Mencari bengkel mesin mobil terdekat memang susah-susah gampang. Banyak bengkel bertebaran, tetapi kita belum tahu kualitas pelayanannya. Tidak perlu khawatir karena Otoklix punya bengkel-bengkel mitra yang recommended untuk servis mesin mobil. Mulai dari mengatasi overhaul, tune up, ganti oli, ganti aki, dan lainnya.

Bengkel Rekomendasi untuk Mesin Mobil

Daftar bengkel di bawah ini berlokasi di Jabodetabek. Semua bengkelnya sudah jadi mitra Otoklix.

Nama BengkelAlamatNo. TeleponServis
Family Andalan AutocareJl. Haji Naman No. 10, Kota Bekasi0816996274Ganti OliTune UpServis RemBanKaki-KakiKelistrikanKoplingMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)Servis ACTransmisi AutomaticTransmisi Manual
Dins Auto ServiceJl. KH. R Abdullah Bin Nuh, Kota Bogor085719466809Ganti OliAkiTune UpServis RemWiperKaki-KakiKelistrikanKoplingMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)Servis ACTransmisi AutomaticTransmisi Manual
Car Fix Sindang BarangJl. Letjen Ibrahim Adjie No. 300, Kota Bogor(0251) 7547959Ganti OliAkiTune UpServis RemBanMesin (Turun Mesin)Transmisi AutomaticTransmisi Manual
Toko AA BanJl. Raya Daan Mogot No.48, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat08118889287Ganti OliAkiTune UpServis RemWiperBanKaki-KakiMesin (Turun Mesin)
Jasutra Motor CikarangJl. Raya Cikarang Cibarusah No. 68AB(021) 8971789Ganti OliAkiTune UpServis RemWiperBanKaki-KakiKelistrikanKoplingMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)Servis ACTransmisi AutomaticTransmisi Manual
San Auto CareSamping Cluster D’Ayana, Komplek P & K, Jl. Nusa Indah Utama, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang087888774443Ganti OliTune UpWiperKelistrikanKoplingMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)Servis AC
Acoy Carburator BengkelJl. Kalimalang Raya (Samping Pool Bus Sinar Jaya)082311284853Ganti OliTune UpServis RemKaki-KakiKoplingMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)
999 Auto MobilJl. Rajawali Selatan Raya No.1D, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat085282927458Ganti OliAkiTune UpServis RemWiperKaki-KakiMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)Servis ACTransmisi AutomaticTransmisi Manual
Fresh Auto CareJl. Raya Pasar Minggu No.88, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan(021) 79199570Ganti OliTune UpServis RemWiperKaki-KakiKelistrikanKoplingMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)Servis AC
Mumuh MotorJl. R. E. Martadinata No.1Z, RW.5, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara0818826949Ganti OliTune UpServis RemWiperKaki-KakiKelistrikanKoplingMesin (Umum)Mesin (Turun Mesin)Servis ACTransmisi AutomaticTransmisi Manual

Itu dia sejumlah bengkel mesin mobil terdekat yang bisa kita datangi untuk servis mesin mobil. Bengkel-bengkel di atas bisa di-booking langsung melalui aplikasi Otoklix. Selanjutnya mari kita bahas tentang jenis layanan bengkel.

Baca juga: 11 Alasan Mesti Pakai Aplikasi Bengkel Mobil Otoklix

Jenis Layanan Bengkel

1. Servis berkala

Servis berkala adalah servis yang wajib dilakukan untuk menjaga performa mobil. Servis berkala dilakukan tergantung interval waktu atau jarak tempuh. Misalnya, ganti oli setiap 6 bulan sekali atau kalau sudah menempuh 10.000 km. Kemudian, pada servis berkala 20.000 km, akan dilakukan pengecekan yang lebih kompleks misalnya penggantian filter AC, pembersihan throttle body, dan lain-lain.

