus untuk menjelajah sekaligus sebagai rumah.

Liburan dengan menggunakan campervan bisa memberikan kesan yang nyaman dan lebih tenang. Terlebih di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, berwisata dengan campervan juga akan lebih aman dan terhindar dari kerumunan.

Secara umum, mobil campervan memiliki dimensi yang besar sehingga kita tidak perlu repot dengan barang bawaan ketika berwisata. Beban campervan pun akan lebih berat dari mobil biasanya karena diisi berbagai perlengkapan untuk menunjang kebutuhan selama melakukan perjalanan.

Salah satu kelebihan berlibur menggunakan campervan yaitu bisa menemukan tempat indah secara tidak sengaja. OtoFriends juga akan bebas berkemah di mana saja tanpa perlu khawatir soal fasilitas penunjangnya.

Dengan menggunakan campervan, OtoFriends bisa merasakan suasana dan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan. Bukan hanya menikmati perjalanan yang nyaman dengan berbagai fasilitas lengkap saja, kita pun akan lebih leluasa mengeksplorasi berbagai tempat baru selama perjalanan.

Baca juga: Segini Jarak Aman Berkendara Menurut Aturan yang Berlaku

Tempat Liburan Pakai Campervan

Ada begitu banyak tempat liburan yang cocok untuk dikunjungi dengan menggunakan campervan. Berikut Otoklix rekomendasikan destinasi yang bisa dituju untuk liburan akhir tahun menggunakan mobil campervan.

1. Green Grass Cikole, Jawa Barat

Green Grass Cikole yang terletak di Bandung, Jawa Barat menjadi salah satu tempat favorit untuk berlibur dengan campervan. Selain menikmati pemandangan hutan yang masih asri, Green Grass Cikole juga bisa dijadikan tempat camping bersama keluarga karena lokasinya yang lapang.

Terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu, kita bisa melihat pemandangan gunung yang mempesona selama perjalanan. Green Grass memiliki hutan pinus dengan hamparan rumput hijau sesuai namanya yang menjadikannya cocok digunakan untuk berkemah.

2. Pantai Watu Kodok, Yogyakarta

Pernah terpikiran untuk berkemah di dekat pantai? Kini OtoFriends bisa melakukan kegiatan piknik atau bahkan camping menggunakan campervan. Liburan ke pantai menggunakan campervan memang bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ketenangan. 

Pantai Watu Kodok di Yogyakarta merupakan salah satu campervan ground terbaik yang patut untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki garis pantai luas nan panjang dengan pasir putih yang bersih, sehingga akan memanjakan mata.

3. Savana Tianyar, Bali

Savana Tianyar berlokasi di desa Tianyar, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasi ini memang menjadi salah satu destinasi campervan ground yang populer di Indonesia. Savana Tianyar menawarkan pemandangan hamparan padang rumput yang indah. 

Spotnya yang luas dan cukup nyaman sangat cocok dipakai untuk piknik atau bahkan camping menggunakan campervan. Selain menikmati panorama savana dengan latar belakang Gunung Agung, OtoFriends juga bisa menikmati pemandangan Bukit Mangun yang indah.

4. Watu Tapak Camp Hill, Yogyakarta

Campervan memang sangat cocok jika digunakan untuk berwisata di area perbukitan Watu Tapak Camp Hill yang terletak di  Yogyakarta. Tapak Camp Hill ini menjadi salah satu spot campervan ground favorit di Indonesia. 

Lokasinya berada di komplek Taman Tebing Breksi, Gunung Sari, Prambanan, DIY. Tapak Camp Hill menawarkan pemandangan panorama alam Yogyakarta yang bisa dinikmati dari ketinggian dengan suasana sejuk. Saat malam tiba, gemerlapnya lampu-lampu kota yang sangat indah akan terlihat dari atas tebing.

5. Ranu Pani, Jawa Timur

Tidak jauh dari Gunung Semeru, terdapat danau Ranu Pani dengan pemandangan hamparan danau yang asri. Ranu Pani merupakan salah satu tempat liburan yang cocok untuk berkemah menggunakan campervan. Danau ini dikelilingi perbukitan serta panorama pepohonan yang hijau dan asri. 

Nah, itulah sejumlah informasi mengenai harga sewa Campervan di Indonesia beserta rekomendasi campervan ground yang bisa dikunjungi. Ketika sudah menemukan harga sewa campervan yang sesuai untuk dibawa berlibur, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima.

Sebelum mengembalikannya, sebaiknya OtoFriends membawa campervan yang telah dipakai berlibur ke tempat cuci mobil. Temukan 2000+ bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu mendapatkan layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Harga Sewa Campervan

Campervan merupakan kendaraan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah.

Rata-rata harga sewa campervan ditawarkan per paket dengan kisaran harga mulai dari Rp1.750.000 hingga yang paling mahal sekitar Rp5.000.000 per paket.

Selain berfungsi sebagai alat transportasi, campervan juga bisa berfungsi layaknya penginapan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat tidur hingga dapur mini.