Rubber isolated crossmember berperan untuk menopang mesin mobil. Bagi OtoFriends yang masih asing, rubber isolated crossmember berbentuk seperti kotak dengan rangkaian baut yang terpasang erat. OtoFriends dapat menemukan rubber isolated crossmember pada bagian bawah mobil. Butuh perawatan ekstra agar terhindar dari masalah kerak dan keropos, berikut beberapa hal yang harus OtoFriends ketahui terkait rubber isolated crossmember.

Apa Itu Rubber Isolated Crossmember

Istilah rubber isolated crossmember dikenal sebagai istilah pabrik. OtoFriends tidak akan menemukan istilah rubber isolated crossmember di bengkel atau tempat servis umum. Rubber isolated crossmember biasa dikenal juga dengan istilah bushing atau karet pelataran besi. Adapun rubber isolated crossmember memiliki beberapa peran penting untuk membantu laju mobil OtoFriends selalu dalam kondisi baik.

Peran Rubber Isolated Crossmember

Secara umum ada 2 peran penting rubber isolated crossmember, antara lain:

  1. Menopang Mesin Mobil

Rubber isolated crossmember terbuat dari besi baja yang didesain kotak dan terpasang erat dengan baut melintang menempel pada bagian rangka mobil. Rangka yang terpasang kokoh ini berperan menopang mesin mobil yang bekerja ketika mobil sedang melaju.

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari Banyak Komponen Penting, Apa Saja? 

Kondisi rubber isolated crossmember yang baik tentu akan kuat menopang berat mesin mobil, sebaliknya kondisi rubber isolated crossmember yang buruk, rusak, atau keropos akan rawan membuat mesin mobil jebol atau jatuh ke bawah, terlebih jika OtoFriends sedang berkendara di jalanan yang rusak atau berlubang. 

  1. Penyeimbang Mesin

Selain berperan sebagai penopang mesin mobil, rubber isolated crossmember juga memiliki tugas penting dalam menyeimbangkan mesin mobil. Mesin mobil yang terpasang dan terlindungi dengan baik akan memiliki keseimbangan laju yang baik pula karena mampu menjaga setiap komponen mesin mobil tetap pada tempatnya masing-masing.

Baca juga: 8 Komponen Mesin Mobil yang Berperan Menggerakkan Mobil

Bisa dibayangkan jika rubber isolated crossmember rusak dan mesin mobil jebol, maka bisa dipastikan setiap komponen mobil akan terganggu karena tidak ada bantalan tempat komponen melekat. Alhasil keseimbangan laju mobil pun ikut terganggu. 

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga kondisi rubber isolated crossmember mobil OtoFriends tetap dalam kondisi baik. Suhu panas mesin, ditambah kotoran dan debu menempel, kondisi jalanan, serta cuaca yang tidak menentu, tentu rawan membuat rubber isolated crossmember menjadi mudah keropos dan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jadi, pastikan OtoFriends melakukan servis rutin setiap 6 bulan sekali sehingga setiap komponen mesin mobil OtoFriends tetap dalam kondisi yang prima. 

Penyebab Rubber Isolated Crossmember Keropos atau Rusak

Ada beberapa penyebab rubber isolated crossmember keropos atau rusak, yaitu:

  1. Sering berkendara di jalanan berlubang

Jika OtoFriends sering berkendara di jalanan berlubang tanpa kesabaran dan kehati-hatian, maka bisa dipastikan rubber isolated crossmember mobil OtoFriends akan rawan jebol atau rusak. Goncangan yang kuat bisa mengakibatkan rubber isolated crossmember mobil OtoFriends mengalami benturan atau ayunan keras. Terlebih jika OtoFriends berkendara dengan kasar dan terburu-buru. 

Alangkah lebih baik untuk selalu memperhatikan rute dan kondisi jalan. Utamakan keselamatan berkendara dengan menghindari laju kendaraan di jalanan yang rusak dan berlubang untuk menghindari risiko kerusakan pada rubber isolated crossmember mobil OtoFriends.

  1. Pembuangan AC Mobil Berada Tepat di Bagian Rubber Isolated Crossmember

Jika tidak diperhatikan dengan baik, jalur pembuangan air AC mobil yang jatuh tepat di bagian bawah kiri rubber isolated crossmember akan rawan membuat rubber isolated crossmember mobil OtoFriends menjadi mudah keropos. 

Baca juga: Jenis Kompresor AC Mobil, Fungsi, Tipe dan Cara Kerja

Alhasil, jika tidak cepat ditangani, rubber isolated crossmember mobil OtoFriends akan lebih cepat rusak dan berkarat. Masalah lain juga akan timbul karena karat dan kotoran seta debu menempel juga akan ikut mengganggu kinerja komponen mesin mobil OtoFriends yang terpasang pada rubber isolated crossmember mobil OtoFriends.

Perawatan Rubber Isolated Crossmember Mobil

Sudah mengetahui penyebab kerusakan, berikut beberapa hal yang bisa OtoFriends lakukan untuk menjaga kondisi rubber isolated crossmember OtoFriends tetap dalam kondisi prima, yaitu:

  1. Berkendara di jalanan yang rata untuk menghindari guncangan keras pada rubber isolated crossmember mobil
  2. Mengelas bagian rangka crossmember untuk memperbaiki bagian spare part rubber isolated crossmember mobil OtoFriends yang sudah berkarat dan keropos.
  3. Membuat selang tambahan untuk jalur pembuangan AC mobil OtoFriends
  4. Mengetahui usia kendaraan dan melakukan penggantian rubber isolated crossmember mobil OtoFriends apabila sudah tidak layak untuk digunakan.

Harga Rubber Isolated Crossmember

Berniat untuk melakukan perawatan dengan mengganti rubber isolated crossmember mobil OtoFriends yang sudah keropos dan berkarat, OtoFriends perlu menyiapkan sejumlah rupiah sebesar Rp100 ribu hingga Rp500 ribu rupiah, tergantung dari tingkat kerusakannya. 

Tidak usah bingung menemukan bengkel mobil umum dengan harga pas dan kualitas tepercaya. Download apps Otoklix di smartphone OtoFriends dan lakukan perawatan rubber isolated crossmember mobil OtoFriends hanya dengan sekali klik. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Rubber Isolated Crossmember

Rubber isolated crossmember biasa dikenal juga dengan istilah bushing atau karet pelataran besi. Rubber isolated crossmember berperan untuk menopang mesin mobil.

Secara umum ada 2 peran penting rubber isolated crossmember. Selain memiliki tugas untuk menopang mesin mobil, rubber isolated crossmember juga memiliki peran untuk menyeimbangkan mesin mobil.

Beberapa penyebab rubber isolated crossmember mobil mudah keropos yaitu, jalur pembuangan air AC mobil yang jatuh tepat di bagian bawah kiri rubber isolated crossmember dan kebiasaan berkendara melewati jalan berlubang.