Merawat mobil tidak hanya melulu soal mesin, tapi juga body, termasuk bemper. Bemper yang berada di bagian depan dan belakang mobil kerap jadi bagian yang tak luput dari lecet bahkan penyok. 

Bemper yang penyok membuat mobil kendaraan terlihat jelek. Selain di bengkel body repair, bemper yang penyok ternyata bisa diperbaiki sendiri. Tapi, mari kita mengenal apa itu bemper mobil, beserta fungsi bahan yang terkandung.

Baca juga: Bengkel Body Repair Terdekat, Tips Memilihnya dan Biaya

Apa itu bemper mobil?

Bemper mobil merupakan komponen mobil yang memiliki engsel atau built in. Letaknya berada di bagian depan atau belakang mobil. 

Bentuk dan tempat pemasangan bemper mobil tergantung dari desain produsen mobil, namun secara garis besar desain tersebut akan mendukung bentuk body mobil menjadi lebih utuh dan mempertegas tampilan eksterior mobil jadi lebih stylish dan elegan.

Dulu, bemper mobil belum menjadi komponen wajib yang harus ada di mobil. Di awal kehadirannya, bemper mobil masih terbuat dari potongan baja tebal yang kaku dan di pasang di bagian depan mobil saja. Dari segi keamanannya, bemper masih belum terlalu kuat sebagai penahan benturan karena dipasangnya hanya menggunakan baut dan gantungan pegas.

Lain halnya dengan bemper mobil saat ini yang dirancang lebih modern dan kuat karena telah terjamin daya tahan bantingnya.

Fungsi bemper mobil

Fungsi utama bemper mobil sebagai pelindung body, kerangka, dan mesin mobil saat terjadi benturan. Karenanya, di awal kemunculannya bemper mobil hanya ada di bagian depan mobil. 

Sebab, secara logika saat terjadi benturan maka bagian depan yang akan lebih dulu terbentur dan berdampak cukup signifikan sebagai penahan benturan.

Kendati demikian, potensi benturan di bagian belakang mobil semakin tinggi sehingga pada beberapa mobil juga dilengkapi dengan bemper mobil bagian belakang.

Sebagai penahan benturan, bisa dikatakan bemper mobil menjadi pelindung mesin atau tangki bahan bakar mobil untuk meminimalisir kerusakan saat terjadi benturan.

Selain melindungi komponen mobil, bemper mobil juga melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi benturan selain seat belt.

Apabila dulu bemper mobil masih kaku terbuat dari baja, maka kini ada banyak jenis bahan pembuat bemper mobil yang aman tetapi bisa menambah nilai estetika untuk penampilan mobil.

Baca juga: Apa Itu Body Repair? Berikut Fungsi dan Kisaran Biayanya

Bahan-bahan bemper mobil

Mengingat fungsi bemper mobil bertambah yakni sebagai aksesoris mobil untuk mempertegas tampilan dan identitas merek mobil, maka material pembuatan bemper mobil bisa menggunakan material plastik dan fiber. 

Bemper mobil yang terbuat dari plastik atau fiber ini juga mengurangi bobot kendaraan sehingga pemakaian bahan bakar akan jauh lebih irit. Berikut ini bahan-bahan pembuat bemper mobil.

1.Polypropylene

Polypropylene (PP) adalah plastik sintetis yang paling banyak digunakan produsen bemper mobil. Jenis ini bersifat kasar dan paling tahan terhadap berbagai jenis bahan kimia juga ramah lingkungan.

2.Polyvinyl Chloride (PVC)

Polyvinyl chloride (PVC) adalah salah satu termoplastik yang memiliki fleksibilitas terhadap suhu panas dan dingin.

3.Polystyrene (PS)

Polystyrene (PS) adalah sebuah polimer dengan monomer stirena, sebuah hidrokarbon cair yang dibuat secara komersil dari minyak bumi. 

