BMW kembali memboyong BMW X4 generasi kedua di pertengahan 2022 kemarin dengan tampilan yang lebih bongsor dibanding generasi sebelumnya. Sekalipun hampir tidak bisa dibedakan antara BMW X4 dan X3, akan tetapi X4 memiliki karakteristik yang lebih sporty dan gahar.

Terdapat buritan yang menjadi karakteristik mobil coupe di bagian belakang mobil, penyegaran di bagian kidney grille meshnya hingga ground clearence yang lebih tinggi. 

Tak hanya eksteriornya saja yang mendapatkan penyegaran, tetapi di bagian desain interior mendapatkan pembaruan sehingga terlihat lebih sporty dan modern serta disematkan beragam fitur yang telah menerapkan sistem digitalisasi terbaru.

Harga BMW X4 saat ini mulai dari Rp1,4 miliaran dengan tiga varian yang berbeda, di antaranya BMW X4 M Competition, BMW X4 XDrive M Sport X, dan BMW X4 XDrive30i M Sport. Berikut ini spesifikasi dan harga jualnya.

Desain Eksterior BMW X4

BMW X4 memiliki dimensi panjang 4.752 mm, lebar 19.18 mm dan tinggi 1.662 mm dengan jarak sumbu roda sebesar 2.864 mm. BMW masih mempertahankan kidney grille di bagian depan mobil namun dibuat dengan bentuk yang sedikit lebih besar untuk mempertajam kesan agresifnya.

Lampu depan mobil ini menggunakan BMW Adaptive LED Headlight yang dikombinasikan dengan BMW Selective Beam sehingga mampu memberikan pencahayaan sesuai kondisi jalan, khususnya kondisi jalan yang gelap. 

Sedangkan lampu bagian belakang masih menggunakan lampu LED kombinasi yang didesain tailight berbentuk lebih pipih. Disematkan juga panel diffuser untuk melapisi warna frozen grey di antara dua knalpot.

Bagian bumper depan bagian bawah mobil X4 terbagi menjadi tiga bagian yakni bagian central air inlets berbentuk trapezoidal, bagian kiri dan kanan menggunakan external air inlets yang dikawinkan dengan lampu kabut LED segaris horizontal.

Baca juga: 7 Lampu Led Mobil Paling Terang, Bisa Maksimalkan Pencahayaan

Desain Interior BMW X4 

Adapun di bagian desain interior mobil X4, ada banyak bagian yang terasa cukup familiar bila OtoFriends pernah melihat bagian interior mobil BMW X3. 

Mulai dari desain dasbor yang sama dengan BMW Seri X lain dan desain kabin yang premium dan elegan karena menggunakan trim finisher Aluminium Rhombicle Dark dengan aksen Pearl Effect Chrome.

Setir kemudi X4 terbuat dari material M Leather Steering Wheel dan paddle shift serta disematkan berbagai tombol multifungsi untuk terkoneksi dengan instrumen cluster digital headunit berukuran 8,8 inci berteknologi black panel.

Jok mobil BMW X4 terbuat dari material kulit Vernasca. Khusus jok pengemudi, BMW menyematkan teknologi sports seat sehingga kita bisa mengubah posisi bangkunya secara elektrik. 

Kemudian, tempat duduk bagian penumpangnya memiliki format 40:20:40. Kapasitas bagasi mobil ini hingga 525 liter. Namun, bila OtoFriends melipat tempat duduk bagian belakang hingga rata maka kapasitas bagasi mobil bisa mencapai 1.430 liter.

Performa Mesin BMW X4

Sementara itu, di bagian dapur pacunya sendiri BMW membekali generasi X4 ini dengan mesin BMW TwinPower Turbo 4 silinder 2.0 L yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 252 hp dan capaian torsi maksimal 350 Nm. 

Khusus untuk tipe BMW X4 M Competition mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 510 hp dan capaian torsi maksimal 600 Nm. 

BMW X4 menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan Steptronic. Supaya mesinnya dapat seimbang, BMW juga membekali mesin X4 dengan M Sport Suspension dan M Sport Brake. 

Dengan spesifikasi mesin yang telah disebutkan sebelumnya, BMW X4 memiliki akselerasi yang sangat responsif, dari 0 – 100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 6,3 detik. BMW mengklaim bahwa top speed X4 bisa mencapai 240 km/jam.

Konsumsi bahan bakarnya sendiri hanya menghabiskan satu liter bensin untuk mencapai jarak tempuh maksimal 7,8 km saat berkendara di dalam kota dan 11,5 km saat berada di jalan tol.

Baca juga: Jangan Bingung Lagi Saat Mobil Kamu Bermasalah. Baca Ini!

Fitur BMW X4

Kemudian, fitur-fitur yang dibekali BMW untuk X4 ini terbilang cukup lengkap, mewah, dan menggunakan teknologi terbaru. 

Mulai dari Variable Sport Steering, Vertical Dynamic Control, Hill Descent Control, Park Distance Control, Parking Assistant, Rear Parking Camera, Dynamic Traction Control, mode berkendara Driving Dynamic Control dan masih banyak lagi.

Sedangkan di bagian fitur keselamatannya, BMW X4 memiliki front airbags, curtain head airbags, side airbags, Dynamic Stability Control, Dynamic Traction Control, Dynamic Braking Lights, Cornering Brake Control (CBC), dry braking, fading compensation, Anti-lock Braking System (ABS), pullaway assistant, hingga braking readiness.

Khusus BMW X4 tipe M Competition, terdapat fitur Welcome Light Carpet, BMW Live Cockpit Professional dan M Competition Package. M Competition Package terdiri dari M Sport Exhaust System, M Specific Suspension with Adaptive Dampers, M Compound Brakes, M Sport Differential, M Carbon Precision Strut, dan M Sport Seats.

Baca juga: Mobil BMW Bekas Harga di Bawah 100 Juta Terbaik

Harga BMW X4 Terbaru

Adapun harga BMW X4 terbaru 2022 untuk 3 varian tersebut sebagai berikut.

Tipe Mobil BMW X4Harga BMW X4
BMW X4 XDrive30i M Sport LCIRp1,44 Miliar
BMW X4 xDrive30i M Sport XRp1,46 Miliar
BMW X4 M CompetitionRp2,16 Miliar

Supaya mobil BMW X4 OtoFriends tetap memiliki performa mesin yang maksimal sekalipun sudah digunakan bertahun-tahun, jangan lupa untuk rutin melakukan servis mobil secara berkala di bengkel mobil terdekat.

Selain rutin melakukan servis mobil, kita juga perlu memeriksa dan merawat komponen mobil lainnya. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat mobil BMW, sebaiknya cari tahu di situs otomotif terpercaya.

Pertanyaan Seputar BMW X4

Harga BMW X4 xDrive30i M Sport X sebesar Rp1,46 Miliar dan X4 xDrive30i M Sport LCI sebesar Rp1,44 Miliar.

Harga BMW X4 M Competition sebesar Rp2,16 Miliar.

Variable Sport Steering, Vertical Dynamic Control, Hill Descent Control, Park Distance Control, Parking Assistant, Rear Parking Camera, Dynamic Traction Control, mode berkendara Driving Dynamic Control dan masih banyak lagi.