Mobil yang sering dipakai memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap terjadinya goresan atau penyok pada bodi mobil. Untuk menjaga tampilan mobil agar tetap indah dipandang, kamu perlu melakukan perbaikan bodi mobil di bengkel body repair terdekat.

Bengkel-bengkel ini bisa melakukan repair dan repaint.  Banyak ragam pilihan jenis bengkel dengan penawaran harga dan jasa yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu perlu tahu perbedaannya agar tidak menyesal. Jangan sampai sudah membayar mahal tetapi hasil pengerjaannya asal-asalan, belang, dan tidak rapi.

Mari simak perbaikan bodi mobil di beberapa bengkel body repair mobil terdekat beserta estimasi biayanya.

Memilih Bengkel Body Repair Terdekat Berkualitas

Ada beberapa jenis bengkel yang bisa membantu kamu dalam memperbaiki bodi mobil yang rusak, penyok, atau tergores. Harganya juga bervariasi jadi bisa menyesuaikan dengan bujet kamu. Ini dia bengkel-bengkel yang menerima body repair.

1. Bengkel Body Repair Umum

Beberapa bengkel umum ada pula yang menerima jasa body repair. Harga yang ditawarkan juga tergolong terjangkau. Biaya body repair ini dihitung per panel. Harga untuk perbaikan panel kecil sekitar Rp350-600 ribuan.

Sementara itu untuk panel besar dipatok harga Rp600-800 ribu. Kamu juga bisa melakukan perbaikan menyeluruh atau full body  dengan harga Rp5-8 juta. Ini harga yang wajar sebagai harga body repair mobil penyok.

2. Bengkel Body Repair Resmi

Bengkel resmi juga menawarkan jasa body repair. Sayangnya, biaya perbaikan di bengkel resmi relatif lebih mahal, yaitu Rp700 ribu sampai dengan Rp1,5 juta untuk panel kecil dan besar. Kalau kamu ingin melakukan perbaikan full body, biayanya bisa mencapai Rp15 juta. Biaya ini belum termasuk pengelasan dan juga biaya lain.

3. Bengkel Cat Duco

Kalau kamu punya bujet yang pas-pasan tetapi sangat butuh untuk melakukan perbaikan mobil, kamu bisa mencoba body repair di bengkel cat duco. Tarif di bengkel ini hanya sekitar Rp200-400 ribu per panel. 

Sementara itu untuk pengerjaan full body  hanya Rp2,5-5 juta. Murah, bukan? Tetapi Otoklix menyarankan, gunakan jasa bengkel cat duco untuk kerusakan ringan saja.

Itu tadi beberapa jenis bengkel repair body mobil terdekat. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Tips Memilih Bengkel Body Repair Terdekat

Mempercayakan perbaikan bodi mobil kita kepada bengkel abal-abal pasti menjengkelkan. Hasil tidak memuaskan, tetapi terlanjur sudah dikerjakan. Mau tidak mau kita pun harus membayar sesuai harga yang sudah disepakati di awal. Maka dari itu kamu perlu mengecek reputasi bengkel body repair terdekat yang menjadi incaran kamu.

Cara mengeceknya adalah dengan melihat apakah banyak pelanggan yang menggunakan bengkel tersebut atau tidak. Selain itu kamu juga bisa mencari informasinya di internet atau mendapatkan bengkel rekomendasi dari Otoklix.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan jasa bengkel cat pinggir jalan atau lebih sering disebut cat duco seperti yang sudah disinggung di atas. Beberapa bengkel cat pinggir jalan juga memiliki kualitas seperti bengkel body repair. Ada pula yang sudah bekerja sama dengan pihak asuransi.

Pengecatan yang dilakukan di bengkel cat pinggir jalan adalah menggunakan spray dengan tekanan angin dari kompresor. Proses pengeringan cat menjadi lebih sempurna daripada cat oven. Hal ini juga perlu diimbangi dengan keahlian teknisi. Jangan sampai cat mobil menjadi belang karena salah dalam proses pengerjaan.

Terakhir, cari bengkel body repair yang dekat dari lokasi kamu agar lebih mudah dijangkau dan juga lebih mudah melakukan komplain kalau ada yang tidak sesuai.

Biaya Perbaikan di Bengkel Body Repair Terdekat

Sebelum mendatangi bengkel body repair terdekat, ketahui dulu berapa kisaran biaya perbaikan di bengkel body repair. Harga-harga ini bisa kamu jadikan acuan buat kamu agar bisa siapkan dana.

Untuk biaya perbaikan per panel biasanya sekitar Rp300-450 ribu. Sementara itu untuk pengecatan kap mesin dan bagasi harganya mencapai Rp400-600 ribu. Untuk atap mobil yang permukaannya lebih luas, harganya pun lebih mahal, yaitu Rp500-800 ribu

Harga pengecatan kabin atas sekitar Rp650 ribuan, sementara untuk pengecatan fender, bemper depan dan belakang sekitar Rp350 ribu untuk masing-masing panel. 

Sedangkan untuk pengecekan full body, harga yang ditawarkan sekitar Rp4 jutaan dari berbagai merk seperti Blinken, Apsara, DuPont, dan Nippon Paint. Apabila cat yang digunakan adalah Spies Hecker atau Sikkens, harganya Rp6,5-9 jutaan tergantung besar bodi kendaraan dan juga pilihan warnanya.
Kamu sedang mencari bengkel body repair terdekat? Kamu bisa mendapatkan bengkel body repair di aplikasi Otoklix. Aplikasi Otoklix akan memberikan rekomendasi bengkel body repair terdekat.