Tahukah kamu siapa penemu lampu lalu lintas? Penemu lampu lalu lintas adalah manajer kereta api di Inggris. Namun bentuk lampu merah gak seperti sekarang ini.

Lampu lalu lintas saat itu menerapkan metode kereta api untuk mengoperasikannya. Ide awalnya tercetus karena manajer kereta api tersebut melihat ada banyak pejalan kaki dan penunggang kuda memadati jalan.

Selain itu, bentuk lampu lalu lintas saat itu bukan warna merah, kuning dan hijau seperti sekarang. Berikut ini uraian sejarah penemuan lampu lalu lintas oleh kedua tokoh dengan penerapan sistem yang berbeda.

Baca juga: 4 Lampu Merah Terlama di Indonesia, Mencapai 12 Menit!

Lampu Lalu Lintas Ciptaan John Peake Knight

Penemu lampu lalu lintas adalah John Peake Knight, seorang manajer kereta api di Inggris. Lampu lalu lintas ciptaan Knight jauh berbeda dari lampu lalu lintas yang sering kita lihat saat ini. 

Knight mengusulkan untuk menggunakan teknik semafor untuk memberikan isyarat kepada pengguna jalan kapan waktunya berhenti dan berjalan. Teknik semafor merupakan teknik untuk mengirimkan pesan atau berita menggunakan bendera, dayung, atau dengan tangan kosong yang menggunakan sarung tangan.

Sayangnya teknik semafor ini hanya berlaku di siang hari, sedangkan di malam harinya Knight membuat simbol berwarna tetap menyala menggunakan bahan bakar gas seperti desain sinyal kereta api.

Hingga pada tahun 1868 uji coba lampu lalu lintas menggunakan bahan bakar gas tersebut mulai dilakukan. Lampu lalu lintas desain Knight berupa lentera bertenaga gas berputar yang memiliki lampu merah dan hijau di bagian ujung kayu.

Masyarakat Inggris sangat antusias menyambut uji coba lampu lalu lintas buatan Knight. Sebab, banyak terjadi kecelakaan di Inggris pada saat itu yang menewaskan korban sebanyak 1.102 orang dan korban luka 1.334 orang.

Itu juga yang menjadi latar belakang Knight mengembangkan teknologi lampu lintas, karena banyaknya para pejalan kaki dan kereta kuda di jalan raya tanpa aturan sehingga sering terjadi kecelakaan.

Nahasnya, setelah 3 bulan lampu lalu lintas Knight beroperasi gak jauh dari House of Commons London, Inggris. Seorang petugas polisi di sekitar lampu lalu lintas menjadi korban meledaknya lampu lintas yang diakibatkan kebocoran gas. Sejak saat itu proyek lampu lalu lintas ciptaan John Peake Knight secara resmi berhenti.

Baca juga: 10 Aturan Lalu Lintas Lengkap dengan Sanksinya

Perkembangan Penemuan Lampu Lalu Lintas

Gak berhenti sampai di situ saja sebab ada banyak orang yang mulai melakukan pengembangan terkait ide Knight untuk membuat lampu lalu lintas tersebut.

Salah satunya adalah seorang petugas polisi Lester Farnsworth Wire yang melakukan inovasi membuat lampu lalu lintas di tahun 1912 menggunakan aliran listrik. Lampu lalu lintas tersebut hanya memiliki 2 jenis warna yakni merah dan hijau.

Desain lampu lalu lintas Wire mirip seperti rumah burung yang dipasang pada tiang tinggi. Lampu tersebut disematkan di tengah persimpangan. Wire memberikan dorongan tenaga melalui kabel troli di atas kepalanya. Namun cara ini kurang efektif sebab Wire harus mengubah warna lampu secara manual.

Kemudian di tahun 1918, James Hoge menerima hak paten atas temuan lampu lalu lintasnya yang dipasang di Cleveland pada Agustus 1914. Desain lampu lalu lintas ciptaan Hoge menggunakan kata “berhenti” dan “bergerak” bukan warna. 

Lampu-lampu tersebut ditempatkan di 4 sudut persimpangan dan disambungkan dengan sistem khusus sehingga polisi dan pemadam kebakaran bisa menyesuaikan ritme lampu tersebut saat terjadi kondisi darurat.

