Sistem suspensi pada mobil diperlukan agar pengendara bisa mengemudi dengan nyaman. Sistem suspensi tersebut terdiri dari beberapa komponen, salah satunya control arm. Komponen tersebut terletak di bawah sistem suspensi dan langsung terhubung dengan body mobil. Berikut penjelasan lengkap mengenai control arm!

Apa itu control arm?

Control arm adalah elemen suspensi yang memiliki satu sambungan di satu ujung dan dua sambungan di ujung lainnya, biasanya berada di sisi sasis. Control arm juga biasa dikenal sebagai wishbone atau A-arm.

Selain itu, bentuk control arm bergantung pada sistem suspensi yang digunakan. Misalnya, control arm berbentuk huruf A biasanya digunakan pada sistem double wishbone. Sementara, control arm berbentuk huruf L digunakan pada sistem macpherson.

Baca juga: 10 Komponen Penting Suspensi Adalah Apa Saja?

Jenis-jenis control arm

Control arm dibagi menjadi dua jenis, yakni upper arm dan lower arm. Berikut penjelasannya.

1. Upper arm

Upper arm adalah komponen suspensi yang dikenal dengan sebutan lengan ayun atas. Upper arm biasanya bisa dijumpai pada mobil yang menggunakan suspensi tipe double wishbone atau multi link.

Upper arm terhubung langsung dengan rangka mobil lewat bushing atau shaft berpelumas grease. Selain itu, upper arm juga terhubung dengan knuckle arm yang terletak di sisi atas. Secara umum, upper arm berfungsi untuk menahan knuckle arm, komponen rem, roda, dan axle shaft. Selain itu, upper arm juga dapat mengatur sudut kemudi seperti camber.

Upper arm terhubung langsung dengan rangka mobil melalui perantara sebuah bushing atau shaft berpelumas grease. Sisi lainnya dari upper arm ini terhubung dengan knuckle arm melalui perantara ball joint sehingga bisa dikatakan bahwa upper arm berfungsi untuk menahan knuckle arm di sisi atas.

2. Lower arm

Lower arm adalah komponen suspensi yang dikenal dengan sebutan lengan ayun bawah. Fungsi lower arm adalah untuk menopang knuckle arm bagian bawah yang terhubung dengan ball joint, sementara sisi lainnya terhubung dengan rangka mobil. Selain itu, lower arm juga bisa menjadi pengontrol gerakan roda kendaraan, baik gerakan naik turun maupun gerakan maju mundur.

Baca juga: Service Kaki-Kaki Mobil: Biaya dan Komponen di Dalamnya

Fungsi control arm

1. Mengontrol gerakan roda

Control arm berfungsi untuk mengontrol gerakan roda mobil. Ketika pengemudi berkendara di jalanan, roda akan mengikutinya sesuai kondisi jalan seperti maju, mundur, ke atas, dan ke bawah. Selain itu, control arm juga terhubung dengan shock absorber. Sehingga, ketika terjadi guncangan dapat langsung diredam. Dengan demikian, sudut kemiringan roda bisa terjaga dan pengemudi mobil pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

2. Menopang knuckle

Fungsi control arm selanjutnya adalah menjadi penopang knuckle. Letak knuckle di roda mobil yang berdampingan dengan hub dan rem. Gerakan knuckle dan rem bisa bebas karena ada control arm tersebut.

3. Mengatur pergerakan roda

Terakhir, control arm berfungsi untuk mengatur pergerakan roda. Ketika kemudi dibelokkan, roda akan berbelok secara beriringan. Lower arm berada di ujung luar, sementara knuckle terhubung pada ball joint.

Fungsi control arm sangat krusial. Sebab, laju mobil akan sulit dikontrol apabila gerakan roda dan putaran kemudi tidak sesuai. Oleh sebab itu, pastikan control arm berfungsi dengan baik. Lakukan servis mobil secara berkala. Dengan demikian, performa control arm bisa terpantau dengan baik dan bisa segera diperbaiki apabila mengalami kerusakan.

Baca juga: 10 Tanda Kaki Kaki Mobil Bermasalah, Segera Cek!

Daftar harga control arm

Berikut estimasi harga control arm yang beredar di marketplace. Harga yang tertera di bawah ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Jenis control armEstimasi harga
Protoflex Bushing Control Arm InnovaRp700 ribu
Control Arm & Ball Joint BMWRp868 ribu
Control Arm Porsche PanameraRp750 ribu
Control Arm BMW X3 F25Rp931 ribu
Control Arm BMW F45 F46Rp3 juta
Control Arm Civic FerioRp1,5 juta
Control Arm BMW E 46Rp1,1 juta
Control Arm Mercedes Benz W221Rp995 ribu
Upper Control Arm Mercedes BenzRp1,5 juta
Control Arm BMW E30Rp880 ribu

Melakukan servis mobil kini bisa dilakukan lewat aplikasi Otoklix. Lakukan booking online dan tentukan jadwal yang OtoFriends inginkan. Setelah terkonfirmasi, bawa mobil ke bengkel tujuan. Dijamin bebas antrian karena mobilmu sudah terdaftar. Selain itu, banyak penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan lewat Otoklix. Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi bengkel terdekat dan dapatkan berbagai promo menarik dari Otoklix!

Pertanyaan seputar Control Arm

Lower arm adalah bagian dari suspensi mobil yang berfungsi sebagai pengontrol gerakan roda. Saat mobil dikendarai, secara otomatis roda mobil akan bergerak ke atas, ke bawah, maju, atau mundur sesuai dengan gerak dari pengemudi serta situasi jalan. Gerakan-gerakan tersebut dibatasi oleh lower arm agar tidak terasa berlebihan.

Bushing arm adalah komponen yang terletak di kaki-kaki mobil. Bushing arm berbentuk seperti selongsong besi yang dilengkapi karet.

Knuckle arm adalah bagian dari suspensi mobil yang terhubung langsung dengan lower arm dan upper arm. Penghubung knuckle arm dengan lower arm dan upper arm adalah ball joint. Knuckle arm berfungsi sebagai tempat dudukan roda, bearing roda, dan perangkat rem cakram atau tromol.