Motor listrik makin diminati di Indonesia. Bahkan, tahun 2023 dikatakan bakal jadi tahunnya sepeda motor listrik. Ternyata, variasi dari merek, jenis, dan tipe motor listrik Indonesia sudah banyak beredar. Tentu saja ini memberikan banyak pilihan bagi konsumen.

Simak spesifikasi dari 17 motor listrik dewasa yang sudah bisa dibeli di Indonesia berikut dengan harganya. Beberapa di antaranya dikabarkan bakal mendapat subsidi Rp7 juta dari pemerintah yang bakal resmi berlaku pada 20 Maret 2023 mendapat. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Daftar 17 Motor Listrik di Indonesia

Berbagai spesifikasi bisa kita pertimbangkan, berikut juga variasi harganya. Ada yang belasan juta, sampai mencapai Rp30 jutaan. Mulai dari pemain lama, sampai dengan merek elektronik yang mulai merambah segmen motor listrik Indonesia.

1. Segway (eScooter dan sepeda motor)

Pertama, kita bakal bahas motor listrik Segwey. Produk-produknya diluncurkan pada GIIAS 2022 silam. Tidak tanggung-tanggung, langsung empat tipe yang diluncurkan. Rupanya, selain motor listrik, Segwey Motor Indonesia juga punya produk moped listrik dan skuter listrik. Motor listrik Segwey sudah teruji tangguh, punya desain berkelas, dan juga ada fitur pintar.

Apa saja varian atau tipe dari motor listrik Segwey?

Segwey menyediakan produk eScooter dan sepeda motor. Pada kelas eScooter, terdapat Segwey N Series dan Segway E Series. Selain itu ada juga sepeda motor hidrogen electric hybrid pertama dari Segwey yang bisa melaju sampai dengan 150 km/jam. Hanya saja, tipe ini belum diluncurkan.

Segway N Series

Tipe pada N Series adalah N90C yang merupakan varian dengan harga terendah, yakni Rp27 jutaan. Kecepatan maksimalnya adalah 52 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 76-94 kilometer. Desainnya sporty dengan adanya grille ala jet tempur. 

Tipe yang kedua adalah N100 dengan bobot yang lebih ringan dari N90C, tetapi memiliki ground clearance yang lebih tinggi serta ruang penyimpanan yang dua kali lebih besar daripada N90C. Kecepatan maksimalnya 47 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 70-110 kilometer. Harganya dibanderol sekitar Rp34 jutaan. 

Kedua tipe dari N Series sudah dilengkapi dengan lampu LED dan sistem pengereman EABS. Selain itu, sudah lengkapi juga dengan fitur Smart Riding System “ReadyGo!”.

Segway E Series

Sementara itu, E Series adalah tipe yang lebih tinggi daripada N Series. Pada seri ini terdapat dua tipe, yaitu E110L dan E200P ONE. Tipe E110L bisa melaju dengan kecepatan maksimum 62 km/jam dan jarak tempuh 70-110 kilometer. Harganya sekitar Rp40 jutaan.

Kemudian, tipe E200P ONE adalah tipe tertinggi dari skuter listrik Segwey, dengan harga mencapai Rp85 jutaan. Motor ini bisa memelesat sampai dengan 100 km/jam dengan jarak tempuh 60-200 kilometer. Ukuran lebar bannya juga jauh lebih besar dari tipe lainnya sehingga berkendara jadi lebih nyaman.

Selain dilengkapi dengan EABS, Segway E Series juga dilengkapi dengan sistem pengereman ABS. Kedua tipenya sudah dibekali dengan baterai esktra, lampu LED, dan Smart Riding System “ReadyGo!”.

Tempat Servis Motor Segwey Terpercaya

Kabar baiknya, bagi OtoFriends yang punya motor listrik Segwey tidak perlu repot-repot mencari tempat servis terpercaya. Sebab, Otoklix sudah resmi berpartner dengan Segwey Motor Indonesia untuk layanan after sales service. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan layanan after sales yang prima. Sebab, Otoklix sudah punya jaringan 2.000 bengkel se-Jabodetabek dengan mekanik yang profesional dan harga yang kompetitif.

