Mobil Datsun merupakan salah satu kendaraan LCGC (low cost green car) yang berafiliasi dengan Nissan. Selain desainnya yang mungil, mobil Datsun memiliki banyak varian dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, bisa menjadi pilihan tepat bagi OtoFriends yang ingin punya mobil dengan budget terbatas. Mari simak selengkapnya tentang harga mobil Datsun berdasarkan variannya.

Harga Mobil Datsun Terbaru dan Terlengkap

Mobil yang menjadi favorit keluarga ini memiliki banyak variannya. Tentu saja harganya juga bervariasi.  Akan tetapi, harga mobil Datsun 2022 ini lebih murah sekitar Rp2 juta sampai Rp5 jutaan dibandingkan dengan tahun lalu. Di bawah ini kita akan membahas tentang mobil Datsun harga, varian, dan juga spesifikasinya.

1. Datsun Go (Rp110 jutaan)

Datsun Go dibanderol dengan harga Rp100 jutaan. Mobil ini sanggup membawa maksimal 5 penumpang. Desainnya kompak, stylish, dan sporty. Mobil kecil ini cocok digunakan untuk keluarga kecil atau anak muda. Daftar harga Datsun Go adalah sebagai berikut.

  • All New Datsun GO D – MT Rp105 jutaan
  • All New Datsun GO A – MT Rp113 jutaan
  • All New Datsun GO T – MT Rp 125 jutaan
  • All New Datsun GO T-ACTIVE – MT Rp128 jutaan
  • All New Datsun GO A – CVT Rp129 jutaan
  • All New Datsun GO T – CVT Rp141 jutaan
  • All New Datsun GO T-ACTIVE CVT Rp142 jutaan
  • All New Datsun GO MT – LIVE Rp145 jutaan
  • All New Datsun GO CVT – LIVE Rp158 jutaan

Performa Datsun Go dibekali mesin 1.200 cc, tiga silinder. Menurut Datsun, penggunaan tiga silinder ini dirasa lebih cocok digunakan untuk mobil berkapasitas mesin dan berbodi kecil. Dimensinya diklaim mudah untuk meliuk-liuk saat di tengah kemacetan kota.

Eksterior Datsun Go terkesan sederhana, tetapi memiliki lekuk yang menarik dan terlihat agak sporty. Di bagian depannya, terdapat Honeycomb Grille yang berada tepat di tengah. Fungsinya agar angin masuk ke kap mesin untuk mendinginkan komponen mesin, membantu kerja radiator. Pilihan warna untuk Datsun Go ada silver, black, white, grey, dan ruby red.

Selain itu, interior mobil Datsun Go juga menyesuaikan dengan eksteriornya. Kabin mobil ini memberi kesan sporty. Head unit yang dipakai juga sudah menggunakan layar sentuh berukuran 7 inci. Ada juga koneksivitas bluetooth yang membuat mobil ini terlihat futuristik. Area penyimpanan juga banyak terdapat di dalam kabin.

Fitur lain yang sudah disematkan di Datsun Go ini adalah Electric Power Steering (EPS) pada sistem kemudi. Selain itu ada dua lubang AC, Smart Meter, serta Driver Computer Display. Tampilan ini bisa memberikan informasi data konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh mobil.

2. Datsun Go+ (Rp114 jutaan)

Selanjutnya, mobil Datsun yang akan kita bahas adalah Datsun Go+. Mobil ini cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Kabinnya luas dan bisa menampung 7 penumpang. Desainnya juga terlihat elegan dan sporty. Berikut ini adalah daftar harga dari semua varian Datsun Go+.

  • All New Datsun GO+ D MT Rp114 jutaan
  • All New Datsun GO+ A MT Rp121 jutaan
  • All New Datsun GO+ T MT Rp130 jutaan
  • All New Datsun GO+ T-STYLE MT Rp135 jutaan
  • All New Datsun GO+ A CVT Rp137 jutaan
  • All New Datsun GO+ T CVT Rp149 jutaan
  • All New Datsun GO+ T-STYLE CVT Rp154 jutaan

Datsun Go+ punya desain eksterior dan interior yang sporty looks. Bagian eksteriornya terlihat modern. Selain memiliki desain eksterior yang sporty, mobil ini juga memiliki beberapa pilihan warna. Di antaranya adalah silver, grey, black, white, ruby red, dan copper. Kaki-kakinya menggunakan velg alloy berukuran 14 inci dengan desain atraktif. 

Bagian interiornya juga memiliki desain dasbor berkelas. Banyak area penyimpanan di dalam mobil untuk menyimpan gelas, botol, dan sebagainya. Kursi baris kedua dan ketiga juga bisa dilipat sehingga memberikan ruang tambahan sebagai bagasi kalau OtoFriends membawa banyak barang.

