Bagi pemilik mobil, vacuum cleaner mobil sudah menjadi alat penting yang harus dimiliki guna menjaga bagian dalam mobil tetap bersih dan terhindar dari segala jenis kotoran dan debu. Meskipun tak jarang ada yang menggunakan alat vacuum cleaner biasa untuk membersihkan kabin mobil, namun penggunaannya ini tidak sepraktis bila menggunakan vacuum cleaner khusus mobil.

Selain sisa makanan dan minuman yang mudah terlihat dan dibersihkan, ada jenis kotoran lainnya yang membandel sehingga dibutuhkan alat khusus untuk membersihkannya. Misalnya saja kotoran yang berada di celah-celah jok mobil, remehan makanan atau abu rokok.

Ada banyak produk vacuum cleaner mobil yang bisa ditemukan, mulai dari vacuum cleaner mini, vacuum cleaner krisbow, vacuum cleaner bosch dan jenis vacuum cleaner lainnya dengan keunggulannya masing-masing. Artikel ini akan membahas mengenai peran vacuum cleaner, jenis, dan rekomendasi vacuum cleaner terbaik.

Baca juga: 5 Rekomendasi Pembersih Interior Mobil Terbaik, Ampuh Bikin Kinclong

Apa itu vacuum cleaner?

Vacuum cleaner mobil merupakan alat penghisap atau pembersih debu yang diperuntukkan untuk membersihkan bagian interior dan kabin mobil dari semua jenis sampah membandel yang sulit dibersihkan.

Fungsi utama vacuum cleaner mobil adalah sebagai alat untuk membersihkan kabin dari debu, kotoran membandel hingga kotoran dalam bentuk partikel terkecil yang menempel dan bersembunyi di seluruh bagian interior mobil. Tak terkecuali pada bagian celah mobil yang sulit dijangkau.

Selain merusak keindahan kabin mobil, kotoran dan debu tersebut bisa berdampak pada kesehatan pengemudi dan penumpang. Karenanya, supaya kita tetap aman dan sehat saat berkendara sebaiknya rutin membersihkan kabin mobil menggunakan vacuum cleaner mobil.

Baca juga: Daftar Cairan Pembersih Interior Mobil Terbaik, Lengkap dengan Harganya

Jenis-jenis vacuum cleaner mobil

Berikut ini pembagian jenis vacuum cleaner berdasarkan kemampuan menampung debu, ada tidaknya kabel dan kemampuan vacuum digunakan untuk membersihkan permukaan yang kering atau basah.

1. Vacuum cleaner mobil: Kabel atau nirkabel

Berdasarkan pengisian dayanya, ada dua tipe vacuum cleaner yakni vacuum yang menggunakan kabel dan tanpa kabel atau nirkabel. Untuk vacuum cleaner dengan kabel, cara menggunakannya dengan mencolokkan kabel vacuum ke lighter socket.

Pilih vacuum yang memiliki kabel panjang supaya bisa menjangkau setiap sudut dan celah kabin mobil. Khusus untuk mobil minibus, disarankan memilih alat vacuum dengan panjang kabel minimal 3 meter.

Sedangkan vacuum tipe nirkabel diklaim lebih efisien dan praktis dibandingkan vacuum dengan kabel. Seba, tipe vacuum ini bisa dibawa kemana saja tanpa perlu kerepotan dengan kabel. 

Akan tetapi, durasi pemakaiannya cukup singkat yakni berkisar antara 15 sampai 30 menit tergantung merk vacuum cleaner yang kamu gunakan. Durasi pemakaian yang singkat tetapi pengisian dayanya terbilang cukup lama yakni berkisar 6 sampai 8 jam.

2. Vacuum cleaner mobil: Cyclone atau filter

Jenis selanjutnya adalah berdasarkan kemampuan alat vacuum untuk menampung debu. Ada dua tipe pada jenis ini yakni vacuum cleaner cyclone atau vacuum cleaner filter. Tipe cyclone memiliki penyedot debu berbentuk tabung silinder yang berfungsi untuk menyedot kotoran dan berputar di dalamnya seperti putaran topan.

Saat kotoran telah masuk ke dalam tabung tersebut, sebaiknya segera dibuang supaya debu dan kotoran tidak beterbangan kembali di dalam kabin mobil yang sudah dibersihkan.

Adapun tipe filter dilengkapi dengan penyaring debu dan partikel kecil lainnya. Udara residu yang keluar dari vacuum tipe filter ini terbilang bersih sebab adanya penyaring di dalam vacuum. Bila OtoFriends sensitif atau alergi terhadap debu, maka direkomendasikan untuk membeli vacuum cleaner mobil tipe filter ini.

3. Vacuum cleaner mobil: wet atau dry

Jenis vacuum yang terakhir dibedakan berdasarkan tipe basah (wet) atau kering (dry). Vacuum cleaner tipe kering atau dry hanya diperuntukkan untuk membersihkan kotoran dan debu saja.

Sedangkan tipe wet atau basah bisa membersihkan kotoran yang sifatnya basah atau cairan. Tipe vacuum ini cocok bila kita sering berkendara bersama anak kecil yang sering menumpahkan air atau cairan tertentu di dalam kabin mobil.

Baca juga: Jangan Asal Bersihkan Jok Mobil Kain, Ini Cara Gampangnya!

