Harga mobil Mini Cooper memang tidak kenal tidak murah. Iya benar sekali, kendaraan roda empat satu ini memang identik dengan mobil mahal.

Namun, mobil ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang dalam dunia otomotif. Perjalan awal mobil Mini Cooper tidaklah mudah.

Sebab, mobil ini lahir pada saat Inggris dan Eropa mengalami krisis di tahun 1950-an. Krisis ini terkenal dengan nama Krisis Suez.

Krisis ini terjadi saat Inggris dan Eropa mengalami kesulitan bahan bakar. Melihat hal tersebut, British Motor Corporation (BMC) mencoba melahirkan mobil kecil, ringkas dan irit BBM.

Kemudian BMC mempercayai Alec Issigonis pada 1957 untuk merancang mobil Mini Cooper. Alec menghabiskan waktu sekitar dua tahun hingga mobil rancangannya siap diproduksi pada Agustus 1959.

Prototipe Morris Mini berhasil dibuat lewat bantuan salah satu pembalap bernama John Cooper. Awalnya, mobil tersebut diberi nama Austin Mini Se7en dan Morris Mini Minor.

Akan tetapi, beberapa waktu kemudian setelah berganti nama, akhirnya diputuskan untuk memberi nama Mini. Ada beberapa jenis Mini yang diproduksi, seperti Mini Van, Mini Pick Up, Mini Moke, serta Mini Clubman.

Namun, di antara jenis itu, Mini Cooper lebih dikenal oleh banyak orang dengan desain ringkas, efisien, dan gesit. Mobil Mini Cooper ini memiliki desain yang berasal dari pengembangan model ADO-15 .

Baca Juga: Harga Mobil MINI dan Modelnya, Antik, Elegan, dan Mewah

Dimana mobil ini dirancang dengan dimensi panjang tiga meter, lebar 1,5 meter, tinggal 1,3 meter. Selain itu, mobil ini mampu menampung lima penumpang.

Dengan begitu, mobil ini diminati banyak kalangan. Setelah berhasil menjual mobil tersebut, BMC membawa Mini Cooper ke ajang balap.

Mobil ini kemudian menorehkan segudang prestasi. Salah satunya adalah pemenang di Rally Monte Carlo 1964, 1965, dan 1967, dan selalu masuk tiga teratas dari 1964 hingga 1968. 

Mini mengakhiri masa produksinya pada awal 2000, setelah 42 tahun berkiprah. Saham mini dikuasai oleh BMW.

Mini Cooper pun digantikan dengan New Mini. Meski dibuat lebih modern, BMW tetap mempertahankan desain retro khas Mini. 

Lalu ada berapa jenis mobil Mini Cooper yang beredar. Berikut Otoklix buat rangkuman beberapa jenis mobil Mini Cooper.

Mini Cooper 3 Door

Tipe Mini Cooper pertama yang mungkin pernah kamu temui di jalan adalah Mini 3-door. Seri yang satu ini memiliki body paling imut dibandingkan semua keluaran Cooper. 

Dikombinasi dengan setir kemudi racing, sekilas mobil yang satu ini menyerupai Go-kart. Sporty look dengan pilihan warna klasik yang keren menjadi ciri khas Mini Cooper yang sulit dilepaskan.

Bobotnya yang ringan membuat banyak orang menyukai sensasi saat mengendarai Mini Cooper 3 Door. Apalagi, bagasi bagian belakang memiliki kapasitas penyimpanan jumbo yang cukup menampung semua kebutuhanmu.

Mini Cooper S

Mini Cooper S tidak memiliki perbedaan yang sangat ekstrim jika dibandingkan dengan Mini Cooper. Hanya saja, mobil ini lebih dikhususkan untuk para penggila kecepatan.

Dengan tambahan turbo yang memasok daya kuda sampai dengan 184hp rasanya lebih dari cukup buat para penggemar Mini untuk lebih merapatkan tubuhnya ke jok. Lesatan dari Mini Cooper S dihargai sampai dengan Rp 570 jutaan.

Baca Juga: Pilihan Mobil Mini, Si Gesit Irit untuk Mobilitas Perkotaan

Mini Cooper Countryman 

Walau sudah dikenal sebagai salah satu merk paling ikonik di dunia, BMW tidak mau berhenti berinovasi untuk mengembangkan tipe-tipe MINI Cooper yang baru. Salah satunya yaitu Mini Cooper Clubman.

