Harga Pajero Sport yang mahal apakah sebanding dengan konsumsi BBM Pajero Sport yang efisien? Atau justru konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibandingkan mobil yang ada di kelasnya?

Mobil SUV Ladder Frame andalan Mitsubishi adalah mobil Pajero Sport yang memiliki platform kokoh dan gagah sehingga tangguh di semua jenis medan jalan apa saja. Belum lagi penggunaan mesin berkapasitas besar yang mengeluarkan torsi maksimal.

Kendati begitu, biasanya tenaga mobil yang maksimal membutuhkan bensin lebih banyak untuk membantu proses pembakarannya. Apakah hal yang sama juga terjadi pada mobil Pajero Sport Dakar?

Baca juga: 10 Mobil Solar Paling Irit di Indonesia Beserta Harganya

Konsumsi BBM Pajero Sport

Mengutip informasi dari Mitsubishi Motors, konsumsi BBM Pajero Sport untuk pemakaian dalam kota sebesar 12,8 km/liter sedangkan penggunaan luar kota sebesar 15,5 km/liter.

Kendati begitu, hemat atau borosnya kebutuhan bensin dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain  kondisi jalan, rute berkendara, gaya berkendara, beban mobil, kondisi mesin mobil hingga jenis bensin yang kita gunakan.

1. Hasil Uji Coba Berkendara Dalam Kota

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan tahun 2022, konsumsi bensin mobil Pajero Sport untuk penggunaan dalam kota di mana kondisi lalu lintas saat itu cukup padat dan macet dengan rute yang ditempuh rute kombinasi jalan tol dan non jalan tol. Secara menyeluruh uji coba yang dilakukan beberapa hari tersebut menempuh jarak 450 km.

Hasilnya cukup memuaskan bahwa Mitsubishi Pajero Sport untuk menempuh jarak 450 km dalam kota dengan rute kombinasi dan kondisi jalan yang macet serta gaya berkendara berkecepatan rata-rata 23- 30 km/jam tersebut mengkonsumsi bensin sebanyak 11 km/liter.

2. Hasil Uji Coba Berkendara Luar Kota

Sementara itu, uji coba dilakukan di tahun 2023 untuk mengetahui konsumsi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4 x 4. 

Tim khusus yang tergabung dalam Tim Merapah Trans-Jawa 2023 melakukan uji coba dengan berkendara dari Jakarta menuju Yogyakarta dan Pacitan melalui Lintas Selatan, kemudian kembali lagi ke Jakarta melintasi Lintas Utara.

Total jarak yang ditempuh selama berkendara sebesar 2.315 km dengan jenis bensin yang digunakan solar dari Pertamina yakni Pertadex. 

Akan tetapi, di beberapa daerah sulit menemukan SPBU yang menjual Pertamax sehingga tim penguji menggunakan Dexlite. Kemudian ruang kabin mobil diisi oleh 4 orang dewasa yang membawa barang pribadi masing-masing. 

Hasil uji coba konsumsi BBM Pajero Sport Dakar konfigurasi 4 x 4 rata-rata sebesar 8,2 km/liter, dengan catatan jarak tempuh sebesar 2.315 km dengan total konsumsi bahan bakar sebesar 282,2 liter.

Baca juga: Ternyata, Inilah Mobil Diesel Paling Irit, Lengkap dengan Harganya

Konsumsi Bahan Bakar Fortuner vs Pajero Sport

Mari bandingkan Mitsubishi Pajero Dakar Ultimate 4×4 dengan mobil lain yang ada di kelas yang sama dengan Pajero yakni mobil Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4.

Kesamaan 2 mobil ini menggunakan mesin diesel turbo, memiliki teknologi turbo variabel, intercooler, common-rail dan sistem penggerak yang sama yakni 4×4. Hanya perbedaan kedua jenis mobil ini adalah kapasitas mesinnya, mobil Fortuner memiliki kapasitas mesin 2.800 cc dan Pajero Dakar 2.500 cc.

Hasil uji coba tersebut menyebutkan bahwa konsumsi BBM Fortuner diesel sebesar 11,7 km/liter untuk rute dalam kota dengan rata-rata kecepatan 22 km/jam, berbeda dengan konsumsi Pajero Sport Dakar Ultimate hanya 10,9 km/liter.

Meski begitu, saat berada di jalan tol dengan kecepatan tinggi yang konstan yakni 90 km/jam, konsumsi bahan bakar Pajero Sport justru lebih efisien yakni 13,9 km/liter, sedangkan konsumsi BBM Fortuner hanya 13,2 km/liter.

Hal tersebut lantaran Mitsubishi menyematkan sistem transmisi otomatis 8 percepatan sehingga putaran mesin mobil Pajero Sport bisa mencapai 1.600 rpm saat cruising 100 km/jam. Sementara itu, Toyota Fortuner hanya 6 percepatan sehingga putarannya hanya 1.800 rpm saat cruising 100 km/jam.

Baca juga: Konsumsi BBM Xpander Diklaim Irit, Seperti Apa Spesifikasinya?

Tips Menghemat Konsumsi Bahan Bakar

Walaupun ada banyak test drive dan uji coba yang membuktikan efisiensi konsumsi BBM Pajero Sport, akan tetapi bila kita tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan kurang bijak dalam berkendara maka bukan gak mungkin penggunaan BBM Pajero Sport bisa boros.

Oleh karena itu, sebaiknya hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk ini agar konsumsi BBM mobil kita hemat. 

Kebiasaan yang pertama adalah membawa beban berat, termasuk penumpang ataupun barang berlebih, karena dapat mempengaruhi mobil saat melakukan suspensi dan akselerasi.

Kemudian rutin memeriksa tekanan angin ban mobil untuk mendukung efisiensi penggunaan bahan bakar pada mobil. Kebiasaan buruk lainnya adalah gaya berkendara yang agresif khususnya saat melakukan akselerasi secara tiba-tiba.

Kebiasaan kurang bijak yang terakhir adalah melewatkan jadwal servis mobil rutin secara berkala. Walaupun gak terlalu sering kita melewatkan jadwal servis mobil, akan tetapi kebiasaan tersebut cukup berpengaruh terhadap performa dan kualitas kendaraan.

Jadwalkan servis mobil OtoFriends di Bengkel Otoklix secara online melalui aplikasi Otoklix.

Cara cepat menemukan bengkel mobil terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Setelah membuat booking service tersebut, aplikasi Otoklix memiliki fitur khusus untuk dalam bentuk reminder notifications untuk memberi tahu pemilik kendaraan sehingga kita bisa melakukan servis mobil tepat waktu.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Pajero Sport :


Mengutip informasi dari Mitsubishi Motors, konsumsi BBM Pajero Sport untuk pemakaian dalam kota sebesar 12,8 km/liter sedangkan penggunaan luar kota sebesar 15,5 km/liter.


Hasilnya cukup memuaskan bahwa Mitsubishi Pajero Sport untuk menempuh jarak 450 km dalam kota dengan rute kombinasi dan kondisi jalan yang macet serta gaya berkendara berkecepatan rata-rata 23- 30 km/jam tersebut mengkonsumsi bensin sebanyak 11 km/liter


Hasil uji coba tersebut menyebutkan bahwa konsumsi BBM Fortuner diesel sebesar 11,7 km/liter untuk rute dalam kota dengan rata-rata kecepatan 22 km/jam, berbeda dengan konsumsi Pajero Sport Dakar Ultimate hanya 10,9 km/liter.