Memiliki tempat parkir di rumah atau garasi mobil sama pentingnya dengan membeli mobil. Sebab beberapa daerah telah menetapkan denda khusus bagi pemilik mobil yang tidak memiliki garasi mobil. Untuk membuatnya, ada perlu mengetahui ukuran parkir mobil yang tepat sesuai mobil.

Kewajiban memiliki garasi mobil telah diatur oleh beberapa pemerintah daerah. Di dalamnya tertulis sejumlah biaya denda apabila pemilik mobil tidak memiliki tempat parkir khusus untuk mobilnya. 

Pemerintah Kota Solo membebankan denda mulai dari Rp100 ribu sampai Rp1 juta bagi penduduknya yang memiliki mobil tetapi tidak memiliki garasi., sedangkan Pemerintah Depok membebankan denda sebesar Rp2 juta.

Kendati demikian, untuk membuat parkirkan mobil di rumah tidak boleh asal-asalan. Ada standar ukuran parkir mobil ideal yang harus OtoFriends terapkan saat membuat tempat parkir mobil di rumah. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Baca juga: Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Mobil Kecil sampai SUV

Ketahui Ukuran Mobil

Untuk membuat parkiran di rumah, penting untuk mengetahui ukuran mobil terlebih dulu agar ukuran parkir mobil yang dibangun tepat sasaran. Berikut ini estimasi ukuran mobil pada umumnya berdasarkan jenis dan kelas mobilnya.

Mobil Kecil dan SportMobil Van dan SUVMobil Besar dan Mewah
Panjang4,3 – 4,9 meter4,9 – 5,8 meter4,9 – 5,5 meter
Lebar1,5 – 1,9 meter1,8 – 2,1 meter1,8 – 1,9 meter
Tinggi1,2 – 1,5 meter1,5 – 1,8 meter1,4 – 1,5 meter

Ukuran Standar Parkiran Mobil

Setelah mengetahui perkiraan dimensi mobil berdasarkan jenis dan kelasnya, maka kita dapat mulai membangun tempat parkir di rumah. Lebih baik lagi bila kita telah mengetahui jenis mobil yang akan dibeli sehingga ukurannya jadi lebih aktual.

Mengapa penting untuk memperhatikan ukuran parkir mobil? Sebab OtoFriends memerlukan ruang yang cukup luas untuk memarkirkan mobil dan memastikan bahwa kita dan penumpang lainnya dapat keluar ataupun masuk ke dalam mobil tanpa perlu menggores mobil. 

Untuk itu, berikut ini standar ukuran parkir mobil untuk mobil berdimensi kecil, sedang dan besar.

1. Mobil Berdimensi Kecil

Idealnya, pemilik mobil harus menambahkan lebar parkiran mobil sebanyak 60 cm dari ukuran mobil di setiap sisinya. Tujuan penambahan ukuran ini agar terdapat ruang yang cukup lega di sisi kendaraan sehingga memudahkan kita untuk parkir dan keluar-masuk kendaraan.

Dikutip dari Auto2000, berikut ini contoh perhitungan membuat garasi untuk mobil kecil. Misalnya saja mobil Toyota Agya yang memiliki dimensi panjang 3,66 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,52 meter. Maka kita bisa membuat garasi berukuran 3 x 5 meter.

2. Mobil Berdimensi Sedang

Adapun ukuran parkir untuk mobil berdimensi sedang, kita bisa menambahkan ukurannya sekitar 1,2 meter dari jumlah luas parkiran mobil berdimensi kecil.

Sebagai contoh mobil Toyota Avanza yang memiliki dimensi panjang 4,19 meter, lebar 1,66 meter, dan tinggi 1,695 meter. Melihat dimensi mobil Avanza dan Agya tersebut

perbedaannya hanya 57 cm. Oleh karena itu, kita bisa menambahkan luas garasi sekitar 1,2 meter dari total luas garasi mobil kecil.

3. Mobil Berdimensi Besar

Adapun standar ukuran parkir mobil ideal bagi mobil berdimensi besar seperti Toyota Fortuner sekitar 3 x 5,5 meter atau 3 x 6 meter dengan ukuran tinggi 2,8 meter.

Sebagai contoh mobil Toyota Fortuner yang memiliki dimensi bongsor yakni panjang 4,8 meter, lebar 1,85 meter dan tinggi 1,83 meter. Maka dengan menerapkan rumus awal yakni menambahkan 60 cm untuk setiap sisi parkir, kita memerlukan panjang lahan sekitar 6 meter.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Mundur Mobil Terbaik dan Tips Memilihnya

Rumus Perhitungan Ukuran Parkir Mobil

Walaupun sudah mengetahui estimasi garasi mobil yang akan kita buat, namun kadang kala hal tersebut berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan untuk parkir mobil. 