Rekomendasi vacuum cleaner mobil terbaik

Sudah tertarik untuk membeli vacuum cleaner mobil? Apa yang menjadi pertimbangan OtoFriends dalam memilih produk vacuum cleaner? Apakah membeli vacuum cleaner murah atau melihat dari sisi fitur yang dimilikinya?

Berikut ini Otoklix berikan rekomendasi vacuum cleaner mobil terbaik lengkap dengan harga, fitur, dan keunggulan masing-masing produk.

1. Kenmaster 12V Vacuum Cleaner

Rekomendasi vacuum cleaner terbaik yang pertama ada Kenmaster 12V Vacuum Cleaner yang dijual mulai dari Rp97 ribuan sampai Rp245 ribuan. OtoFriends bisa mendapatkannya di marketplace atau e-commerce.

Keunggulan dari vacuum ini adalah ukurannya yang compact, dengan panjang 46 cm dan panjang kabel 2,8 meter, serta desain yang minimalis dan bisa dibongkar pasang. Kenmaster menyediakan pula nozzle pipih yang bisa dicopot pasang. Vacuum ini cocok untuk mobil sedang atau LCGC.

2. BOLDe Oto Hoover Car Vacuum Cleaner

BOLDe Oto Hoover Car Vacuum Cleaner memiliki daya listrik sebesar 120 watt dan daya hisap sebesar 3,6 kPA. Harga vacuum cleaner mobil satu ini berkisar dari Rp132 ribu sampai Rp160 ribuan.

Fitur yang dimilikinya diantaranya filter HEPA yang berfungsi sebagai penyaring kotoran sekecil apapun hingga 0,3 mikron, terdapat tombol one click yang berfungsi untuk membuang kotoran, dan kabel sepanjang 4,7 meter.

3. Black+Decker Dustbuster Vacuum Cleaner

Vacuum dari Black+Decker Dustbuster Vacuum Cleaner merupakan vacuum untuk mobil tipe handheld yang bisa dibawa kemana saja. Beratnya cukup ringan yakni 0,6 kg dengan daya hisap hingga 6,5 AW. Harga Black+Decker Vacuum Cleaner mulai dari Rp260 ribuan sampai Rp375 ribuan.

4. Krisbow High Power Vacuum Cleaner 6134

Rekomendasi alat vakum khusus mobil selanjutnya adalah vacuum cleaner Krisbow yang dijual mulai dari Rp160 ribuan sampai Rp190 ribuan. 

Vacuum cleaner Krisbow dilengkapi dengan kabel sepanjang 2,5 meter yang dicolokkan melalui lighter outlet. Sekalipun body vacuum terbuat dari plastik, tetapi tidak mengurangi daya hisapnya. Alat ini mampu bertahan 2 sampai 3 tahun.

5. Jaco Ez Hoover Turbo JC-333

Rekomendasi vacuum cleaner mobil terbaik yang terakhir ini cukup mahal. Jaco Ez Hoover Turbo JC-333 dijual dengan harga mulai dari Rp1,5 jutaan. Namun harga tersebut cukup sepadan dengan kualitas produknya.

Jaco Ez Hoover Turbo memiliki daya hisap hingga 15 ribu Pa, dilengkapi dengan teknologi super cyclone, dengan panjang kabel 5 meter. Vacuum cleaner Jaco dilengkapi dengan 3 lapisan filter yakni stainless steel, filter busa nano dan filter nano ekstra.

Tips pilih vacuum cleaner terbaik

Dari berbagai jenis dan rekomendasi produk vacuum cleaner dengan keunggulannya masing-masing, akan sulit menentukan mana vacuum cleaner terbaik yang akan dibeli. Untuk itu, berikut ini tips memilih vacuum cleaner mobil terbaik, di antaranya:

  • Pilih vacuum cleaner berdasarkan kebutuhannya. Vacuum cleaner jenis apa yang kita butuhkan, apakah yang tipe wet atau tipe nirkabel.
  • Pilih vacuum cleaner yang memiliki daya hisap tertinggi. Umumnya, satuan daya hisap vacuum cleaner mobil adalah air watts (AW) atau pascal (Pa). Semakin tinggi daya isap maka semakin kuat daya menghisap kotoran dan debunya.
  • Pertimbangkan fitur dan aksesoris tambahan seperti nozzle dan panjang kabel.

Selain merawat bagian kabin dan interior mobil, OtoFriends perlu memperhatikan bagian eksterior mobil. Bila ada lecet dan baret segera bawa mobil ke bengkel body repair terdekat supaya tampilan eksterior mobil kembali kinclong.

Pertanyaan Seputar Vacuum Cleaner Mobil

Ada banyak vacuum cleaner bagus yang bisa kamu pilih, mulai dari merk vacuum cleaner Krisbow, BOLDe, Kenmaster hingga merk Jaco Ez Hoover Turbo yang termahal.

Vacuum cleaner bisa membersihkan kotoran, debu dan partikel sekecil apapun di dalam kabin dan interior mobil. Bahkan, ada tipe vacuum yang bisa membersihkan kotoran dalam bentuk cairan.

Vacuum cleaner tipe basah atau wet bisa membersihkan kotoran yang bersifat cairan atau air.