Penutup kerangka mobil atau biasa disebut karoseri adalah badan kendaraan yang ditempatkan di atas casis. Secara umum, penyuka otomotif belum banyak yang mengerti konsep karoseri. Padahal, banyak pelayanan pihak bengkel yang melayani pembuatan badan kendaraan di atas casis atau karoseri. Biasanya casis yang dipakai khusus untuk bus serta truk. Karena, dua kendaraan ini banyak digunakan dan dibutuhkan masyarakat luas sampai saat ini. 

Apa itu penutup kerangka mobil (Karoseri)

Karoseri sendiri lebih biasa dikenal sebagai penutup kerangka mobil khusus bus, truk serta van. Biasanya untuk keperluan pembuatan ambulance, pemadam kebakaran, truk pengangkut dan lainnya. Walaupun pemahaman masyarakat umum tentang karoseri ternyata masih sangat minim namun ternyata karoseri memiliki asosiasi bernama Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo). Karoseri sendiri dibuat sesuai yang dipesan. 

    Sejarah karoseri

    Nama karoseri berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘Carrosserie’. Karoseri secara harfiah berarti rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka mobil (chassis). Sejarah karoseri di Indonesia sebenarnya sudah cukup panjang. Namun, karoseri di Indonesia berawal dari bahan dasar rangka kayu. Kemudian dilapisi dengan plat logam tipis agar tetap kuat saat digunakan. Industri otomotif yang terus berkembang dari sisi teknologi konstruksi membuat perkembangan karoseri terlihat pesat. Puncaknya di tahun 1970-an, mobil penumpang hingga minibus dibangun dari sasis pickup, sedangkan bis dari sasis truk.

    Awalnya karoseri di Indonesia memiliki biaya pembuatan tinggi. Sekarang, industri karoseri sebagai penutup kerangka bus sudah semakin berkembang. Ada berbagai perusahaan nasional yang berbisnis di industri karoseri. Dengan luasnya wilayah Indonesia, maka berbisnis karoseri adalah pilihan yang tepat. Apalagi ditambah dengan tingginya angka penumpang bis di Indonesia. Kebutuhan bis dan kendaraan yang membutuhkan kerangka juga semakin tinggi. Akhirnya membuat industri karoseri tetap hidup hingga saat ini.

    Karoseri memiliki teknologi baru di dalam proses perkembangannya, yakni monocoque yang berarti single (mono) dan cangkang (coque). Bahan yang digunakan dalam karoseri monocoque terdiri dari kaca serat yang masuk terdalam golongan carbon fibre dan alumunium. Struktur tunggal di dalam sasis digunakan di mobil hingga truk dengan dibuat menyatu. 

    Baca Juga: Kenali Bagian Mesin Mobil yang Tidak Boleh Kena Air

    Fungsi 

    Karoseri atau penutup kerangka kendaraan secara umum memiliki fungsi menutupi bagian kendaraan. Karoseri secara umum adalah ‘modifikasi’ menyeluruh membuat penutup kendaraan yang dilakukan langsung dari chasisnya. Untuk contoh kendaraan yang menggunakan karoseri seperti bus, truk, ambulans dan mobil pemadam kebakaran. Pengerjaannya melalui bengkel karoseri.

    Keunikan 

    Penutup kerangka kendaraan atau karoseri memiliki keunggulan utama yaitu unik. Bengkel karoseri menjanjikan kualitas yang bagus serta tampilan menarik dan dipesan sesuai keinginan konsumen. Tingginya permintaan akan karoseri ternyata diikuti dengan keunikan yang ada, yaitu:

    Sesuai pesanan

    Karoseri bisa diproduksi sesuai pesanan konsumen. Jadi, desain dan fungsi bisa dipesan berbeda. Bisa menyesuaikan dengan permintaan dari konsumen. Sebagai contoh, membuat karoseri untuk mobil pemadam kebakaran harus spesifik. Apakah untuk memadamkan kebakaran di Gedung bertingkat atau di komplek perumahan. Kapasitas air. Serta besar kendaraan.

    Dibuat khusus

    Karoseri kendaraan memiliki keunikan lain yaitu dibuat khusus. Karoseri dibuat khusus sesuai pesanan dan spesifikasi dari konsumen. Antara satu karoseri dengan lainnya pasti memiliki perbedaan sehingga lebih unik.

    Bisa disesuaikan

    Pesanan karoseri bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil akhirnya pasti membuat konsumen puas karena sesuai keinginan.

    Banyak pilihan

    Pilihan karoseri cukup banyak. Di dalam negeri perusahaan karoseri ini ada banyak sehingga memudahkan untuk memilih. Tapi alangkah baiknya memilih yang sudah terpercaya karena hasil produksi karoserinya biasanya telah diakui di kancah internasional.

    Baca juga: Pertimbangan Saat Memilih Bengkel Servis Berkala Terpercaya

    Terus berkembang  

    Mengalami perkembangan. Karoseri memakai rangka dari kayu serta dilapisi plat besi tipis namun saat ini karoseri lebih tangguh karena memakai serat karbon, aluminium dan bahan ringan namun kokoh lainnya.

    Kendaraan yang memiliki penutup kerangka atau karoseri tetap harus dirawat baik body dan mesin. Termasuk servis agar terus berada di performa yang prima. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

    Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.