VVT-i adalah sebuah teknologi yang membantu performa mesin berjalan lebih optimal. Teknologi ini kerap dijumpai pada mobil Toyota, Daihatsu hingga Suzuki.

Tanpa kehadiran teknologi VVT-i, proses buka dan tutup katup tidak akan berjalan otomatis sehingga membuat bahan bakar menjadi terbuang dengan percuma. Akibatnya, performa mesin jadi kurang optimal dan suplai bahan bakar juga tidak bisa mencukupi kebutuhan.

Pengembangan teknologi VVT-i yang ada pada mobil masa kini tentunya memberikan banyak perubahan bagi industri otomotif, mesin yang semakin bertenaga dan nyaman untuk digunakan.

Pengertian VVT-i

Pemilik mobil Toyota atau Daihatsu tentu sudah tidak asing dengan teknologi VVT-i. Pasalnya, logo VVT-i biasanya terletak di bagian eksteriornya. VVT-i adalah singkatan Variable Valve Timing Intelligence.

Kehadiran VVT-i menggantikan fungsi dari teknologi VVT yang lebih dulu dikembangkan oleh vendor Toyota pada tahun 1991 di mesin 4A-GE mesin 5 silinder. Teknologi ini juga dilengkapi pengatur waktu pada pembuka katupnya.

Kelebihan teknologi mesin VVT-i adalah menghasilkan kendaraan yang lebih bertenaga dan ramah lingkungan karena ada pengaturan otomatis di katup masuk atau katup hisapnya. Hal ini tentu berbeda jauh dengan sistem pengaturan katup dahulu.

Sistem pengaturan katup yang belum menggunakan teknologi VVT-i sering menyebabkan ketidaktepatan waktu buka tutup katup, sehingga bahan bakar menjadi sering terbuang dan kinerja mesin kurang optimal.

Baca juga: 8 Cara Agar Lolos Uji Emisi Gas Buang

Fungsi VVT-i

Fungsi utama dari VVT-i adalah mengatur waktu buka dan tutup katup masuk agar dapat mengikuti beban kerja mesin. Teknologi ini akan membuat katup mesin terbuka lebih awal saat RPM mesin tinggi.

Pengaturan katup akan mengandalkan Electronic Control Unit (ECU) untuk menyesuaikan perintah dengan kecepatan mesin, posisi throttle, volume udara masuk, serta temperatur air pendingin mesin. Inilah yang membuat suplai bahan bakar dan udara yang diatur oleh katup membuat pembakaran menjadi sempurna. 

Hadirnya teknologi VVT-i akan membuat mobil OtoFriends menjadi lebih bertenaga dan irit dalam pemakaian bahan bakar. Emisi bahan bakar yang dikeluarkan pun menjadi ramah lingkungan. 

Keunggulan Mesin VVT-i

Ada banyak keunggulan dari mesin VVT-i, diantaranya mobil menjadi lebih irit BBM serta bisa meningkatkan torsi output. Untuk lebih jelasnya, berikut ini keunggulan mesin VVT-i yang perlu OtoFriends ketahui:

Irit pemakaian bahan bakar

Salah satu keunggulan VVT-i adalah membuat mesin mobil lebih irit pemakaian bahan bakar. Ketika waktu katup masuk dan katup pembuangan terbuka, mesin dibuat sedemikian rupa agar dapat dikontrol terus-menerus berdasarkan beban dan kecepatan mesin.

Mesin VVT-i dapat memajukan waktu untuk membuka katup masuk selama selama OtoFriends berkendara dengan beban parsial, meningkatkan valve overlap, dan menarik kembali sebagian gas buang ke dalam silinder.

Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

Meningkatkan torsi dan output

Selama berkendara dengan beban tinggi yang membutuhkan torsi dan output tinggi, waktu katup masuk diberikan kontrol optimal berdasarkan kecepatan mesin. Efek inersia intake sepenuhnya digunakan untuk meningkatkan udara masuk, sehingga meningkatkan torsi dan output yang sesuai.

Mesin VVT-i meningkatkan torsi kecepatan rendah dan menengah dengan melakukan kontrol, terutama pada penutupan katup masuk pada rentang kecepatan rendah dan menengah. Dengan peningkatan kecepatan mesin, waktu untuk menutup katup masuk diperlambat untuk meningkatkan keluaran.

Cara Kerja VVT-i

Fungsi VVT-i didukung oleh beberapa komponen di dalamnya, yaitu:

  • ECU (Electronic Control Unit) yang menghitung ketepatan waktu kinerja katup masuk secara optimal berdasarkan kondisi operasi mesin.
  • OCV (Oil Control Valve) yang mengontrol tekanan hidrolik di bawah instruksi ECU.
  • Katrol VVTl yang bekerja terus-menerus untuk mengubah timing katup menggunakan tekanan hidrolik.

Cara kerja VVT-i sederhananya akan mengoreksi jalur udara dan jalur penggunaan bahan bakar. VVT-i nantinya akan bekerja sesuai dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi optimal dalam setiap putarannya.

Baca juga: Terlengkap! Ini Penjelasan Komponen ECU Mobil dan Fungsinya

Perbedaan VVT-i dan Dual VVT-i

Dual VVT-i sebenarnya masih sama saja seperti VVT-i, dimana proses buka tutup katup akan dijalankan secara otomatis. Perbedaannya terletak pada jenis katup yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis.

Jenis katup yang otomatis terbuka dan tertutup akan meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar. Performa kendaraan juga bisa lebih terjaga berkat teknologi dual VVT-i yang dimiliki.

Dual VVT-i adalah teknologi yang memungkinkan buka tutup katup otomatis di bagian katup intake dan exhaust valve. Inilah yang membedakan VVT-i dan dual VVT-i. Bisa dikatakan bahwa teknologi dual VVT-i lebih sempurna daripada teknologi VVT-i. 

Itulah informasi lengkap yang perlu OtoFriends pahami tentang VVT-i. Sebagai pemilik kendaraan, kita perlu melakukan perawatan kendaraan secara berkala di bengkel terdekat. Temukan 2.000+ bengkel terpercaya melalui aplikasi Otoklix yang bisa memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Selain memudahkan mencari bengkel, OtoFriends juga bisa melakukan booking service sekaligus melihat harganya. Di sana, ada banyak promo yang bisa kita temukan dan gunakan untuk servis atau sekadar cuci mobil dengan harga yang terjangkau.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar VVT-i Adalah

VVT-i adalah sebuah teknologi yang membantu performa mesin berjalan lebih optimal dengan mengatur waktu buka dan tutup katup masuk agar dapat mengikuti beban kerja mesin.

Ada banyak keunggulan dari mesin VVT-i, diantaranya mobil menjadi lebih irit BBM serta bisa meningkatkan torsi output.

Dual VVT-i adalah teknologi yang memungkinkan buka tutup katup otomatis di bagian katup intake dan exhaust valve.