Mobil-mobil modern dengan teknologi terbaru sudah menggunakan ECU atau Electronic Control Unit. Komponen ECU mobil ini sangat bermanfaat bagi kendaraan roda empat yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Namun, sebenarnya ECU bukan teknologi yang baru. 

Mari kita simak fungsi ECU pada mobil, jenis ECU, penyebab ECU rusak dan cara memperbaikinya, serta harga ECU mobil.

Fungsi ECU pada Mobil

Fungsi komponen ECU mobil adalah sebagai sistem sirkuit elektronik utama untuk mengontrol bagian lainnya. ECU dapat memberikan efek pada mobil, di antaranya adalah seperti di bawah ini:

  1. Mencampur bahan bakar secara mudah dan tepat
    Agar mobil dapat berjalan, maka bahan bakar harus dicampur dengan udara. Komponen ECU mobil ini dapat mencampurnya secara tepat karena sistemnya sudah terkomputerisasi. Sebelum menggunakan ECU, pencampuran bahan bakar, kecepatan putaran mesin, dan waktu pengapian dilakukan secara mekanis. ECU memudahkan proses tersebut.
  2. Suplai bahan bakar lebih tepat
    Bahan bakar yang digunakan ketika proses pembakaran juga harus sesuai. ECU yang sudah menggunakan program komputer dapat mengakses data agar pergerakan mesin sesuai kebutuhan takaran bahan bakar.
  3. Menentukan durasi injeksi bahan bakar
    Selain jumlahnya, ECU juga berfungsi menentukan durasi injeksi bahan bakar. Sehingga injector bisa menyuplai bahan bakar pada waktu yang paling tepat. Proses pembakaran pun menjadi optimal.
  4. Mengatur sistem lainnya
    Selain sistem pembakaran mobil, menggunakan ECU juga dapat mengatur sistem lainnya seperti kipas pendingin (cooler fan) mesin, menghidupkan alarm mobil, identifikasi kunci mobil, AC mobil dan fungsi lainnya.
  5. Menunjukkan kerusakan komponen
    Dengan adanya komponen ECU mobil juga dapat mendeteksi kerusakan komponen kemudian kerusakan tersebut ditampilkan di dashboard. Sehingga pengemudi tidak perlu mengecek komponen terlalu sering.

Jenis Komponen ECU Mobil

ECU ternyata memiliki setidaknya 7 jenis, di antaranya TCM, ECM, BCM, dan lainnya. Apa maksud dari semua jenis tersebut?

1. TCM (Transmission Control Module)

TCM ini adalah modul yang ada pada mobil dengan transmisi otomatis. Fungsi modul ini adalah mengatur perpindahan transmisi sesuai RPM mesin dan juga kondisi berkendara.

2. ECM (Engine Control Module)

Jenis ECU ini mengatur kerja mesin. Kerja mesin dimulai dari starting, menyalakan busi, suplai bahan bakar, sampai dengan proses pendinginan mesin.

3. BCM (Body Control Module)

Komponen ECU mobil yang satu ini mengatur kerja sistem kelistrikan mobil. Di antaranya adalah lampu, wiper, klakson, sampai dengan fitur hiburan di dalam kabin mobil pada dashboard.

4. PCM (Powertrain Control Module)

Seperti namanya, modul ini mengatur kinerja power train. Sehingga aliran tenaga dari mesin ke roda berjalan dengan efisien. Modul ini terdapat pada mobil dengan penggerak empat roda atau four wheel drive

5. ABS Control Module

Modul ini digunakan pada mobil dengan sistem rem yang sudah berteknologi ABS. Modul ini berperan agar ban tidak selip dan mengatur pengereman ketika berkendara di jalanan licin. Dapat dikatakan juga berperan dalam sistem keselamatan seperti ESC (Electronic Stability System) dan HSA (Hill Start Assist).

6. HVAC Control Module

Modull ECU ini berperan dalam mengendalikan sirkulasi pada kabin mobil sesuai kondisi cuaca di luar. Modul ini ditemukan pada mobil dengan sistem AC yang otomatis.

7. Airbag Control Module

Yang terakhir adalah modul ECU untuk mengembangkan kantung udara (airbag) saat terjadi benturan keras pada mobil.

Penyebab dan Ciri ECU Mobil Rusak

Komponen ECU mobil bisa mengalami kerusakan, sama seperti komponen mobil lainnya. Ketika ECU mobil rusak, pasti akan sangat repot. Kerusakan ini umumnya terjadi akibat beberapa hal, misalnya jarak tempuh yang sudah jauh dan usia kendaraan yang sudah tua. Mobil injeksi dengan usia 10 tahun ke atas biasanya rentan terhadap kerusakan ini.

Beberapa ciri di bawah ini dapat kamu rasakan ketika komponen ECU rusak. Jika merasakan atau menemukan tanda-tanda di bawah ini, sebaiknya lakukan pengecekan di bengkel terdekat ya.

  1. Kesulitan men-starter mobil.
  2. Penggunaan bahan bakar menjadi boros padahal jarak tempuh tidak terlalu jauh.
  3. Mesin sering tersendat ketika mobil melaju.
  4. Tenaga mesin terasa berkurang dan berat ketika berkendara.
  5. Lampu check engine di dashboard terus menyala. Bisa juga lampunya mati total.

Cara Memperbaiki ECU

Sebelum membawa mobil ke bengkel, sebaiknya kamu mengetahui apa saja yang akan dilakukan oleh mekanik bengkel untuk perbaikan ketika ECU mobil rusak. Sehingga kamu bisa berdiskusi dengan teknisi ketika melakukan tugasnya.

Pertama, mekanik akan memeriksa jalur PCB. apakah jalur tersebut terkena cairan atau ada bagian yang putus. Kedua, akan dicek komponen elektronik pada kaki-kaki mobil. Kemudian yang ketiga, elco (kapasitor elektrolit atau kondensator elektrolit) mobil akan diganti dengan Farad (satuan kapasitansi listrik) dan voltase yang sama.

Jika diperlukan, akan dilakukan pengecekan fisik untuk mengetahui letak kerusakan secara menyeluruh. Selain itu, mungkin mobil juga akan dibongkar agar komponen di dalam mobil dapat diperiksa dengan multitester.

Harga ECU Mobil

Bagaimana jika ternyata ECU mobil tidak dapat diperbaiki? Solusinya adalah mengganti ECU mobil secara keseluruhan. Komponen ECU mobil memiliki harga sekitar Rp1 juta ke atas. Harga ini tergantung kepada tipe mobil dan kualitasnya. 

Ada juga ECU yang bekas atau copotan dari mobil lain. Harganya bisa lebih murah jika menggunakan ECU bekas. Sementara itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, harga juga dipengaruhi oleh kecanggihan serta tipe mobil. Mobil-mobil keluaran Eropa biasanya memiliki harga ECU yang lebih mahal daripada mobil keluaran Jepang.

Misanya, harga ECU mobil Toyota Avanza hanya Rp2 jutaan, sementara untuk Camry bisa Rp4 juta. Harga ECU untuk mobil keluaran Eropa bisa jauh lebih mahal, bisa mencapai Rp30 jutaan. Ini sudah termasuk jasa coding.

Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan perawatan mobil secara berkala agar bisa mendeteksi lebih dini apabila ada kerusakan pada komponen ECU mobil.

Yuk, jadwalkan servis mobil dan booking di aplikasi Otoklix. Temukan bengkel dengan lokasi terdekat di Jabodetabek dan harga yang paling terjangkau.