Layanan purna jual untuk servis motor ini meliputi servis berkala, menyediakan spare part orisinal, ditangani teknisi profesional dan jaminan harga transparan. Layanan ini tidak dikenakan biaya alias gratis biaya servis sampai dengan 5.000 kilometer pertama.

Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

2. Gesits G1

Motor listrik berikutnya adalah Gesits G1. Motor ini punya tiga mode berkendara, yaitu mode eco, mode urban, dan mode sport yang berpengaruh terhadap kecepatan maksimalnya. Ada fitur peta digital pada panel indikatornya. Motor ini dibanderol dengan harga Rp28 juta. Namun, motor ini dikabarkan bakal mendapat subsidi Rp7 juta dari pemerintah sehingga harganya hanya menjadi Rp21 jutaan saja.

3. Selis E-Max

Selis E-Max dan Agats juga bakal dapat insentif dari pemerintah sebesar Rp 7 juta dan juga subsidi dari Selis sebesar Rp5 juta. Harga awal Selis E-Max adalah Rp22 juta, maka akan menjadi Rp10 jutaan saja. Performa Selis E-Max bisa mencapai kecepatan maksimum 60 km/jam dan jarak tempuh mencapai 120 km karena sudah dilengkapi dengan baterai lithium 1.200 Watt.

4. Volta 401

Motor berikutnya yang dikabarkan bakal dapat insentif dari pemerintah adalah Volta 401. Motor ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 120 km. Sudah ada tombol parkir, Safety Reverse, serta menggunakan rem cakram. Harga awal motor listrik murah ini mencapai Rp17 juta, setelah mendapat subsidi jadi hanya Rp10 jutaan!

5. Polytron Fox-R

Produsen elektronik besar di Indonesia juga tidak mau kalah memproduksi motor listrik. Motor ini dijual sekitar Rp20 jutaan. Performa mesinnya bisa membawa motor ini melaju sampai 90 km/jam dan jarak tempuh 130 kilometer.

6. NIU Gova 3

Salah satu varian motor listrik dari NIU adalah NIU Gova 03. Motor ini dijual seharga Rp25 jutaan. Motor ini bisa melaju sampai 60 km/jam dan bisa menempuh jarak 70 km. NIU Gova 03 sudah dilengkapi dengan sistem EBS Power Recovery sehingga daya lebih efisien akibat perubahan energi pengereman jadi tenaga baterai.

7. Davigo Dragon Lithium

Motor ini punya performa yang cukup mumpuni. Kecepatan maksimalnya 70 km/jam dan bisa melaju sampai 180 kilometer karena kapasitas baterainya yang besar. Harga motor listrik ini berkisar Rp24 jutaan.

8. Yadea G6

Motor listrik dari Yadea ini meraih penghargaan Red Dot Design Award karena desainnya yang sangat kece. Kecepatan maksimalnya adalah 70 km/jam dengan jarak tempuh 100 km. Harganya hampir mencapai Rp30 juta.

9. Rakata S9

Rakata S9 adalah salah satu motor listrik dengan harga terjangkau, yaitu Rp17 jutaan. Apalagi, performanya juga cukup mumpuni untuk kegiatan sehari-hari. Motor ini bisa melaju sekitar Rp49 km/jam dan bisa menempuh jarak 60 km.

10. Viar Q1

Harganya sedikit di atas Rakata S9, yaitu sekitar Rp20 jutaan. Viar Q1 bisa melaju dengan kecepatan maksimum 60 km/jam dan bisa menempuh sampai dengan 60 km. Sudah ada fitur canggih pada versi terbarunya, yaitu smart key system yang bikin motor ini jadi lebih praktis.

11. U-Winfly X7

Masih di kelas motor listrik dewasa seharga Rp20 jutaan, ada U-Winfly X7. Motor ini punya daya 2.000 Watt, bisa melaju dengan kecepatan maksimum 65 km.jam dan jarak tempuh paling jauhnya 80 kilometer.