Pada suhu ruangan, polystyrene biasanya bersifat termoplastik padat dan dapat mencair pada suhu yang lebih tinggi. Polystyrene padat murni adalah plastik keras, tidak berwarna dan mempunyai fleksibilitas sehingga bisa dibentuk berbagai

4.Thermoplastic polyurethane (TPU)

Jenis ini memiliki karakteristik yang elastis, transparan dan tahan terhadap suhu rendah tanpa mengalami perubahan bentuk.

5.Polycarbonate

Ini adalah salah satu jenis plastik yang paling mudah dibentuk dan dicetak. Kelebihan dari bahan ini juga cenderung tahan panas.

6.Polybutylene rerephthalare (PBT)

Bahan ini tergolong sebagai salah satu thermoplastik yang digunakan sebagai penghantar pada industri listrik, elektronik sampai otomotif. Kelebihan dari bahan ini adalah tahan panas.

7.Polyxymethylene (POM)

POM memiliki kekakuan dan cenderung stabil dalam suhu yang rendah.

Baca juga: 8 Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok

Cara memperbaiki bemper penyok

Bemper penyok dengan kerusakan minim walaupun tidak terlalu mempengaruhi fungsi namun mengganggu keelokan kendaraan. Jika penyok hanya berukuran kecil, bisa diperbaiki sendiri. Tidak harus ke bengkel. Berikut cara memperbaiki bemper penyok secara mandiri.

1. Menggunakan air panas

Bemper mobil yang penyok bisa disembuhkan dengan air panas. Caranya, bagian mobil yang penyok disiram perlahan dengan air panas. Karena, pada dasarnya air panas akan membuat bahan plastic fiber akan lunak dan bisa kembali ke bentuk dasar. Walaupun tidak ada jaminan bentuknya akan balik ke keadaan semula.

2. Menggunakan Hair dryer

Selain menggunakan air panas, beberapa orang juga menganggap memperbaiki bemper dapat dilakukan dengan menggunakan hair dryer. Panas yang dikeluarkan hair dryer dipercaya dapat mengatasi bemper penyok. 

Caranya, panaskan bagian bumper dengan hair dryer. Jika sudah panas dan agak meleleh, segera dorong perlahan agar bentuk kembali seperti semula. 

3. Menggunakan palu karet

Palu karet bisa juga menjadi alat bantu memperbaiki bemper yang penyok. Caranya, hanya dengan mengetuk bagian yang penyok hingga kembali ke posisi semula. Namun harus hati-hati dan dilakukan dengan perlahan.

4. Menggunakan heater gun

Cara berikutnya, untuk mengatasi bemper penyok adalah dengan bantuan alat bernama heater gun. Perbaikan bumper penyok yang tepat dapat dilakukan dengan menggunakan alat ini pada suhu panas sekitar 150 derajat Celcius. 

Hal ini dilakukan sejalan dengan metode perbaikan body on dolly agar permukaan bumper bisa mencapai hasil yg maksimal.

Kendati demikian, ada baiknya memperbaiki bemper mobil langsung di bengkel body repair agar penyok pada mobil benar-benar teratasi oleh ahlinya. Setiap bengkel body repair mematok biaya servis berbeda-beda. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dulu berapa estimasi biaya servis bemper mobil.

Baca juga: Catat! Rekomendasi Bengkel Bemper Mobil dan Biaya Perbaikannya

Biaya memperbaiki bemper mobil di bengkel

Estimasi biaya servis bemper mobil di bengkel resmi berkisar antara Rp800 ribu sampai Rp1 jutaan, sedangkan di bengkel spesialis mulai dari Rp200 ribuan sampai Rp900 ribuan.

Idealnya, biaya perbaikan bemper mobil dihitung berdasarkan seberapa panjang bagian bemper yang rusak dalam satuan centimeter dan per panel serta seberapa parah tingkat kerusakannya. 

Misalnya saja, bemper mobil yang rusak sepanjang 10 sampai 20 centimeter, maka harga yang dipatok berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp150 ribu.