BMW melahirkan mobil satu ini dengan mengutamakan kenyamanan para penumpangnya. Meski dimensinya sedikit lebih panjang, kalian tetap bisa merasakan desain MINI Cooper yang kental dalam pemolesan cat, warna eksterior, hingga penataan interiornya.

Mobil yang satu ini tersedia dalam berbagai varian warna luks, mulai dari Grey Metallic, British Racing Green Metallic, sampai Pure Burgundy.

Mini Cooper John Cooper Works

Model Mini Cooper yang menawan berikutnya ada Mini John Cooper Works. Tetap mengusung desain klasik dengan warisan reli yang mengesankan.

Sebagai keturunan langsung dari mobil pemenang John Cooper, Mini John Cooper Works Hatch seakan membawa sang juru kemudi menjadi pembalap. Memiliki wheel base yang pendek, dan go kart yang ekstrim, akan mempermudah kalian di setiap tikungan di jalan.

Mini John Cooper Works termasuk model Mini yang kuat dan eksklusif yang pernah dibuat. Dengan suku cadang yang ditingkatkan, dan tampilan paling sporty, semuanya dirancang khusus untuk memanjakan sang tuan.

Mini Cooper Paceman

Varian Mini Cooper selanjutnya adalah Paceman. Mobil ini memiliki bentuk yang cukup berbeda dengan saudaranya yang lain.

Mini Cooper Paceman memiliki  kesan gagah dan macho. Terutama dengan adanya side body moulding.

Mini Cooper S Paceman sayangnya hanya menggunakan dua pintu, yang membuat akses mobil menjadi sedikit sulit. Tapi ground clearance yang cukup tinggi membuatnya sangat menyenangkan untuk berkendara di jalan yang agak bergelombang. 

Mini Cooper Cabrio

Salah satu yang paling unik, karena mobil 4-seater ini juga dilengkapi dengan open roof alias atap yang bisa dibuka-tutup. Selain itu Mini Cooper S Cabrio juga merupakan varian yang paling kaya akan fitur-fitur. Seperti Mini Connected.

Akan tetapi, kabin yang ditutup dengan atap yang terbuat dari kanvas, sedikit berisik. Sehingga bisa saja mengganggu kenyamanan berkendara. 

Nah itu dia berbagai macam Mini Cooper yang ada. Sekarang saatnya menyimak harga baru dari mobil asal Inggris ini.

Jenis Mini Cooper Harga
MINI Cooper 3-DoorRp 885 Juta
MINI S 3-DoorRp 999 Juta 
MINI 3-Door John Cooper WorksRp 1,150 Miliar
MINI Cooper 5-DoorRp 905 Juta
MINI Cooper s 5-DoorRp 1,005 Miliar
MINI Cooper CabrioRp 975 Juta
MINI Cooper S CabrioRp 1.065 Miliar
MINI Cabrio John Cooper WorksRp 1.225 Miliar
MINI Cooper ClubmanRp 995 Juta
MINI Cooper S ClubmanRp 1.115 Miliar
Mini Clubman John Cooper WorksRp 1,360 Miliar
Mini Cooper CountrymanRp 850 Juta
MINI Cooper S CountrymanRp 980 Juta
Mini Countryman John Cooper WorksRp 1,520 Miliar

Nah itu dia sejarah singkat dari Mobil Mini Cooper. Bagi OtoFriends yang ingin melakukan service berkala mobil kesayangan atau Mini Coopernya bisa memanfaatkan website Otoklix.

Dimana kalian bisa menikmati beragam promo dan keuntungan di dalamnya. Selain itu, OtoFriends dapat menemukan bengkel pilihan yang ada di dekat rumah loh.

Pertanyaan Seputar Mobil Mini Cooper

MINI cooper Countryman merupakan varian termurah yang dijual dengan harga Rp 850 jutaan dan MINI Cooper Clubman John Cooper Works merupakan varian termahal dengan harga Rp 1,5 miliar..

Hal ini dikarenakan Mini Cooper memang termasuk mobil premium dengan segala fitur berteknologi terbaru yang pastinya memanjakan pengemudi kendaraan di dalamnya. Tak heran jika harga nya mencapai nominal tersebut.

Kabarnya generasi tahun 2008-2009 adalah generasi yang paling rewel.