Bisa jadi luas lahannya terlalu kecil untuk mobil Fortuner sehingga kita perlu melakukan renovasi terhadap garasi mobil.Atau, bila kita memiliki rencana untuk memiliki 2 mobil maka ada rumus perhitungan untuk membuat garasi mobil di rumah.

Berikut ini rumus perhitungan untuk garasi mobil, antara lain:

  • Tinggi garasi, minimal kita perlu menambahkan tinggi garasi minimal 100 cm agar garasi memiliki ruang kosong yang bisa dialihfungsikan sebagai storage atau tempat penyimpanan. Namun hal ini tentu menyesuaikan tinggi rumah kita.
  • Panjang garasi, kita bisa menambahkan sekitar 100-120 cm untuk panjang garasi kita. Adapun panjang tersebut diperuntukkan untuk ruang kosong antara mobil dengan pintu garasi sebesar 80-100 cm dan ruang antar mobil dan dinding sebesar 20 cm.
  • Lebar garasi, kita bisa menambahkan lebar garasi sebesar 100 cm yang akan diperuntukkan untuk ruang gerak pemilik mobil sekitar 80 cm dan sisanya 20 cm diperuntukkan untuk ruang antar mobil dan sisi dinding lain.

Sementara itu, ketentuan yang berbeda bila kita ingin memiliki garasi yang muat menampung 2 mobil. Standar ukuran parkir mobil ideal untuk garasi 2 mobil adalah dengan menambahkan minimal 76 cm x 3 dari total luas garasi. 

Secara spesifik, berikut ini penjelasan perhitungannya:

  • Menambahkan ruang sebesar 76 cm sebagai jarak antara dinding ke spion mobil pertama.
  • Menambahkan ruang sebesar 76 cm sebagai jarak antara kaca spion mobil pertama dengan mobil kedua.
  • Menambahkan ruang sebesar 76 cm sebagai jarak antara kaca spion mobil kedua dan dinding yang berada di sebelahnya.

Sementara itu, untuk membuat pintu garasi mobilnya, kita bisa membuat pintu garasi sesuai dengan ukuran lebar dan tinggi garasi. Sebagai contoh setelah diukur, ukuran parkir mobil untuk mobil Daihatsu Terios memiliki panjang garasi sebesar 5,4 meter, lebar 2,7 meter, dan tinggi 2,8 meter. Maka untuk ukuran pintu garasinya yakni lebar 2,7 meter dan tinggi 2,8 meter.

Baca juga: 11 Lokasi Tempat Parkir Termahal di Jakarta dan Biayanya

Perbaiki Mobil Baret di Otoklix

Walaupun kita sudah membuat ukuran parkir mobil yang tepat sesuai dengan dimensi mobil kita, akan tetapi resiko munculnya baret pada body mobil tetap bisa saja terjadi.

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi antara lain mobil terkena mainan anak, tidak sengaja tergores benda tajam di rumah atau tergores ranting saat parkir di area parkir outdoor.

OtoFriends perlu melakukan cat ulang pada bagian-bagian body mobil yang tergores dan baret tersebut dengan warna yang sesuai dengan warna mobil. Apabila warnanya beda sedikit saja akan terlihat dan berpotensi menurunkan harga jual kembali mobil kita.

Untungnya kita bisa melakukan booking service secara online di Bengkel Otoklix. Yuk, download aplikasi Otoklix!

Bengkel Otoklix melengkapi layanannya dengan servis body repair yang dibutuhkan oleh pelanggan setianya. OtoFriends bisa mempercayakan perbaikan body mobil pada ahlinya.

Pertanyaan Seputar Ukuran Parkir Mobil

Ukuran parkir mobil tergantung dari jenis dan ukuran mobil itu sendiri. Rumus utamanya adalah kita bisa menambahkan lebar parkiran mobil sebanyak 60 cm dari ukuran mobil aslinya di setiap sisi.

Ukuran ideal untuk garasi mobil di rumah, kita bisa menggunakan rumus perhitungan dengan menambahkan tinggi minimal 100 cm, lebar 100 cm, dan panjang sekitar 100-120 cm.

Untuk membuat pintu garasi mobilnya, kita bisa membuat pintu garasi sesuai dengan ukuran lebar dan tinggi garasi. Sebagai contoh setelah diukur, ukuran parkir mobil untuk mobil Daihatsu Terios memiliki panjang garasi sebesar 5,4 meter, lebar 2,7 meter, dan tinggi 2,8 meter. Maka untuk ukuran pintu garasinya yakni lebar 2,7 meter dan tinggi 2,8 meter.