Sementara fitur hiburannya, Datsun Go+ tidak kalah canggih dengan varian lain. Kita bisa menyambungkan smartphone dengan head unit menggunakan bluetooth, USB, atau AUX. OtoFriends juga bisa mengunduh aplikasi pada head unit-nya. Mobil keluarga ini bisa didapat dengan harga Rp114 jutaan saja.

3. Datsun Cross (Rp164 jutaan)

Mobil Datsun ketiga yang akan kita bahas adalah Datsun Cross. Ini adalah jenis mobil crossover dari Datsun. Bodinya yang besar dan desainnya gagah. Ada dua varian Datsun Crossover, yaitu MT dan CVT. Berbeda dengan Datsun Go dan Go+, Datsun Cross ini justru mengalami peningkatan harga dibandingkan tahun lalu.

  • Datsun Cross MT Rp164 jutaan
  • Datsun Cross CVT Rp177 jutaan

Datsun Cross memang memiliki bodi yang agak bongsor. Ground clearance-nya juga tinggi. Masih menggunakan Honeycomb Grille yang sama seperti model mobil Datsun lainnya. Pilihan warna yang tersedia adalah silver, black, grey, white, copper, ruby, dan amber. 

Selain itu, mobil ini juga memiliki kabin yang luas dengan kapasitas 7 penumpang. Desain interiornya memberikan kesan modern dan dinamis. Bagian dasbor dilengkapi dengan panel hitam gloss, black shift hitam dengan aksen perak.

Fitur-fitur lain yang disematkan di Datsun Cross adalah double airbag, VDC (Vehicle Dynamic Control), dan lampu depan otomatis. Selain itu, ada juga fitur Speed Sensitive Electric Power Steering. Mobil ini juga masih dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp160 jutaan saja.

Harga Mobil Datsun Bekas

Kalau OtoFriends ingin memiliki mobil Datsun dengan harga yang lebih terjangkau, bisa mencari mobil bekas. Meskipun bekas, OtoFriends bisa mencari mobil yang rutin dirawat, sehingga kondisinya masih cukup prima. Ini dia harga mobil Datsun Go bekas dan harga mobil Datsun Go+ bekas di pasaran.

  • Datsun GO 2014 Rp59 – 91 jutaan
  • Datsun GO 2015 Rp72 – 95 jutaan
  • Datsun GO 2016 Rp68 – 102 jutaan
  • Datsun GO 2017 Rp80 – 110 jutaan
  • Datsun Go+ Panca 1.2L 2017 Rp107 jutaan
  • Datsun Go+  T 2014 Rp85 jutaan
  • Datsun Go+ Panca 1.2 D M/T  2019 Rp 95 juta 
  • Datsun Go Panca 1.2 A A/T 2019 Rp 95 juta

Tips Membeli Mobil Bekas

Sebelum beli mobil Datsun bekas, paling tidak ada sepuluh hal yang perlu kita cermati dan perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyesuaikan harga mobil dengan budget yang kita miliki.

2. Survei langsung sebelum membeli, hindari melakukan transaksi secara online.

3. Kenali penjualnya sebelum bertransaksi, jangan sampai penjualnya adalah penipu atau tindak kejahatan lainnya. Selain itu, tanyakan juga kenapa mobil mau dijual.

4. Cek kondisi eksterior, bodi mobil, serta komponen fisik lainnya. Pastikan kalau mobil bukan bekas kena banjir.

5. Periksa kelengkapan aksesoris dan interior mobil.

6. Bertanya tentang performa mobil.

7. Memeriksa riwayat servis mobil. Sebaiknya beli mobil bekas yang rajin diservis.

8. Melakukan test drive supaya lebih yakin.

9. Periksa kelengkapan surat-surat secara teliti.

10. Membawa mekanik atau teman yang sudah ahli otomotif saat membeli.

Mobil Datsun memang bukan mobil yang diperuntukkan bagi penggunaan berat. Cocok digunakan di perkotaan karena kapasitas mesin yang tidak terlalu besar. Harganya juga terjangkau, cocok untuk keluarga kecil atau anak muda.

Kunjungi bengkel terdekat untuk servis rutin mobil Datsun milikmu. Cari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix dan booking langsung via aplikasi.

Pertanyaan Seputar Mobil Datsun

Harga mobil Datsun Go mulai dari Rp110 jutaan, Datsun Go+ mulai dari Rp114 jutaan, dan Datsun Cross mulai dari Rp164 jutaan. Harganya berbeda tergantung tipe mobil. Bergantung juga pada sistem transmisi, ada yang memakai transmisi manual atau otomatis.

Mobil Datsun bekas bisa dibeli dengan harga Rp60 jutaan untuk keluaran tahun 2014. Sedangkan keluaran tahun muda, misalnya Datsun Go Panca 2019 dibanderol Rp95 jutaan.

Harga jual Datsun Go murah sebab merek tersebut sudah tidak lagi melakukan perdagangan di Indonesia sejak Januari 2020 silam. Selain itu, fiturnya juga cukup kalah bersaing dengan mobil-mobil di kelasnya, misalnya Daihatsu Sigra.