Heim joint atau yang juga dikenal dengan sebutan rod end bearing merupakan komponen penting yang sering digunakan pada sistem suspensi pada mobil. Heim joint bentuknya seperti lingkaran yang tersambung dengan baut. Heim joint memiliki beberapa manfaat bagi pengemudi terutama pada sistem suspensi mobil. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai heim joint, cara kerja, fungsi, jenis dan cara memilih heim joint terbaik untuk mobil OtoFriends. 

Apa itu Heim Joint

Heim joint adalah komponen penting yang banyak digunakan dalam sistem suspensi mobil. Heim joint biasa dibuat dari baja yang disambungkan pada satu sisi dengan baut, dan disambungkan pada sisi lainnya dengan poros yang bisa bergerak. 

Heim joint digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian sistem suspensi yang bergerak antara komponen satu dengan lainnya. Poros yang bergerak ini akan dimasukkan dalam lubang yang berbentuk lingkaran di heim joint. Untuk lebih jelasnya OtoFriends bisa melihat gambar diatas.

Cara Kerja Heim Joint

Heim joint atau rod end bearing bekerja seperti tulang sendi pada manusia. Bantalan yang berbentuk lingkaran pada heim joint bisa berputar sesuai dengan gerak suspensi pada mobil. Sedangkan untuk komponen berbentuk baut berfungsi sebagai pengendali. 

Heim joint bekerja berbarengan dengan bagian-bagian sistem suspensi yang terhubung untuk bergerak secara bersama satu sama lain. Dengan mengubah sudut poros yang terhubung dengan heim joint, maka bagian sistem suspensi yang terhubung akan ikut bergerak. Misalnya, jika poros heim joint digerakkan ke arah depan, maka bagian-bagian sistem suspensi yang terhubung dengannya akan ikut bergerak ke arah depan.

Fungsi Heim Joint Pada Mobil

Agar lebih jelas, berikut Otoklix berikan beberapa fungsi heim joint pada mobil:

  1. Menghubungkan bagian-bagian sistem suspensi 

Sistem suspensi akan bergerak secara bersama satu sama lain. Heim joint memungkinkan bagian sistem suspensi yang terhubung dan bergerak secara berbarengan satu sama lain, sehingga meningkatkan kinerja sistem suspensi lebih baik.

  1. Meningkatkan efisiensi sistem suspensi

Dengan menggunakan heim joint, maka bagian-bagian sistem suspensi yang terhubung bisa bergerak dengan lebih fleksibel, sehingga meningkatkan efisiensi kinerja sistem suspensi.

  1. Menyerap getaran dan mengurangi gesekan

Heim joint dapat menyerap getaran yang terjadi saat mobil berjalan melewati jalanan bergelombang sehingga mengurangi gesekan antara bagian-bagian sistem suspensi.

  1. Meningkatkan stabilitas mobil

Dengan menggunakan heim joint, maka bagian-bagian sistem suspensi bisa lebih baik sehingga meningkatkan stabilitas mobil saat mengemudi. Khususnya bagi pengemudi mobil sport atau mobil dengan transmisi manual yang ingin meningkatkan kenyamanan mobil saat melewati di jalan berliku atau di sirkuit balap.

  1. Meningkatkan keamanan mobil saat mengemudi

Heim joint yang baik dan tepat akan meningkatkan stabilitas mobil saat mengemudi sehingga mengurangi risiko tergelincir atau kehilangan kontrol. 

Jenis Joint Pada Mobil

Ada beberapa jenis joint yang sering digunakan pada sistem suspensi mobil. Berikut kami memberikan beberapa perbedaan jenis joint yang ada pada sistem suspensi mobil. 

  1. Heim joint

Heim joint merupakan komponen penting yang ada dalam sistem suspensi. Komponen ini terdiri dari batang baja yang sambungkan pada satu sisi dengan baut, dan disambungkan pada sisi lainnya dengan poros yang bisa berputar. Heim joint biasanya digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian sistem suspensi  yang bergerak terhadap satu sama lain.

  1. Ball joint

Ball joint merupakan komponen yang terdiri dari bola baja yang disambungkan pada satu sisi dengan baut, dan disambungkan pada sisi lainnya dengan poros yang bisa berputar. Ball joint memiliki bentuk seperti bola yang fleksibel mengikuti arah gerak ban sesuai kondisi jalan.

  1. Bushing

Bushing merupakan komponen yang terdiri dari bahan karet atau plastik yang digunakan untuk menghubungkan sistem suspensi. Bushing digunakan untuk menyerap getaran dan mengurangi gesekan antara bagian-bagian sistem suspensi.

  1. Tie rod end

Tie rod end merupakan komponen penghubung antara bagian kemudi mobil dan bagian roda mobil. Dengan demikian, ketika steering rack pada kemudi bergerak ke salah satu arah maka tie rod akan meneruskan ke arah steering knuckle sehingga roda ikut berbelok ke arah yang sama.

Baca juga: Jenis-jenis Constant Velocity Joint dan Estimasi Harganya

Heim Joint Terbaik Untuk Mobil

Saat heim joint rusak, kamu bisa langsung mengganti komponen ini dengan mudah. Tetapi sebelumnya untuk menentukan heim joint terbaik untuk mobil, perhatikan beberapa kriteria berikut:

  1. Kualitas bahan

Pastikan heim joint yang dipilih terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti baja atau stainless steel, agar tahan lama, tidak mudah karatan dan rusak.

  1. Kompatibilitas dengan sistem suspensi

Pastikan heim joint yang dipilih kompatibel dengan sistem suspensi pada mobil mulai dari ukuran dan panjangnya.

  1. Tingkat kekuatan

Pastikan heim joint yang dipilih memiliki tingkat kekuatan yang cukup untuk menahan beban. Tujuannya agar tidak mudah rusak atau patah saat digunakan membawa beban berat atau melewati jalanan rusak..

  1. Ukuran yang sesuai

Pastikan heim joint yang dipilih memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran yang diperlukan pada sistem suspensi.

  1. Merek yang terpercaya

Pilih heim joint dari merek yang terpercaya dan memiliki merek yang terkenal agar tidak mengalami masalah saat digunakan. Kami merekomendasikan untuk menggunakan spare part resmi sesuai dengan merek mobil.

Baca juga: Service Kaki-Kaki Mobil: Biaya dan Komponen di Dalamnya

Agar kenyamanan mobil kamu tetap terjaga, selalu lakukan pengecekan saat melakukan service rutin di bengkel langganan. Pastikan untuk bagian sistem suspensi dan kolong mobil dilakukan pengecekan agar tahu jika terjadi masalah. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik dengan mudah.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Heim joint merupakan komponen pada sistem suspensi yang berfungsi untuk kenyamanan pengendara.

Nama lain heim joint adalah rod end bearing.

Tidak, keduanya memiliki fungsi yang berbeda pada sistem suspensi mobil.