Kemudian ada juga yang dinamakan general check up. Pada servis ini, bakal dilakukan pengecekan secara umum seperti manusia melakukan general check up. Biasanya general check up dilakukan setiap enam bulan sekali. Di antaranya adalah pengecekan sebagai berikut:

  • Air radiator
  • Air aki
  • Saringan udara
  • Air wiper
  • Minyak rem
  • Uji emisi
  • Kebocoran air radiator
  • Kebocoran oli
  • Understell
  • Kampas rem (secara visual)
  • Kualitas aki
  • V belt

Harga servis general berkisar Rp200 ribu sampai Rp300 ribuan. Servis ini bisa dilakukan di bengkel mesin mobil terdekat.

2. Tune up

Servis tune up hampir mirip dengan servis berkala. Namun, lebih fokus pada kondisi mesin. Mesin akan dilakukan penyetelan ulang, kalibrasi, scanning mesin dan sensor, serta pembersihan komponen. Biaya tune up beragam, tergantung paket yang kita ambil. Namun, umumnya sekitar Rp300 ribu sampai Rp 800 ribuan.

Baca juga: Daftar Bengkel Tune Up Mobil yang Bagus di Depok

3. Ganti oli

Ganti oli perlu dilakukan secara berkala, setiap tiga atau enam bulan atau setiap jarak 5.000 km sampai 10.000. Kondisi ini tergantung oli apa yang dipakai. Oli dengan bahan penyusun sintetis biasanya punya usia pakai yang lebih lama dibandingkan oli mineral. 

Biaya ganti oli berbeda-beda tergantung jenis dan merek oli yang kita pilih. Misalnya untuk oli sintetis yang harga per liternya Rp100 ribuan dan mobil butuh 3,5 liter oli, maka total biaya yang dikeluarkan adalah Rp400 ribuan. Belum ditambah biaya jasa bengkel sekitar Rp50 ribu – Rp100 ribu.

4. Ganti aki

Umumnya, aki mobil perlu diganti setiap dua tahun sekali. Di aplikasi Otoklix, riwayat servis kita akan tercantum. Jadi, kita bisa mengecek kapan terakhir kali ganti aki mobil. Harga aki mobil basah masih bisa didapat dengan harga Rp500 ribuan, tetapi kalau pakai aki kering, maka perlu mengeluarkan dana sekitar Rp1 jutaan bahkan sampai Rp5 jutaan.

5. Balancing and spooring ban mobil

Balancing dan spooring perlu dilakukan secara berkala pada ban mobil. Balancing berfungsi menyeimbangkan bobot keempat ban mobil, sedangkan spooring dilakukan untuk meluruskan posisi roda. Harga spooring dan balancing roda tidak terlalu mahal, sekitar Rp150 ribu – Rp200 ribuan.

Baca juga: Kenali Lagi Perbedaan Spooring Balancing dan Biayanya

6. Servis AC mobil

Beberapa komponen AC perlu dicek, di antaranya adalah kompresor, kondensor, expansi valve, filter dryer, sampai evaporator. Biaya yang perlu dipersiapkan untuk servis AC mobil tergantung kerusakan yang terjadi pada AC. Kalau hanya masalah ringan seperti mengisi freon, cukup siapkan Rp150 ribuan. Namun, kalau ada komponen yang diganti, bisa sampai jutaan.

7. Ganti ban

Ganti ban umumnya perlu dilakukan setiap 40.000 km atau setiap 3 tahun sekali. Kenapa begitu? Sebab kelenturan karet ban semakin lama akan semakin berkurang. Ban jadi keras dan tidak lagi nyaman digunakan. Selain itu, kalau mobil sudah menempuh jarak lebih dari 40.000 km kemungkinan kondisi kembangnya sudah tidak bagus atau sudah gundul. Jadi, perlu diganti demi keselamatan berkendara.

Nah itu dia daftar bengkel mesin mobil terdekat dan jenis-jenis layanan di bengkel mesin. Otoklix adalah one stop solution bagi OtoFriends yang ingin melakukan perawatan mobil. Tidak hanya bengkel mesin, Otoklix juga punya bengkel mitra untuk cuci mobil, detailing, sampai body repair.