Unitized construction dalam pada kerangka mobil memiliki makna sebagai jenis konstruksi rangka mobil menyatu atau konstruksi body monocoque. 

Meskipun jenis konstruksi kerangka ini baru populer beberapa tahun belakangan, namun sebenarnya konstruksi body menyatu ini sudah diterapkan oleh beberapa pabrik mobil sejak tahun 1930-an.

Jenis konstruksi menyatu atau unitized construction mengadaptasi dari perkembangan kerangka konstruksi pesawat terbang dan perahu di mana konstruksinya terbuat dari material yang ringan tetapi tetap kuat sebagai penopang kendaraan.

Umumnya, body mobil terbuat dari material logam yang memiliki ketebalan berkisar antara 0,6 mm sampai 0,9 mm. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian unitized construction lengkap dengan jenis dan karakteristik rangka mobil.

Baca juga: Apa itu penutup kerangka mobil? Ini fungsinya!

Pengertian united construction atau kerangka menyatu pada mobil

Jenis rangka mobil menyatu atau unitized construction ini biasa disebut juga sebagai konstruksi body monocoque. 

Jenis kerangka ini memiliki karakteristik desain kerangka body dan sasis atau rangkanya menyatu untuk menampung seluruh komponen mobil mulai dari mesin, sistem pengereman, sistem suspensi dan komponen lainnya supaya dengan mudah terintegrasi.

Biasanya, jenis konstruksi monocoque diterapkan untuk jenis mobil sedan hingga Multi Purpose Vehicle (MPV). Ada juga jenis mobil truk dan bus yang menggunakan konstruksi menyatu.

Konstruksi menyatu bisa juga disebut dengan konstruksi kulit telur di mana rangka dan body mobil disusun menjadi satu kerangka utuh agar bisa membagi beban secara merata untuk seluruh lapisan.

Desain rangka dan body yang lebih rendah ini memungkinkan mobil memiliki titik berat gravitasi rendah dan meningkatkan stabilitas mobil.

Dengan mengadaptasi jenis konstruksi ini maka bobotnya akan jauh lebih ringan sehingga pemakaian bahan bakar mobil jadi lebih efisien. Untuk menambah kekuatan konstruksinya, biasanya para produsen mobil menggunakan material jenis high strength dan aluminium.

Perihal stabilitas mobil, konstruksi monocoque memiliki titik berat dan rigiditas atau center of gravity untuk menstabilkan mobil saat melaju di permukaan jalan aspal. 

Keunggulan jenis ini adalah desain body mobil bisa dibuat lebih rendah untuk memudahkan akses penumpang ke dalam kabin mobil.

Sementara itu, dari sisi dimensinya, mobil dengan konstruksi menyatu ini memiliki ruang kabin yang fungsional dengan sistem desain one box, two box, dan three box sesuai dengan kebutuhan kita.

Bagaimana dengan kaitan fungsi keselamatan dan konstruksi rangka mobil menyatu? Konstruksi menyatu ini memiliki kemampuan untuk meredam benturan dengan bentuk gradual untuk meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. 

Terdapat fitur crumple zone untuk menyerap benturan tersebut sehingga sekalipun body mobil bagian depan atau belakang hancur tetapi keselamatan penumpang tetap terjaga.

Baca juga: 28 Bagian-bagian Mobil yang Penting Diketahui

Karakteristik kerangka mobil

Adapun jenis kerangka konstruksi menyatu tergolong ke dalam 5 jenis berdasarkan bentuknya, di antaranya:

  • Rangka bentuk H merupakan jenis rangka yang paling sederhana dan mudah dibuat. Jenis rangka ini digunakan oleh bus atau truk.
  • Rangka perimeter adalah jenis rangka yang mengadaptasi dari jenis bentuk H namun mendapatkan penyegaran sehingga lebih sempurna dibandingkan jenis sebelumnya. Body dibuat menempel dengan pinggiran rangka sehingga posisi lantai bisa diturunkan.
  • Rangka bentuk X terdiri dari dua batang kerangka utama yang bentuknya seperti balok lalu menyatu di bagian tengah. Bagian body yang bersinggungan dengan pintu didesain lebih rendah supaya kuat terhadap putaran.
  • Rangka backbone alias rangka tulang punggu di mana pusat beban terletak di bagian tengah atau punggung dan lengan menonjol untuk pemegang body. Jenis konstruksi ini bisa membuat titik pusat berat kendaraan lebih rendah.
  • Rangka platform frame atau rangka model lantai memiliki bentuk yang terintegrasi sehingga membuat ruang kabin luas. Keunggulan jenis konstruksi menyatu model lantai adalah konstruksi ini memiliki daya tahan yang baik terhadap puntiran atau bengkokan.

Baca juga: Mengenal Bagian Eksterior Mobil dan Aksesoris Modifikasinya

Jenis-jenis kerangka mobil

Selain konstruksi rangka menyatu atau kerangka monocoque atau unitized construction, ada jenis body dan rangka lainnya yaitu konstruksi rangka terpisah atau composite. 

Di mana pada jenis kerangka ini, body dan rangkanya dibuat terpisah. Untuk mengaitkan body dan rangkanya biasanya menggunakan baut dan mur.

Terdapat alat peredam berupa karet yang dipasang di antara body dan rangka guna meningkatkan kenyamanan penumpang. Kendaraan yang menggunakan jenis konstruksi ini di antaranya bus, mobil pick up, atau mobil truk.

Apabila OtoFriends ingin memperbaiki rangka mobil atau ingin mempercantik tampilan body mobil maka OtoFriends bisa langsung mendatangi bengkel body repair terdekat. Untuk mencari tahu bengkel-bengkel bintang lima yang banyak direkomendasikan orang bisa cek di situs otomotif.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Unitized Construction

Unitized construction adalah salah satu jenis kerangka body dan rangka mobil dengan desain menyatu. Sebutan lain dari kerangka mobil menyatu ini adalah monocoque.

Jenis kerangka ini memiliki karakteristik desain kerangka body dan sasis atau rangkanya menyatu untuk menampung seluruh komponen mobil mulai dari mesin, sistem pengereman, sistem suspensi dan komponen lainnya supaya dengan mudah terintegrasi.

Terdapat 5 bentuk kerangka mobil menyatu, di antaranya rangka bentuk H, rangka bentuk X, rangka backbone, rangka perimeter, dan rangka platform frame atau model lantai.