Selanjutnya ada William Ghiglieri asal San Francisco yang mengembakan dan mematenkan sistem sinyal lalu lintas pertama pada tahun 1917. Desain sinyal lampu lalu lintas merah dan hijau buatan William memiliki 2 pilihan yakni bisa bergerak secara otomatis ataupun manual.

Di tahun 1920, seorang perwira polisi Detroit, William Potts, juga ikut berinovasi mengembangkan lampu lalu lintas menggunakan desain sinyal 3 warna yakni warna merah, kuning dan hijau.

Baca juga: Arti Rambu-Rambu Lalu Lintas Beserta Gambarnya

Desain Lampu Lalu Lintas Ciptaan Garrett Morgan

Garrett Morgan, seorang warga Afrika-Amerika merupakan pemilik mobil pertama di daerah di Cleveland, Ohio, yang ikut melakukan inovasi dengan mengembangkan dan menciptakan lampu lalu lintas.

Desain lampu lintas Garrett Morgan menggunakan sistem otomatis 3 sinyal lampu yakni lampu merah untuk berhenti, lampu kuning untuk berhati-hati dan lampu hijau untuk pergi.

Walaupun Morgan bukan orang pertama yang melakukan percobaan penemuan lampu lalu lintas, akan tetapi melihat banyaknya kecelakaan khususnya di persimpangan di Chicago pada tahun 1922 yang membuat penyuka mekanik ini turut andil mengembangkan lampu lalu lintas.

Lampu lalu lintas otomatis yang diciptakan Morgan bisa diubah oleh petugas pengatur lalu lintas dengan mudah. Seluruh persimpangan jalan di kota Cleveland, Ohio mulai menggunakan desain lampu lalu lintas Morgan.

Sampai akhirnya penemu lampu lalu lintas adalah Garrett Morgan mulai banyak dikenal orang dan ciptakaannya telah dipatenkan. Kendati begitu, Morgan menjual hak paten tersebut kepada perusahaan multinasional.

Demikian informasi tentang penemu lampu lalu lintas adalah John Peake Knight, Lester Farnsworth Wire, hingga Garrett Morgan yang secara sempurna menciptakan lampu lalu lintas otomatis 3 sinyal yang sekarang digunakan banyak negara di dunia.

Baca juga: Simak Aturan Lengkap Tilang Sistem Poin!

Meskipun begitu, kecelakaan lalu lintas tetap saja menjadi PR utama masyarakat di dunia. Hal tersebut bukan lagi karena gak ada yang mengatur lalu lintas melainkan faktor lain seperti kelalaian pengguna jalannya.

Sebagai contoh, pemilik kendaraan bermotor yang jarang memeriksakan kondisi kesehatan mobil sehingga kurang mengetahui bahwa rem mobilnya blong. Lantas bukan gak mungkin kecelakaan akan terjadi.

Oleh karena itu, segera lakukan servis mobil rutin secara berkala di bengkel mobil terdekat yang biasa menjadi langganan OtoFriends.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan!

Salah satu bengkel mobil yang bisa OtoFriends andalkan adalah bengkel mobil Otoklix. Sebab, selain jaminan kelengkapan peralatan bengkel, kehandalan tim mekaniknya dan keaslian spare part setara OEM, Otoklix memiliki banyak fitur dan layanan unggulan untuk memudahkan kita melakukan servis mobil.

Misalnya saja fitur dasbor service online pada aplikasi Otoklix, di mana kita dapat memantau kondisi kesehatan mobil melalui riwayat servis mobil. Kemudian ada fitur reminder waktu servis mobil. Dengan begitu, kita gak bakalan telat untuk servis mobil.

Pertanyaan Seputar Penemu Lampu Lalu Lintas Adalah :


Penemu lampu lalu lintas adalah John Peake Knight, seorang manajer kereta api di Inggris. Lampu lalu lintas ciptaan Knight memiliki desain mirip sinyal kereta api yang ditenagai bahan bakar gas.


Penemu lampu lalu lintas 3 warna adalah seorang perwira polisi Detroit, William Potts dengan percobaannya berinovasi mengembangkan lampu lalu lintas menggunakan desain sinyal 3 warna yakni warna merah, kuning dan hijau di tahun 1920.


Penemu lampu lalu lintas adalah Garrett Morgan atau sapaan akrabnya Morgan. Lampu lalu lintas 3 warna dengan sistem otomatis buatan Morgan yang sering kita lihat saat ini di berbagai dunia termasuk Indonesia.