Penyebab indikator airbag menyala harus diketahui dengan jelas karena indikator airbag terkadang bisa menyala meski tidak terjadi apa-apa. Seperti yang sudah OtoFriends ketahui, airbag merupakan salah satu fitur keselamatan mobil yang bisa digunakan dalam keadaan mendesak seperti kecelakaan. Jika indikator airbag menyala tanpa sebab, sudah pasti ada kesalahan atau kerusakan pada komponen tertentu. Lantas apa saja penyebab indikator airbag menyala yang harus diketahui? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Sekilas Tentang Cara Kerja Indikator Airbag

Airbag merupakan fitur keselamatan mobil yang berupa bantalan udara. Airbag berfungsi untuk melindungi penumpang dan pengendara dari benturan pada bagian depan mobil. Terdapat sensor yang bisa bekerja otomatis untuk mendeteksi adanya benturan. Secara sederhana, cara kerja airbag memanfaatkan sensor tersebut dan akan langsung mengembang apabila mobil terbentur keras.

Baca juga: Kenali Fungsi Airbag Mobil dan Jenis-jenisnya

Penyebab Indikator Airbag Menyala

Jika tidak ada benturan, ada beberapa penyebab indikator airbag menyala pada mobil, yaitu:

  1. Saklar Seat Belt Bermasalah

Ada beberapa sistem pengaman pada mobil. Selain airbag, setiap mobil juga dilengkapi sabuk pengaman yang berfungsi untuk menjaga penumpang dan pengendara tidak terpental dari kursi apabila terjadi kecelakaan.Saklar seat belt yang rusak atau bermasalah dapat menjadi penyebab indikator airbag menyala. Beberapa gangguan atau kerusakan saklar seat belt bisa disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel. Selain itu, saklar ini juga mendeteksi apakah sabuk pengaman sudah terpasang benar atau belum. Oleh sebab itu, selalu pastikan kondisi saklar seat belt mobil OtoFriends selalu terjaga kebersihannya dan terpasang dengan baik, sehingga tidak menjadi penyebab indikator airbag menyala tanpa benturan.

  1. Sistem Keamanan Mobil Bermasalah

Salah satu penyebab indikator airbag menyala tanpa terjadi benturan lainnya adalah adanya masalah pada sistem keamanan mobil. sistem keamanan mobil zaman ini banyak dilengkapi dengan berbagai komponen kelistrikan yang memiliki variasi kode. Terbayang jika kode antar komponen tidak sesuai, sudah pasti bisa menjadi penyebab indikator airbag menyala. 

Mengatasi hal ini, OtoFriends bisa membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan. Bengkel umum rekanan Otoklix melayani servis dan perawatan rutin dengan harga transparan. Harga lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi.

  1. Masalah Kabel Clock Spring

Masalah pada kabel clock spring juga bisa menjadi penyebab indikator airbag menyala. Bagi OtoFriends yang belum mengetahui, kabel clock spring merupakan komponen pengatur airbang dengan driver module. Adapun cable clock spring ini terletak pada bagian belakang roda kemudi.

Mengatasi hal ini, OtoFriends bisa mencoba untuk melakukan pengecekkan di bengkel terdekat. Pembongkaran kabel clock spring tidak bisa dilakukan secara sembarangan, jadi pastikan OtoFriends melakukan pembongkaran dan pemasangan dengan benar. 

  1. Jarang Melakukan Servis Mobil

Servis mobil rutin membantu OtoFriends menjaga performa mobil tetap dalam kondisi baik. Rutin melakukan servis juga menjaga OtoFriends dari pengeluaran over budget apabila terjadi kerusakan komponen yang parah. Mulailah untuk rutin servis di bengkel rutin setidaknya 6 bulan sekali, sehingga OtoFriends bisa terhindar dari masalah kerusakan yang merupakan penyebab indikator airbag menyala.

Letak Sensor Airbag

Sensor airbag terletak pada 2 bagian mobil yaitu bagian depan dan bagian tengah. Di bagian depan sensor airbag terletak dekat headlamp sedangkan di bagian tengah sensor airbag terletak di bawah kabin mobil.

Cara Merawat Airbag Mobil

Menghindari masalah penyebab airbag menyala tanpa sebab dan benturan, ada baiknya OtoFriends mengetahui cara tepat merawat airbag mobil OtoFriends. Berikut penjelasannya:

  1. Memastikan Kondisi baterai aki mobil

Airbag bekerja berdasarkan aliran listrik mobil. Selalu pastikan kondisi baterai aki mobil OtoFriends tetap dalam kondisi baik sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang menjadi penyebab indikator airbag menyala.

  1. Memodifikasi sistem kelistrikan mobil dengan Hati-hati

Salah satu masalah yang sering menjadi penyebab indikator airbag menyala tanpa benturan adalah kesalahan dalam memodifikasi sistem kelistrikan mobil. Melakukan modifikasi sistem kelistrikan rentan merusak sistem kelistrikan mobil OtoFriends. Beberapa sistem kelistrikan yang sering di modifikasi seperti audio atau perangkat fitur hiburan lainnya. OtoFriends perlu berhati-hati apabila ingin melakukan penggantian atau mengupgrade setiap komponen kelistrikan. Pastikan mobil OtoFriends ditangani oleh tenaga profesional sehingga dapat terhindar dari penyebab indikator airbag menyala tanpa benturan.

Baca juga: Sebelum Modifikasi Stir Racing Mobil, Perhatikan 5 Hal ini

Itulah penyebab indikator airbag menyala yang perlu OtoFriends ketahui. Jangan lalai dalam melakukan perawatan dan servis rutin, sehingga OtoFriends dapat terhindar dari berbagai masalah kerusakan airbag dan komponen mesin mobil lainnya. 

Baca juga: Berapa Harga Airbag Mobil untuk Perbaikan? Sampai Rp25 Jutaan!

Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut apabila OtoFriends mengalami masalah atau kerusakan penyebab indikator airbag menyala tanpa benturan. Perawatan dan servis rutin di bengkel rekanan Otoklix dilayani dengan tenaga profesional dan tepercaya. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Penyebab Indikator Airbag Menyala

Penyebab indikator airbag menyala harus diketahui dengan jelas karena indikator airbag terkadang bisa menyala meski tidak terjadi apa-apa. Jika indikator airbag menyala tanpa sebab, sudah pasti ada kesalahan atau kerusakan pada komponen tertentu.

Sensor airbag terletak pada 2 bagian mobil yaitu bagian depan dan bagian tengah. Di bagian depan sensor airbag terletak dekat headlamp sedangkan di bagian tengah sensor airbag terletak di bawah kabin mobil.

Penyebab indikator airbag menyala harus segera diketahui. Oleh sebab itu segera bawa mobil ke bengkel untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.