Penjualan mobil box beberapa tahun belakangan ini semakin meningkat sejalan dengan perubahan kebiasaan masyarakat, khususnya saat masa pandemi kemarin. Perusahaan ekspedisi dan logistik mulai kebanjiran pengiriman barang sehingga perlu menambah armadanya.

Selain perusahaan ekspedisi dan logistik, kita bisa memanfaatkan mobil box untuk berjualan atau untuk mengangkut dan menyimpan barang atau produk khusus. DI tingkat Usaha Mikro Kecil Menengah saja kita sering liat penggunaan mobil box jualan di pinggir jalan.

Apabila OtoFriends sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil box, berikut ini informasi tambahan dari Blog Otoklix seputar jenis-jenis mobil box, kapasitas hingga harga mobil box baru.

Baca juga: Spesifikasi Toyota Pixis Truck, Dibanderol Mulai dari Rp117 Jutaan!

Mengenal Aturan Ukuran dan Kapasitas Mobil Box

Truk box atau biasa yang kita sebut dengan mobil box merupakan kendaraan bermotor yang difungsikan khusus sebagai kendaraan pengangkut barang dalam jumlah besar. Melihat fungsinya tersebut, maka mobil ini umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan ekspedisi dan logistik yang sering membawa barang dari satu kota ke kota lain.

Truk box terbuat dari material logam, baja atau aluminium. Desainnya hampir sama dengan mobil bak terbuka hanya saja truk box lebih tertutup dengan satu pintu di bagian belakang mobil yang berfungsi untuk bongkar muat barang.

Akan tetapi, rupanya produsen perakitan dan pembuat kerangka body mobil box berbeda.Beberapa merek mobil box yang sering kita lihat antara lain Isuzu, Mitsubishi, Nissan, Fuso, Hino, mobil box Gran Max dari Daihatsu dan masih banyak lagi. 

Sedangkan produsen body mobilnya biasanya dipesan dari perusahaan khusus seperti Karoseri Adiputro dan Laksana.

Ukuran idealnya truk box yakni memiliki panjang 4-12 meter, lebar 1,8-2,6 meter dan tinggi 1,8-3 meter. 

Bagaimana dengan kapasitasnya? Secara garis besar kita bisa mengasumsikan bahwa mobil box kecil memiliki muatan kapasitas sebesar ratusan kilogram sedangkan mobil box besar bisa mengangkut barang hingga puluhan ton beratnya.

Kendati demikian, kapasitas mobil box ini tergantung dari dimensi truk dan aturan yang berlaku di daerah setempat mengenai izin muatan berat mobil box. Aturan ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa muatan maksimalnya hanya 55 ribu kilogram. 

Meskipun telah diatur dengan jelas, akan tetap dalam pelaksanaannya kapasitas truk box yang aman tergantung dari jenis kendaraan dan jumlah sumbunya. Berikut ini aturan kapasitas muatan berdasarkan jumlah sumbu rodanya, antara lain:

  • Dua sumbu mampu membawa beban sekitar 10 ton
  • Tiga sumbu mampu membawa beban hingga 20 ton
  • Empat sumbu mampu membawa beban hingga 32 ton
  • Lima sumbu atau lebih mampu membawa beban hingga 42 ton

Fungsi dan Kegunaan Mobil Box

Berbagai jenis barang bisa diangkut menggunakan truk box, mulai dari barang elektronik hingga barang pecah belah dan barang yang gampang rusak. Karenanya gak heran bila perusahaan ekspedisi saat ini menggunakan mobil box kecil atau besar untuk membawa barang-barang pesanan kita agar aman sampai kota tujuan.

Secara spesifik berikut ini fungsi dan kegunaan mobil box, antara lain:

  • Mengangkut barang-barang dari perusahaan ekspedisi atau logistik
  • Menjadi moda transportasi saat melakukan pindahan dengan membawa barang yang banyak
  • Menjadi moda transportasi atau angkutan bisnis untuk beberapa tipe usaha agar produk yang harus dikirim ke beda kota tetap aman terjaga selama perjalanan
  • Menjadi moda transportasi yang bisa diandalkan bila kita akan melakukan event tertentu
  • Mengangkut barang-barang dengan perlakuan khusus.

Jenis-Jenis Mobil Box

Selanjutnya, mari kita mengenal jenis-jenis truk box yang ada saat ini dan berguna untuk mengangkut barang dengan jenis yang berbeda-beda.

1. Pick Up Box

Jenis mobil pick up box menjadi jenis mobil truk paling rendah atau dikenal dengan mobil box kecil dengan dimensi mobil panjang 2,5-3,4 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1,3 meter.

Jenis mobil ini mampu memuat barang dengan bobot hingga 1 ton. Namun biasanya jenis pick up box ini digunakan untuk mengangkut barang-barang ringan dan kecil.

2. Truk Box Engkel (CDE)

Truk box engkel atau Colt Diesel Engkel (CDE) memiliki kemampuan angkut lebih besar dari pick up box, yakni kapasitas maksimalnya mencapai 2 hingga 2,5 ton. Adapun ukuran dimensi mobil ini memiliki panjang 3 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,6 meter.

