Brake bias memiliki fungsi penting pada sistem pengereman mobil balap. Sebagai komponen penunjang keselamatan, brake bias berperan mengatur persentase kekuatan rem ke arah depan atau belakang. Miliki peranti rem yang berbeda dengan kendaraan lainnya, istilah brake bias kadang masih terdengar asing. Berikut penjelasan lengkap terkait brake bias pada sistem pengereman mobil balap yang harus OtoFriends ketahui.

Cara Kerja Brake Bias

Brake bias pada sistem pengereman mobil balap memiliki cara kerja sederhana. Jika pada umumnya banyak kendaraan memiliki persentase 55-60% ke depan, maka dengan adanya brake bias, OtoFriends dapat mengatur persentase kekuatan roda depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan. 

    Mobil yang memiliki settingan brake bias depan 70% misalnya. Rem dapat diatur untuk menyalurkan 30% kekuatannya ke roda belakang. Sehingga, dalam kondisi kendaraan melaju cepat, pengereman dapat berhasil dilakukan karena pembagian daya tekan antara rem depan dan rem belakang sudah disesuaikan.

    Ada dua jenis pengaturan brake bias:

    1. Brake Bias Adjustable Proportioning Valve

    Menggunakan sistem kerja brake bias adjustable proportioning valve, OtoFriends dapat mengatur dan mengurangi penggunaan tekanan minyak rem pada roda belakang dengan lebih mudah.

    Baca juga: Spesifikasi Minyak Rem Mobil, Manfaat, dan Risiko Jarang Ganti

    1. Brake Bias Adjustable Pedal Box

    Terletak satu set dengan perangkat pedal rem, OtoFriends dapat menyetel pembagian distribusi gaya tekanan dari kaki pengemudi sesuai dengan penggunaan. Sehingga, Otofriends dapat lebih mudah untuk menyeimbakan tekanan rem depan dan rem belakang.

    Cara Memasang Brake Bias

    Sesuai dengan jenisnya, ada dua cara pemasangan brake bias:

    1. Pemasangan Brake Bias Adjustable Proportioning Valve

    Pemasangan brake bias adjustable proportioning valve ini bisa dilakukan dengan mengatur jalur minyak rem masuk ke proportioning valve yang kemudian akan dibagi ke dua jalur, rem depan dan rem belakang. Bagian luar rem akan disambungkan dengan rem belakang mobil.

    1. Pemasangan Brake Bias Adjustable Pedal Box

    Satu tempat dengan pedal box, OtoFriends dapat menggeser ke kiri atau ke kanan balance bar untuk mengatur gaya tekan kaki.  Balance bar yang terpasang akan disambung dengan kabel baja yang di ujungnya terdapat knob, sehingga dapat di putar ke kiri atau ke kanan.

    Penggunaan Brake Bias pada Mobil

    Mobil biasa yang tidak terpasang brake bias tentu akan berbeda dengan mobil balap yang memiliki sistem pengereman brake bias. Brake bias dapat membantu OtoFriends menghadapi beberapa masalah, seperti:

    • Bobot kendaraan yang selalu berubah-ubah
    • Permukaan disc dan kampas rem yang semakin panas, mengakibatkan cengkram rem berkurang
    • Permukaan jalan atau titik tikungan yang licin, berpasir, atau tertumpah cairan
    • Temperatur permukaan ban yang bertambah panas dan aus
    • Perubahan laju kendaraan atau pengereman yang berlangsung secara tiba-tiba saat ada mobil atau kendaraan lain 

    Beberapa hal tersebut menjadi penyebab pentingnya brake bias dipasang pada sistem pengereman mobil balap. Dikhawatirkan, ban mobil akan terkunci jika OtoFriends malah justru memilih untuk menambah tekanan ketimbang memperhatikan sistem pengereman mobil brake bias. Alhasil, proses pengereman kendaraan tidak berjalan mulus dan rawan menjadi penyebab kecelakaan atau mobil terbalik.

    Perawatan Sistem Pengereman Brake Bias

    Sistem pengereman brake bias pada umumnya sama dengan sistem pengereman kendaraan biasa. Rutin mengganti minyak rem dengan minyak yang berkualitas menjadi salah satu perawatan rutin yang tidak boleh OtoFriends lewatkan. 

    Baca juga: Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Bagus dan Spesifikasinya

    OtoFriends dapat melakukan perawatan dan servis rutin di bengkel rekanan Otoklix. Minyak rem memiliki peran untuk melumasi komponen sistem rem, sehingga saat kendaraan melaju, gesekan yang ditimbulkan tidak menyebabkan aus. Beberapa bengkel spesialis rem mobil rekanan Otoklix hadir di Jakarta dan sekitarnya. OtoFriends dapat melakukan booking di aplikasi untuk melakukan ganti minyak rem mobil dengan lebih mudah.

    Baca juga: Bengkel Spesialis Rem Mobil di Jakarta dan Estimasi Harganya

    Selain itu, OtoFriends juga perlu membersihkan bagian cakram mobil, cek kelayakan kampas rem, kondisi kaliper rem, dan hindari penggunaan rem secara kasar. Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai indikasi masalah dalam sistem pengereman mobil. Segera bawa ke bengkel jika rem kendaraan tidak dalam kondisi baik, terdengar bunyi decit, atau rem terasa tersendat saat pedal rem diinjak. Periksakan ke bengkel terdekat untuk memastikan bahwa sistem pengereman mobil tetap dalam kondisi baik, sehingga tidak mengganggu keselamatan berkendara. 

    Harga Pemasangan Brake Bias

    Harga pemasangan rem brake bias saat ini masih tergolong mahal, sekitar Rp5 jutaan karena ada beberapa komponen yang memang harus dipasang secara bersamaan. Jika OtoFriends tertarik untuk memiliki mobil dengan sistem pengereman brake bias, alangkah lebih baiknya untuk langsung membeli mobil yang memang sudah langsung dilengkapi dengan sistem pengereman brake bias. 

    Pertanyaan Seputar Brake Bias

    Sesuai namanya, brake dalam bahasa inggris berarti rem. Brake berperan untuk mengurangi kecepatan kendaraan, memberhentikan, dan menjaga agar kendaraan tetap berhenti.

    Brake bias merupakan sistem pengereman mobil yang dapat mengatur besaran tekanan gaya dan distribusi minyak rem, sehingga rem depan dan rem belakang mobil memiliki daya tekan yang sesuai dengan penggunaan.

    Brake system bekerja dengan mengubah gerak menjadi panas. Terdapat banyak komponen pada brake system, sehingga perlu perawatan untuk dapat menjaga setiap komponen berfungsi maksimal.