Jika, bemper mobil memiliki tingkat kerusakan yang cukup parah seperti robek, maka biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih tinggi. Secara garis besar biaya pengecatan bemper mobil Avanza dan mobil-mobil kecil lain yang sudah diperbaiki sebesar Rp350 ribu per panel, sedangkan mobil MPV dan SUV mulai dari Rp450 ribu per panel. 

Sementara itu, bila perbaikan bemper mobil dilakukan di bengkel cat duco, biaya perbaikannya mulai dari Rp500 ribu dan masih bisa dinegosiasikan lagi biaya tersebut.

Apabila kita melakukan perbaikan menggunakan teknik PDR maka biayanya mulai dari Rp200 ribuan. Teknik PDR merupakan teknik perbaikan body mobil tanpa cat ulang dan melakukannya dari dalam menggunakan alat khusus yang dimasukkan ke dalam plat panel yang penyok.

Penyebab bemper mobil pecah atau penyok

Penyebab bemper mobil bisa pecah, rusak atau penyok karena beberapa faktor, di antaranya:

  • Tabrakan dengan kendaraan lain sehingga menciptakan bekas dalam skala ringan atau kerusakan yang cukup fatal seperti pecah di bagian body dan bemper mobil.
  • Terbentur objek atau benda keras selain kendaraan juga bisa menimbulkan penyok pada bemper hingga pecah.
  • Tertimpa benda yang cukup keras.
  • Kebiasaan sembarangan menyimpan atau memarkirkan mobil sehingga berpotensi goresan hingga penyok pada mobil.

Jenis modifikasi bemper mobil terlaris

Khusus mobil yang belum memiliki bemper mobil, biasanya pemilik mobil akan mencari tempat variasi bemper depan dan belakang. 

Namun, tak jarang juga para pemilik mobil yang sudah memiliki bemper di mobil tetap melakukan modifikasi bemper dengan tujuan untuk mempertegas kekokohan, kegagahan, dan kemewahan mobil. Berikut ini jenis-jenis modifikasi bemper mobil.

Bemper mobil bermaterial plastik atau fiber

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa selain besi atau baja, bemper mobil bisa dibuat dari material plastik atau fiberglass (fiber). 

Bahkan, bemper mobil dengan material fiber dan fiberglass mold sangat dicari orang karena bisa dibentuk sesuai keinginan pemilik mobil dengan harga yang cukup terjangkau.

Sekalipun harganya murah dan material ini bersifat lentur, namun bahan fiber justru direkomendasikan sebagai pendukung chassis untuk tipe ladder atau monokok supaya lebih aman saat terjadi benturan.

Bemper mobil bermaterial logam atau metal

Kelebihan bemper mobil bermaterial logam atau metal adalah mempertegas kesan kokoh dan gagah pada desain eksterior mobil. Namun, kelemahannya adalah material ini masih kurang aman bila dibandingkan bemper bermaterial plastik atau fiber.

Bemper mobil bull bar (ARB)

Jenis modifikasi bemper ARB cukup familiar di daerah pedesaan yang rentan akan benturan terhadap benda keras seperti hewan ternak yang sedang menyebrang jalan. Jenis modifikasi ini cocok sebagai bemper mobil Carry pick up.

Nah, OtoFriends yang ingin mencari bengkel body repair bisa mencari di aplikasi OtoKlix. OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk memperbaiki body kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Bemper Mobil 

Fungsi utama bemper mobil sebagai pelindung body, kerangka, dan mesin mobil saat terjadi benturan. Karenanya, di awal kemunculannya bemper mobil hanya ada di bagian depan mobil.

Bemper mobil terbuat dari besi, baja, plastik, fiber, atau logam dan metal.

Estimasi biaya servis bemper mobil di bengkel resmi berkisar antara Rp800 ribu sampai Rp1 jutaan, sedangkan di bengkel spesialis mulai dari Rp200 ribuan sampai Rp900 ribuan.