Jenis truk box ini memiliki konfigurasi 2 sumbu roda. Adapun barang-barang yang bisa diangkut misalnya saja seperti furniture berukuran besar, bahan bangunan dengan bobot besar seperti marmer, dan kaca. Perusahaan ekspedisi yang baru merintis umumnya lebih memilih jenis truk ini daripada yang lain.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Colt Diesel dan Harganya

3. Truk Box CDD

Apa bedanya jenis truk box CDD dengan CDE di atas? Perbedaannya terletak pada ukuran dan kapasitas muatannya. Truk box Colt Diesel Double (CDD) memiliki dimensi panjang 4,5 meter, lebar dan tinggi masing-masing 2 meter.

Adapun kapasitasnya mencapai 5 ton untuk sekali jalan. Skala perusahaan yang menggunakan truk box ini lebih besar lagi seperti perusahaan kargo atau logistik yang sering mengantarkan barang-barang besar seperti sepeda motor atau material konstruksi.

Jenis truk ini juga digunakan untuk mengantar barang dengan tujuan pengiriman luar kota atau luar provinsi untuk meningkatkan keamanan barangnya.

4. Freezer Box

Sesuai dengan namanya, jenis mobil box yang satu ini dikhususkan untuk membawa makanan atau barang yang membutuhkan ruang pendinginan selama perjalanan. Di dalam truk ini tersedia mesin pendingin sehingga ruang di dalam truk tersebut sangat dingin.

Untuk ukuran dan kapasitas maksimalnya tergantung dari jenis mobil box itu sendiri, yakni antara lain sebagai berikut:

  • Pick up box reefer berdimensi panjang 2 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,5 meter berkapasitas maksimal 1 ton.
  • Truk engkel box reefer berdimensi panjang 3 meter, lebar dan tinggi masing-masing 1,6 meter. Kapasitas mobil ini hingga 2 ton.
  • Truk CDD box reefer berdimensi panjang 4,2 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,8 meter berkapasitas maksimal 5 ton.

5. Fuso Box

Jenis selanjutnya adalah Fuso Box yang memiliki dimensi panjang 5,5 meter, lebar 2,2 meter dan tinggi 2,4 meter. Fuso box mampu menampung muatan hingga berat 7 ton dengan dimensi muatannya 25 CBM.

6. Tronton Wingbox

Jenis Tronton Wingbox adalah jenis mobil box yang paling besar kapasitas yakni dapat mengangkut hingga 20 ton. Sebab ukuran dimensinya saja lebih besar dari jenis truk box lainnya yakni panjang 9,4 meter, lebar dan tinggi masing-masing 2,4 meter.

Jenis truk satu ini memiliki 3 pintu yang terdiri dari 1 pintu di bagian belakang dan 2 pintu berada di samping kanan dan kiri yang gampang dibuka seperti sayap.

Baca juga: Murah! 7 Daftar Mobil Pick Up Bekas Harga 30 Jutaan Terbaik

Tips Pilih Mobil Box

Seperti yang kita ketahui bahwa ada berbagai macam merek mobil box saat ini yang dijual di Indonesia. Setiap merek dan jenis mobil tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

Ada yang mengandalkan harga mobil box baru cukup fantastis namun mobil tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Gak sedikit juga kita bisa menemukan harga mobil box bekas dibawah 50 juta.

Dengan berbagai pilihan tersebut, OtoFriends gak perlu bingung. Berikut ini tips memilih mobil box untuk perusahaan ekspedisi dan logistik, antara lain:

  • Memastikan kegunaan mobil tersebut, apakah mobil tersebut dibutuhkan untuk mengirim barang dengan jarak jauh atau dekat.
  • Memastikan kapasitas barang yang akan dibawa truk tersebut agar saat membelinya, truk box berkapasitas sesuai kebutuhan.
  • Mempertimbangkan biaya perawatan mobil.

Agar OtoFriends dapat merencanakan biaya perawatan dan perbaikan mobil box, kita bisa melakukan konsultasi dan booking service di aplikasi Otoklix

Pengalaman all in one experience yang ditawarkan Bengkel Otoklix memberikan keuntungan bagi kita pemilik kendaraan.

Pasalnya kita dapat mengetahui estimasi biaya perawatan dan perbaikan mobil saat melakukan booking service secara online. Selain itu, ada pilihan metode pembayaran secara online melalui aplikasi atau membayar langsung di bengkel.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Demikianlah informasi seputar ukuran, kapasitas, jenis mobil box dan cara memilih mobil box terbaik sesuai kebutuhan kita.

Pertanyaan Seputar Mobil Box


Truk box atau biasa yang kita sebut dengan mobil box merupakan kendaraan bermotor yang difungsikan khusus sebagai kendaraan pengangkut barang dalam jumlah besar. Melihat fungsinya tersebut, maka mobil ini umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan ekspedisi dan logistik yang sering membawa barang dari satu kota ke kota lain.


Jenis mobil pick up box menjadi jenis mobil truk paling rendah atau dikenal dengan mobil box kecil dengan dimensi mobil panjang 2,5-3,4 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1,3 meter. Kapasitas muatannya maksimal hanya 1 ton.


Mobil box engkel atau Colt Diesel Engkel (CDE) memiliki kemampuan angkut lebih besar dari pick up box, yakni kapasitas maksimalnya mencapai 2 hingga 2,5 ton. Adapun ukuran dimensi mobil ini memiliki panjang 3 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,6 meter.