Baca juga: Mengenal Mobil Hybrid, Fakta Penting dan Daftar Mobilnya

12. Alfa One

Ada tiga mode berkendara pada Alfa One, yaitu mode Eco (43 km/jam), Cruise (70 km/jam), dan e-Sport (90 km/jam). Motor dengan desain bongsor ini bisa menempuh jarak maksimal 70 km. Harga motor listrik dewasa ini memang cukup tinggi, yaitu Rp36 jutaan.

13. Smoot Tempur

Smoot Tempur adalah salah satu motor listrik murah dengan harga hanya Rp17 jutaan saja. Motor ini bisa melaju sampai 60 km. Tegangannya berdaya 1.500 Watt dan bisa melaju sampai 60 km/jam.

14. Charged Maleo

Model ini dibanderol dengan harga Rp24 jutaan, belum termasuk biaya sewa baterai Rp350 ribu per bulan. Motor ini bisa menempuh jarak maksimum sampai 125 km dan kecepatan maksimumnya 70 km/jam.

15. United MX-1200

United memang terkenal sebagai produsen kendaraan listrik. Model MX-1200 bahkan dijual dengan sangat terjangkau, yaitu Rp15 jutaan saja. Akan tetapi, spesifikasinya tetap mumpuni. Daya motor ini mencapai 2.200 Watt dan bisa melaju sampai 65 km/jam. Jarak maksimal yang bisa ditempuh adalah 65 km/jam.

16. ION M1-S

Bagi OtoFriends yang mau punya motor listrik di segmen high-end, pilihannya ada ION M1-S. Kecepatan maksimum motor ini adalah 105 km/jam. ION M1-S ini juga bisa menempuh jarak 120 km sampai dengan 150 km. Harga untuk varian 120 km adalah Rp49 juta, sedangkan varian 150 km dibanderol seharga Rp56 jutaan.

Baca juga: Intip Biaya Servis Mobil Hybrid, Lebih Mahal atau Murah?

17. Honda U-GO GT

Motor listrik terakhir yang bakal kita bahas adalah Honda U-GO GT. Akan tetapi, motor ini sebenarnya belum diluncurkan di Indonesia. U-GO GT menggunakan dua baterai Lithium ion berkapasitas 5000 Watt. Dengan kapasitas yang besar ini, U-GO GT bisa menempuh jarak 150 km dengan kecepatan puncak 86 km/jam.

Fitur canggih pada U-GO GT adalah keyless. Speedometer-nya bisa terhubung langsung dengan smartphone. Lampunya sudah menggunakan LED. Di Cina, motor ini dijual dengan harga 19.900 yuan atau sekitar Rp44 jutaan. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu merah dan kuning.

Itu dia daftar 17 motor listrik dewasa di Indonesia dengan berbagai varian harga. OtoFriends tidak bakal kesulitan mencari bengkel terpercaya untuk servis motor listrik, sebab kini Otoklix sudah bekerja sama dengan Segwey Motor Indonesia sebagai partner bengkel untuk after sales service. Bengkelnya mudah dijangkau, harganya transparan karena diberi tahu ketika awal booking. Gratis biaya servis motor listrik Segwey sampai 5.000 km pertama!

Pertanyaan Seputar Motor Listrik

Beberapa merek motor listrik yang beredar di Indonesia adalah Segwey, Selis, Gesits, Volta, Viar, U-Winfly, United, Honda, bahkan sampai Polytron.

Setelah mendapatkan subsidi, dari pemerintah maupun produsen, harga termurah untuk motor listrik adalah sekitar Rp10 jutaan, misalnya untuk Selis E-Max dan Volta 401. Harga termahalnya sekitar Rp85 jutaan untuk Segwey E200P dan Rp56 juta untuk ION M1-S. Akan tetapi, rata-rata motor listrik di Indonesia dijual sekitar Rp15 juta — Rp25 jutaan.

Motor listrik dengan jarak tempuh 60 km dalam satu kali pengisian daya lebih hemat sekitar 7 kali lipat dari pengisian bahan bakar minyak pada motor konvensional.